Contoh Karangan Cerita Mudik Liburan Lebaran, Inspiratif!

Bisa menjadi referensi kamu, nih!

Belum lama kita sudah melewatkan momen Lebaran. Di hari kemenangan tersebut, banyak dari kita yang mudik pulang ke kampung halaman. Tentunya kamu punya cerita atau pengalaman menarik selama mudik yang bagus untuk dibagikan.

Bagi kamu yang ingin menceritakan bagaimana mudik kemarin, mungkin membutuhkan beberapa referensi. Berikut ini contoh karangan cerita mudik liburan Lebaran yang bisa diadaptasi.

1. Contoh karangan cerita mudik inspiratif

Contoh Karangan Cerita Mudik Liburan Lebaran, Inspiratif!ilustrasi mudik menggunakan mobil (pexels.com/JAGMEET SiNGH)

Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Minggu pagi kami sekeluarga berencana untuk berangkat mudik Lebaran ke salah satu kota yang terkenal dengan sebutan kota pelajar, yakni Jogja. Kami berangkat ke rumah kakek dan nenek selepas melaksanakan salat subuh.

Persiapan mudik telah dilaksanakan di malam sebelumnya, barang bawaan sudah ditata ke bagasi mobil dan kami sudah siap berangkat dengan ayah sebagai supirnya. Selama perjalanan aku dan adikku tidur, sehingga lamanya perjalanan dari Jakarta ke Jogja tidak terlalu terasa.

Perjalanan tersebut memakan waktu selama 7 jam melalui jalur tol, kami beberapa kali beristirahat di rest area untuk sekadar buang air kecil atau makan. Meski memakan waktu cukup lama, aku senang karena dapat bertemu kembali dengan kakek dan juga nenek tercinta.

Kami menetap di rumah kakek dan nenek selama 5 hari, sebelum akhirnya bersiap untuk kembali ke kota karena ayah harus bersiap bekerja lagi. Aku tidak sabar untuk berlibur kembali ke Jogja dan berkumpul dengan saudara-saudaraku lagi.

2. Contoh karangan cerita mudik bermakna

Contoh Karangan Cerita Mudik Liburan Lebaran, Inspiratif!Ilustrasi THR (IDN Times/Ita Malau)

Lomba Dapat THR

Setiap tahunnya di momen Lebaran, keluargaku selalu mudik ke rumah pakde karena nenek dan kakekku sudah tiada. Ada satu momen yang aku tunggu-tunggu banget di Hari Raya Idul Fitri, yaitu bagi-bagi THR.

Mungkin kalian berpikir bahwa pembagian THR itu hal biasa, tapi beda kalau dengan keluargaku. Selain senang karena dapat uang, tapi juga seru karena dibuat perlombaan. Sebenarnya lomba dapat THR ini cuma mengandalkan keberuntungan saja.

Soalnya, kita disuruh cari amplop-amplop tersembunyi yang sudah ditaruh oleh pakde di sekeliling rumah. Jumlahnya sih sama, tapi uang pecahan di dalamnya itu yang beda-beda, ada yang Rp5 ribuan, Rp10 ribuan, bahkan Rp100 ribuan.

Tahun ini aku dapat THR sebanyak Rp200 ribua tapi dalam pecahan Rp2 ribu. Sedikit kecewa sih karena aku berharap dapat yang pecahan Rp50 ribu atau Rp100 ribu. Tapi gak masalah karena aku merasa senang.

3. Contoh karangan cerita mudik berkesan

Contoh Karangan Cerita Mudik Liburan Lebaran, Inspiratif!ilustrasi mudik (pexels.com/Oleksandr P)

Mudik Lebaran

Rasanya senang sekali karena hari ini akhirnya tiba. Hari yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam dunia setelah sebulan penuh berpuasa dan menahan lapar dan dahaga.

Pagi hari kami melaksanakan sholat Idul Fitri berjamaah di masjid dekat rumah. Setelah kembali dari masjid, saya meminta maaf kepada ayah, ibu, saudara dan semua kerabat saya.

Kami semua berkeliling untuk bersilaturahmi dan juga meminta maaf kepada kerabat dan tetangga di rumah. Semoga hal ini bisa mensucikan kita kembali, amin.

Pada hari Sabtu dan Minggu, saya dan salah satu saudara saya pergi ke lapangan untuk menonton pertandingan sepak bola antardesa. Kami sangat senang melihatnya, apalagi saat tim kampung kami bertanding.

Alhamdulillah desa kami menang. Pada hari Sabtu, 14 April 2024 ini adalah hari yang menyedihkan karena saya dan keluarga harus berpisah dengan saudara saya. Kita harus kembali ke Depok.

Setelah berpamitan, jam 7 kami berangkat. Kondisi lalu lintas pada pagi hari cukup tenang. Namun, setelah mereka melewati Kota Ciamis dan menuju Kota Rajapolah, kemacetan mulai terjadi.

Kami tidak tahu apa yang menyebabkan hal ini. Apakah karena jalannya menyempit atau ada sebab lain? Kemacetan lalu lintas ini sangat serius. Namun setelah beberapa jam menunggu, lalu lintas lancar dan kami sampai rumah dengan selamat.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Soal Ujian Sekolah Kelas 9 Bahasa Indonesia

4. Contoh karangan cerita mudik unik

Contoh Karangan Cerita Mudik Liburan Lebaran, Inspiratif!ilustrasi kereta api (unsplash.com/ngminh8895)

Pertama Kali Naik Kereta saat Mudik

Hari Senin, aku dan keluarga bersiap ke stasiun untuk mudik Lebaran dengan menaiki kereta api kelas eksklusif. Hatiku berdebar, ini pertama kalinya aku naik kendaraan umum satu ini, rasa cemas dan antusias bercampur jadi satu.

Kereta kami dijadwalkan berangkat pada pukul 08.00 WIB pagi hari, kami sampai di stasiun pukul 07.30 WIB masih cukup waktu untuk mencetak tiket dan menunggu kereta datang. Setelah menunggu selama beberapa menit, akhirnya kereta tujuan Yogyakarta datang juga.

Gerbong kereta eksklusif yang aku naiki terletak di paling depan. Jadi aku harus jalan cukup jauh dari tempat tunggu. Kereta pun akhirnya berangkat pukul 8 tepat.

Saat mulai jalan rasanya ternyata tidak seburuk itu. Getaran gerbong tidak semengerikan yang aku bayangkan. Kursinya juga nyaman, sepertinya aku akan ketagihan naik kereta!

5. Contoh karangan cerita mudik menyentuh

Contoh Karangan Cerita Mudik Liburan Lebaran, Inspiratif!Ilustrasi menulis (pexels.com/Igor Korzh)

Hari Raya Idul Fitri di Jalan

Lebaran tahun ini rencananya aku dan keluarga ingin mengunjungi kediaman nenek di Yogyakarta. Aku sudah gak sabar mau mencicipi gulai ayam buatan nenek yang gak ada tandingannya itu, dicampur dengan ketupat rasanya makin top markotop.

Tapi sayangnya, karena di jalan kita terjebak macet yang sangat lama, aku sekeluarga gagal melaksanakan sholat ied di rumah nenek. Alhasil kita merapat ke masjid terdekat dan melaksanakan sholat ied di sana.

Meski sedikit kecewa, tapi ini jadi pengalaman baru buatku, di masjid tempat kita melaksanakan sholat ternyata ada tradisi saling tukar makanan setelah sholat. Aku dan keluarga ikut menikmati hidangan yang disajikan, sungguh berkesan mengenal budaya baru di Hari Raya.

Setelah itu, kita langsung melanjutkan perjalanan ke rumah nenek, sampai di sana nenek sudah menyambut dengan mengenakan baju gamis putih, tampak cantik sekali. Aku langsung memeluk nenek dan menceritakan pengalamanku sholat ied di tempat asing yang baru pertama kali aku datangi.

Itulah tadi beberapa contoh karangan cerita mudik liburan Lebaran yang bisa menjadi referensi. Tentu setiap orang memiliki pengalamannya masing-masing. Jadi, jangan malu untuk dibagikan karena bisa saja ceritamu memberi inspirasi orang lain.