Comscore Tracker

5 Idiom dan Peribahasa dalam Bahasa Sunda, Sudah Tahu? 

Menyimpan banyak makna nih

Peribahasa adalah kelompok kata atau kalimat yang tetap susunannya, biasanya mengiaskan maksud tertentu. Sedangkan idiom adalah konstruksi yang maknanya tidak sama dengan gabungan makna unsurnya.

Keduanya sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Jika biasanya  mendengar peribahasa dan idiom dalam bahasa Indonesia, kali ini akan dibahas lima idiom dan peribahasa dalam bahasa Sunda. Yuk simak!

1. Halodo sataun lantis ku hujan sapoe 

5 Idiom dan Peribahasa dalam Bahasa Sunda, Sudah Tahu? Pixabay/diego_torres

Artinya “Musim panas setahun habis oleh hujan sehari”. Maksudnya adalah kebaikan yang sudah lama dibangun hilang oleh satu kesalahan. Peribahasa ini juga mengajarkan untuk selalu berhati-hati dalam melakukan sesuatu. Jangan sampai karena satu kesalahan yang diperbuat menghancurkan reputasi di mata masyarakat!

2. Aya jurig numpak kuda 

5 Idiom dan Peribahasa dalam Bahasa Sunda, Sudah Tahu? Pixabay/Freepics4you

Artinya dari peribahsa ini adalah “Ada hantu menunggang kuda”. Sekilas pasti ada yang aneh kok bisa hantu menunggang kuda? Eits, itu bukan makna yang sebenarnya lho. Maksud dari peribahasa yang satu ini adalah mendapat rezeki yang tidak disangka kedatangannya.

3. Élmu ajug 

5 Idiom dan Peribahasa dalam Bahasa Sunda, Sudah Tahu? Pixabay/PublicDomainPictures

Maksudnya adalah orang yang hanya bisa memberi nasihat kepada orang lain, tapi dirinya sendiri tidak menjalankan nasihat tersebut. Dia mempunyai ilmu, tapi sayangnya dia tidak menerapkan bagi dirinya sendiri, hanya pandai menyuruh orang lain melakukannya.

Baca Juga: 7 Idiom Bahasa Inggris Ini Gunakan Kata 'Bird', Tahu Arti 'Birdbrain'?

4. Wawuh munding 

5 Idiom dan Peribahasa dalam Bahasa Sunda, Sudah Tahu? Pixabay/StockSnap

Dalam bahasa Indonesia artinya “kenal kerbau”, terdengar aneh namun sebenarnya maksud dari ungkapan tersebut adalah mengenal seseorang tapi tidak terlalu dekat. Seperti ini, kita sering bertemu seseorang di suatu tempat sehingga kita saling tergur sapa, tapi tidak mengenal lebih dalam siapa orang tersebut.

5. Tuturut munding 

5 Idiom dan Peribahasa dalam Bahasa Sunda, Sudah Tahu? Pixabay/adhista

Kata tuturut bisa diartikan sebagai ikut-ikutan, arti dalam bahasa Indonesia ungkapan tersebut adalah “ikut-ikutan kerbau”. Makna peribahasa tersebut adalah selalu mengikuti orang lain dalam segala hal bisa berupa tingkah laku, ide atau ada juga yang mengartikannya sebagai orang yang tidak mempunyai prinsip yang teguh.

Itulah lima idiom dan peribahasa dalam bahasa Sunda. Bagaimana mudah dipahami, bukan? Semoga menambah pemahaman tentang bahasa daerah. Tetap semangat belajar bahasa ya!

Baca Juga: 9 Idiom Bahasa Indonesia tentang Perilaku Manusia, Yakin Familier?

rohimah mega Photo Writer rohimah mega

Bermain dengan aksara

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya