Comscore Tracker

5 Tips Kembalikan Semangat saat Berada di Fase Berat Kuliah

Siapa tahu bisa membantumu

 

Apa kamu lagi di fase semangat kuliah menurun? Banyak tugas ini itu yang memaksamu begadang setiap malam, deadline yang datang secara bersamaan? Hemm, semua mahasiswa pasti pernah mengalami di fase ini sering malas kuliah, semangat menurun, dan inginnya cuma rebahan aja.

Apalagi sudah satu tahun nih kita belajar online karena pandemi, pasti pada kangen untuk kembali ke kampus bukan? Meski sekarang kuliah online namun jangan biarkan semangatmu kendor ya, berikut 5 cara simpel membangkitkan semangat kuliah yang menurun. 

1. Jangan lupa beri self reward pada diri sendiri

5 Tips Kembalikan Semangat saat Berada di Fase Berat Kuliahunsplash.com/@Siora Photohraphy

Tips simpel pertama mengembalikan semangat kuliah yang menurun yaitu, dengan tidak lupa memberi penghargaan atau self reward pada diri sendiri. Ketika berhasil mengerjakan tugas dengan baik, sesekali apresiasi diri sendiri. Misalnya nih dengan beli makanan favorit, jalan-jalan sebentar, menonton drama kesayangan, atau hal lainnya. Tapi ingat janganlah berlebihan, setelah itu selesaikan tugas kuliahmu yang lain ya. 

2. Manfaatkan waktu weekend untuk liburan atau me time

5 Tips Kembalikan Semangat saat Berada di Fase Berat Kuliahunsplash.com/@Toa Heftiba

Jangan sampai karena saking sibuknya kuliah, mengerjakan tugas ini itu, kamu jadi lupa untuk menikmati waktu weekend-mu. Tetap guys, sesibuknya kamu jangan lupa untuk menikmati liburan sebentar,  me time, atau melakukan hobi.

Ya memang benar, kesibukan kuliah memang menyita untuk sekedar menikmati momen-momen tersebut. Tapi, supaya pikiranmu bisa lebih fresh dan semangat belajar yang hilang bisa kembali, adakalanya kita harus menyempatkan waktu untuk sekedar me time atau liburan.

3. Membuat motivasi sederhana

5 Tips Kembalikan Semangat saat Berada di Fase Berat Kuliahpexels.com/@Vlada Karpovich

Cara simpel selanjutnya yaitu membuat motivasi sederhana. Kamu bisa menulis quote inspiratif di post it lalu menempelkannya di meja belajar atau dinding kamar misalnya. Motivasi sederhana seperti "semakin cepat kamu mengerjakan tugas, semakin cepat pula kamu bisa bersantai", atau motivasi yang berisi harapan dan cita-citamu.

Sehingga setiap kali membaca post it sederhana tersebut bisa membuat semangatmu bangkit dan selalu ingat akan target yang ingin kamu capai. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kuliah Sambil Bekerja Itu Bukan Masalah

4. Jauhkan dari gangguan yang dapat memicu semangat menurun

5 Tips Kembalikan Semangat saat Berada di Fase Berat Kuliahunsplash.com/@Amel Majanovic

Tips selanjutnya mengembalikan semangat kuliah yang menurun yaitu dengan menjauhkan segela gangguan yang dapat memicu semangat belajar menurun. Apa nih hal yang sering membuat kita terdistraksi saat belajar, ya benar sekali gadget.

Sedikit-sedikit cek notifikasi instagram, scroll tik tok, alhasil yang semula udah niat mau balajar akhirnya jadi kebablasan main media sosial. Oleh karena itu ketika belajar jauhkan diri dari gadget dan matikan data jika perlu, sehingga kamu bisa lebih fokus. 

5. Coba dekor ulang meja kerjamu

5 Tips Kembalikan Semangat saat Berada di Fase Berat Kuliahpexels.com/Theo

Tips simpel terakhir yaitu cobalah untuk mendekor ulang meja belajarmu. Semangat kuliah menurun bisa jadi karena meja belajarmu berantakan, banyak berkas kuliah yang tercecer di mana-mana, ruang belajar kotor, dsb.

Maka dari itu rapikan meja kerjamu, buang barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi, hingga kamu bisa mendekor dengan meletakkan tanaman hias, album foto, dan lainnya. Ciptakan tempat yang paling nyaman untuk belajar sehingga kamu bisa lebih semangat untuk mengikuti perkuliahan. 

Itulah guys 5 tips simpel mengembalikan semangat saat di fase berat kuliah. Jadi buat kamu semangat ya kuliahnya, jangan kebanyakan mengeluh, dan jadilah yang terbaik. 

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Anakmu Kehilangan Semangatnya untuk Kuliah

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya