Comscore Tracker

5 Kebiasaan Buruk Selama Kuliah Online Ini Harus Kamu Hindari

Catat baik-baik ya para mahasiswa

Selama pandemi COVID-19 proses belajar mengajar dilakukan secara jarak jauh atau online. Pembelajaran jarak jauh seperti ini pasti punya tantangan tersendiri bukan. Seperti sinyal tidak mendukung, keterbatasan teknologi, hingga memunculkan kebiasaan buruk. 

Nah berbicara mengenai kebiasaan buruk selama kuliah online, salah satunya yaitu, kita jadi sering tidak memperhatikan dan seenaknya sendiri dalam belajar. Berikut lima kebiasaan buruk kuliah online yang harus dihindari. 

1. Asyik sendiri saat kuliah tengah berlangsung

5 Kebiasaan Buruk Selama Kuliah Online Ini Harus Kamu Hindariwanita sedang memegang hp(pexels.com/Karolina Grabwoska)

Kebiasaan buruk pertama selama kuliah online yaitu, kita suka asyik sendiri saat pembelajaran berlangsung. Mentang-mentang tidak bertatap muka, kamu seenaknya sendiri main media sosial saat dosen sedang menjelaskan, nonton YouTube, main game, atau bahkan tidur. 

Nah kebiasaan satu ini harus dihindari ya. Meski tidak ketemu langsung kita harus mengikuti proses belajar mengajar di kelas dengan serius. Saat dosen menjelaskan ya diperhatikan dan kalau ada yang kurang paham silahkan bertanya. 

2. Suka diam meski tidak paham

5 Kebiasaan Buruk Selama Kuliah Online Ini Harus Kamu Hindariwanita sedang menatap layar (pexels.com/@ George Milton)

Kebiasaan buruk selanjutnya yaitu, suka diam meski tidak paham. Nah biasanya ini terjadi kalau kita malu dan takut salah jika bertanya. Padahal kalau gak paham tapi cuma diam, bisa memengaruhi kita dalam mengerjakan tugas maupun ujian. 

Jadi, kalau misalnya kamu malu tanya di kelas, bisa bertanya secara personal ke dosen langsung melaui pesan atau chat. Dengan demikian kamu bisa memahami materi dengan baik dan kesulitan pun bisa teratasi. 

3. Keluar masuk kelas tanpa izin dulu

5 Kebiasaan Buruk Selama Kuliah Online Ini Harus Kamu Hindariorang memainkan telepon (pexels.com/cottonbro)

Poin selanjutnya yaitu, suka keluar masuk kelas tanpa izin dulu. Meski dilakukan secara online tata krama dan sopan santun harus tetap dijunjung. Kalau misal telat masuk karena terkendala sinyal, setidaknya beritahu ketua kelas atau dosen kalau kamu bakal terlambat.

Selain itu saat proses pembelajaran berlangsung jangan asal left tanpa izin atau kabar yang jelas. Ya meski kuliah daring dan mungkin pembelajarannya terasa bosan, tetap harus mengikuti prosesnya dengan baik. 

4. Suka meremehkan tanggung jawab yang diberikan secara online

5 Kebiasaan Buruk Selama Kuliah Online Ini Harus Kamu HindariIlustrasi capek kerja (pexels.com/@monstera)

Salah satu hal berat saat kuliah online yaitu, tugas kuliah yang banyak. Kebiasaan suka meremehkan tanggung jawab dan tugas ini sering banget dilakukan mahasiswa. Nah biasanya yang sering timbul konflik itu kalau ada tugas kelompok. Namanya tugas kelompok harus dikerjakan sama-sama, gak hanya satu atau doa orang saja. 

Namun ada saja mahasiswa yang cuma ikut numpang nama doang. Di mana gak berkontribusi apa-apa, gak ikut nimbrung kalau sedang diskusi, dan kalau dikasih pembagian tugas ada aja alasan supaya gak mengerjakan. Hemm, sebagai mahasiswa harusnya bisa berpikir dewasa, kalau sudah dikasih tanggung jawab wajib diselesaikan. 

Baca Juga: Tetap Semangat, 5 Tips Belajar Efektif Saat Kuliah Online

5. Tidak bisa mengatur waktu

5 Kebiasaan Buruk Selama Kuliah Online Ini Harus Kamu HindariIlustrasi orang istirahat (pexels.com/@keira burton)

Kebiasaan buruk terakhir yaitu, tidak bisa mengatur waktu dengan bijak. Meski kuliah online kita harus pandai dalam mengelola waktu. Tahu kapan harus fokus kuliah, mengerjakan tugas, kapan untuk istirahat, bagi waktu untuk organisasi, dsb. Namun, kenyataannya, jadi suka meremehkan waktu tersebut. 

Kita jadi suka menunda-nunda, sering lupa mengerjakan tugas, atau karena hanya fokus kuliah kita jadi lupa istirahat sehingga kesehatan pun menurun. Mulai sekarang atur waktumu sedemikian rupa, supaya kehidupanmu jadi seimbang. 

Kebiasaan buruk selama kuliah online di atas harus dihindari ya supaya belajarmu bisa maksimal. Tapi ingat meski sibuk kuliah jangan lupa istirahat yang cukup. 

Baca Juga: Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Menghancurkan Kebahagiaanmu, Bro!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya