Comscore Tracker

13 Novel Series Bumi Karya Tere Liye, Terbaru Bibi Gill dan Sagaras

Sudah baca yang terbaru, belum?

Setalah beberapa waktu lalu menyelesaikan karyanya dalam series Bumi, yaitu Si Putih dan Lumpu, Tere Liye akhirnya muncul kembali dengan memperkenalkan karya terbarunya di series Bumi, yakni Bibi Gill dan Sagaras. Untuk para pecinta karya Tere Liye tentu sudah familier dengan buku series Bumi ini.

Sebuah series buku dengan petualangan luar biasa tiga tokoh utama, yaitu Raib, Ali, dan Seli. Mereka menjelajah bahkan membuka portal-portal menuju klan lain asing yang tentunya tidak pernah mereka kunjungi sebelumnya.

Petualangan mereka pun sangat seru sekaligus menakutkan. Sebab mereka akan menghadapi tokoh-tokoh baru yang berbahaya untuk keselamatan di dunia klan masing-masing. Supaya lebih tahu urut-urutan novel series Bumi, ini dia urutan tiga belas novel series Bumi karya Tere Liye yang mencakup karya terbarunya.

1. Bumi

13 Novel Series Bumi Karya Tere Liye, Terbaru Bibi Gill dan SagarasBumi karya Tere Liye (instagram.com/tiareadsbooks)

Bumi adalah buku pertama yang berisi tentang perkenalan di antara tiga tokoh utama, yakni Raib, Ali, dan Seli. Di buku ini mereka masih saling berkenalan masing-masing dan pada akhirnya menjadi sahabat. Lewat Bumi, kisah mereka mulai berpetualang di Klan Bulan pun diceritakan.

2. Bulan

13 Novel Series Bumi Karya Tere Liye, Terbaru Bibi Gill dan SagarasBulan karya Tere Liye (instagram.com/tiareadsbooks)

Walaupun judul buku ini Bulan, tapi petualangan Raib, Ali, dan Seli telah sampai di Klan Matahari. Kali ini mereka terpaksa untuk mengikuti Festival Bunga Matahari, yaitu kompetisi paling mematikan di klan tersebut. Mereka harus menemukan bunga matahari pertama yang mekar di suatu tempat yang tidak terduga. Seru banget!

3. Matahari

13 Novel Series Bumi Karya Tere Liye, Terbaru Bibi Gill dan SagarasMatahari karya Tere Liye (instagram.com/tiareadsbooks)

Tiga tokoh utama, Raib, Ali, dan Seli mulai menemukan sebuah pintu portal lain menuju klan baru. Di buku ini mereka melakukan petualangannya di Klan Bintang. Teknologi di Klan Bintang pun sangat maju dibanding tiga klan yang lain.

Di buku ini sangat terasa betapa kuatnya ikatan persahabatan antara ketiga tokoh utamanya. Mereka dipisahkan pada suatu tempat dan harus lolos dari kejaran musuh. 

4. Bintang

13 Novel Series Bumi Karya Tere Liye, Terbaru Bibi Gill dan SagarasBintang karya Tere Liye (instagram.com/tiareadsbooks)

Pada novel ini tiga tokoh utama melanjutkan petualangan mereka di Klan Bintang, tapi dengan misi yang berbeda. Misi kali ini yaitu menyelamatkan manusia di Klan Bumi dengan cara melakukan pencegahan pasak bumi yang akan meledak. Petualangan mereka terlihat semakin berat dan musuh mereka juga makin kuat.

5. Ceros dan Batozar

13 Novel Series Bumi Karya Tere Liye, Terbaru Bibi Gill dan SagarasCeros dan Batozar karya Tere Liye (instagram.com/tiareadsbooks)

Ceros dan Batozar adalah buku yang dikatakan buku yang ke 4,5 karena istilahnya ini adalah babak spin off sebelum menuju masalah utama. Di novel ini terdapat dua part, yaitu Ceros yang menceritakan tentang dua ekor badak raksasa yang bersembunyi di bawah sebuah bangunan monumen bersejarah. Sedangkan Batozar adalah seorang kriminal dan dari Klan Bulan yang bersembunyi di Blan Bumi. 

6. Komet

13 Novel Series Bumi Karya Tere Liye, Terbaru Bibi Gill dan SagarasKomet karya Tere Liye (instagram.com/tiareadsbooks)

Sampailah perjalanan tiga tokoh tersebut di Klan Komet. Klan ini menghadirkan banyak ke misteriusan di dalamnya. Pulau dalam klan tersebut berasal dari nama nama hari, seperti Senin hingga Minggu. Sugguh aneh, bukan? Baca ini setelah Ceros dan Batozar, ya!

7. Komet Minor

13 Novel Series Bumi Karya Tere Liye, Terbaru Bibi Gill dan SagarasKomet Minor karya Tere Liye (instagram.com/tiareadsbooks)

Di bagian ini, tiga tokoh utama menghadapi karakter antagonis Tuan Tanpa Mahkota. Komet Minor banyak mengungkap teka-teki yang akan berlanjut pada novel-novel selanjutnya. Ternyata ini bukan akhir dari semua cerita, justru jadi awal dari semua permulaan.

8. Selena

13 Novel Series Bumi Karya Tere Liye, Terbaru Bibi Gill dan SagarasSelena karya Tere Liye (instagram.com/tiareadsbook)

Sesuai dengan judulnya, novel ini mengisahkan tentang Miss Selena, yakni guru matematika Raib, Ali, dan Seli di sekolah. Series Selena mengungkap bagaimana masa lalu Miss Selena, bagaimana sebenarnya kehidupan di klan mana dia berasal, dan masih banyak lagi yang dibahas. Kamu sudah baca sampai series ini, belum?

9. Nebula

13 Novel Series Bumi Karya Tere Liye, Terbaru Bibi Gill dan SagarasNebula karya Tere Liye (instagram.com/tiareadsbooks)

Di novel Nebula, cerita yang di highlight adalah tentang perjalanan Miss Selena dengan sahabatnya, yaitu Tazk dan Mata. Di sini teka-teki tentang siapa Raib hingga siapa orangtuanya juga akan terjawab. Mulai terungkap satu per satu, nih.

10. Si Putih

13 Novel Series Bumi Karya Tere Liye, Terbaru Bibi Gill dan SagarasSi Putih karya Tere Liye (instagram.com/tiareadsbooks)

Seperti judulnya, buku ini adalah cerita dibalik hewan kesayangan Raib yang bernama Si Putih. Ternyata kucing kesayangannya itu mempunyai ceritanya sendiri dalam series satu ini.

11. Lumpu

13 Novel Series Bumi Karya Tere Liye, Terbaru Bibi Gill dan SagarasLumpu karya Tere Liye (instagram.com/tiareadsbooks)

Dalam Lumpu, Raib, Ali, dan Seli berpetualang menyelamatkan Miss Selena dari lumpu. Namun, pasti itu tidak akan pernah mudah dan akan banyak hal-hal lain yang terjadi. Baca Lumpu sesudah Si Putih, ya.

12. Bibi Gill

13 Novel Series Bumi Karya Tere Liye, Terbaru Bibi Gill dan SagarasBibi Gill karya Tere Liye (instagram.com/irh.withbooks)

Bibi Gill adalah serial yang baru saja dirilis. Novel ini bercerita tentang seorang Bibi Gil yang merupakan orang terkuat di dunia paralel. Nambah penasaran dengan kelanjutan ceritanya, kan?

13. Sagaras

13 Novel Series Bumi Karya Tere Liye, Terbaru Bibi Gill dan SagarasSagaras karya Tere Liye (instagram.com/caisreading)

Sagaras juga baru saja rilis. Kabarnya Sagaras adalah nama dari sebuah gerbang di salah satu klan. Nampaknya akan ada banyak jawaban mengenai teka-teki di antara semua peristiwa yang terjadi di dunia paralel, terutama kisah tiga tokoh utama Raib, Ali, dan Seli.

Nah, itulah tadi tiga belas novel series Bumi karya Tere Liye dengan karya terbarunya yang baru rilis. Membacanya harus urut, ya. Jangan sampai salah atau terbalik-balik agar tidak bingung dengan sambungan ceritanya. Selamat membaca!

Santi Agustin Photo Verified Writer Santi Agustin

pelupa, makanya suka nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya