Comscore Tracker

5 Rekomendasi Buku Lokal Genre Young Adult, Bisa Temani Waktu Luangmu

Adakah buku genre young adult yang sudah pernah kamu baca?

Buku genre young adult (YA) mempunyai segmentasi anak muda. Hampir mirip dengan teenlit, tapi pembahasannya lebih dalam, mulai dari persahabatan hingga cinta.

Penulis lokal pun tak mau kalah dalam menghadirkan genre tersebut dalam karya tulisnya. Ada beragam bahasan di dalamnya, seperti konflik di kalangan anak muda yang relate dengan keadaan masa kini. Pembaca pun dapat menambah pengetahuan setelahnya.

Ingin membaca buku genre tersebut? Berikut lima rekomendasi buku genre young adult karya penulis lokal.

1. Awan-Awan di atas Kepala Kita karya Miranda Malonka

5 Rekomendasi Buku Lokal Genre Young Adult, Bisa Temani Waktu LuangmuAwan di Atas Kepala Kita (instagram.com/fiksigpu)

Novel Awan-awan di atas Kepala Kita memiliki tebal 392 halaman yang terbit tahun 2022. Novel ini menceitakan tentang Benjamin Iskandar yang berulag tahun ke-19, tapi naasnya ia malah memutuskan untuk bunuh diri. Tanpa disangka, Kirana Kharitonova yang kebetulan lewat pun menyelamatkannya.

Keduanya memang berasal dari latar belakang dan kepribadian yang berbeda. Meski begitu, mereka akhirnya bisa menjadi sahabat. Bahkan, setelah rahasia demi rahasia terbuka, kini tak lagi jelas siapa sebetulnya yang butuh diselamatkan. Lalu, bagaimana kelanjutannya? Langsung baca saja bukunya, ya.

2. Chasing the Blue Flames karya Saufina

5 Rekomendasi Buku Lokal Genre Young Adult, Bisa Temani Waktu LuangmuBuku Chasing the Blue Flames (Instagram.com/fiksigpu)

Novel Chasing the Blue Flames yang terbit tahun 2022 ini memiliki jumlah 304 halaman. Mengisahkan tentang kisah cinta Lulu dan Damar yang seharusnya tidak menjalin hubungan. Mereka harus siap jika hubungannya berakhir karena sebuah alasan yang kuat.

Seadainya bisa memutar ulang waktu kembali ke masa lalu, bisakah Lulu mengubah takdirnya? Apakah ia benar-benar punya kesempatan memilih ulang takdirnya?

Baca Juga: 6 Novel Mitologi Young Adult Paling Best Seller selain Percy Jackson 

3. The Privilege Ones karya Mutiarini

5 Rekomendasi Buku Lokal Genre Young Adult, Bisa Temani Waktu LuangmuBuku The Privileged Ones (Instagram.com/fiksigpu)

Novel The Privilege Ones memiliki tebal 248 halaman. Banyak sekali isu sensitif sekaligus penting yang diceritakan dalam novel ini, mulai dari insecurity, privilege hingga mental ilness.

The Privilege Ones berkisah tentang Rara, anak rantau asal Banyuwangi yang mendapat beasiswa kuliah ke Jakarta. Tugas akhir mata kuliahnya adalah membuat kanal YouTube yang berkualitas, hingga hal itu menjadi ajang kompetisi bagi dirinya.

Tapi sayangnya, Rara hanya gadis miskin dari daerah yang berbeda dengan teman kuliahnya, yaitu Diva yang memiliki segalanya. Tak disangka, kompetisi tersebut membuka mata Rara untuk memahami kehidupan yang tidak ia pahami sebelumnya.

4. A untuk Amanda karya Annisa Ihsani

5 Rekomendasi Buku Lokal Genre Young Adult, Bisa Temani Waktu LuangmuBuku A untuk Amanda (Instagram.com/nisaihsani)

Lalu, ada A untuk Amanda. Buku ini meceritakan tentang seorang gadis yang terobsesi untuk mendapatkan nilai A, di mana kehidupannya memang terkesan sempurna.

Namun, anehnya ia merasa menipu orang lain dengan prestasinya tersebut. Hingga akhinya, ia mengalami depresi dan pergi ke psikiater.

Tema yang diambil mengambil agak berat bagi anak muda yaitu isu depresi dan menyelipkan tentang feminisme. Buku dengan tebal 264 halaman ini cocok dibaca karena membahas tentang impian, hingga makna sebuah pencapaian.

5. Minoel karya Ken Terate

5 Rekomendasi Buku Lokal Genre Young Adult, Bisa Temani Waktu LuangmuBuku Minoel (Instagram.com/fiksigpu)

Buku yang berjudul Minoel ini terdiri dari 272 halaman dan cocok dibaca untuk para anak muda. Minoel bercerita tentang kisah pelajar SMA yang menjadi penyanyi dangdut di daerah Gunung Kidul. Akan tetapi, ketika kecil ia mengalami kelainan pertumbuhan sehingga membuatnya pincang ketika berjalan.

Sempat minder dan merasa nggak ada lelaki yang menyukainya, tapi akhirnya ia bertemu Akang. Mereka pun menjalin hubungan. Namun, hubungan keduanya terjalin secara toxic. Mampukah Minoel keluar dari hubungan toxic dan menjadi penyanyi terkenal?

Kelima buku genre young adult karya penulis lokal Indonesia di atas tak hanya punya cerita menarik. Sebab, ada beragam pelajaran yang juga bisa diambil dari kisahnya. Adakah buku yang pernah kamu baca sebelumnya?

Baca Juga: 8 Novel Young Adult dengan Kisah Cinta Pertama Paling Berkesan

sarah aisyah Photo Verified Writer sarah aisyah

Books, Poem, and Blue

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya