Comscore Tracker

28 November Hari Menanam Pohon Indonesia, Ayo Tanam dan Rawat Pohon!

Ayo lindungi hutan Indonesia

Pohon memiliki sejuta manfaat bagi kehidupan manusia. Tidak hanya secara fisik, pohon juga memberikan manfaat secara edukasi bagi manusia. Keistimewaan ini diabadikan dengan perayaan Hari Menanam Pohon Indonesia pada tanggal 28 November.

Perayaan ini juga sebagai bentuk ajakan dan membangun kesadaran bahwa pohon merupakan komponen penting dalam planet ini. Untuk mengetahui mengenai Hari Menanam Pohon Indonesia, yuk, simak artikel ini!

1. Hari Menanam Pohon Indonesia

28 November Hari Menanam Pohon Indonesia, Ayo Tanam dan Rawat Pohon!ilustrasi menanam pohon (pexels.com/Akil Mazumder)

Hari Menanam Pohon Indonesia ditetapkan pada tanggal 28 November berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008. Melansir ppid.menlhk.go.id, ditetapkan sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia yang dimaksudkan untuk memberikan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon.

Saat ini, sudah tidak bisa dimungkiri lagi banyak hutan yang beralih fungsi dan malah mengancam keberlangsungan hidup manusia dan lingkungan. Pohon-pohon ditebang untuk dialihfungsikan. Padahal, hal ini merugikan kehidupan manusia juga.

Baca Juga: 20 November Hari Anak Sedunia: Sejarah dan Ucapannya

2. Sejarah Hari Menanam Pohon Indonesia

28 November Hari Menanam Pohon Indonesia, Ayo Tanam dan Rawat Pohon!ilustrasi menanam (unsplash.com/jediahowen)

Adanya Hari Menanam Pohon Indonesia ini dilatarbelakangi oleh Aksi Penanaman Serentak dan Gerakan Perempuan Tanam Pohon pada tahun 2007. Dalam aksi ini, banyak pohon yang tertanam. Padahal, pada tahun 2007, Gerakan Aksi Penanaman menargetkan menanam 79 ribu batang. Akan tetapi, hasilnya mencapai sekitar 86 ribu batang.

Oleh karena itu, tercetuslah Hari Menanam Pohon Indonesia pada 28 November. Hal ini juga disahkan dengan adanya Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia (RI) Nomor 24 tahun 2008.

3. Hari Menanam Pohon Sedunia sebagai Bentuk Pengendalian Iklim

28 November Hari Menanam Pohon Indonesia, Ayo Tanam dan Rawat Pohon!ilustrasi hutan indonesia (pexels.com/Tom Fisk)

Pada tahun 2016, Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya menyampaikan bahwa Hari Menanam Pohon Indonesia punya andil dalam mengendalikan perubahan iklim. Hal ini merupakan langkah mitigasi untuk mengurangi emisi karbon. Kegiatan ini juga sejalan dengan tujuan utama Paris Agreement untuk menahan laju kenaikan suhu bumi tidak lebih dari 20C atau sedapatnya menekan hingga 1,50C. 

Namun, sayangnya, berdasarkan data dari Global Forest Watch, di tahun 2020 Indonesia kehilangan 270 kilo hektar hutan primer yang setara dengan 208Mt emisi karbon. Oleh karena itu, Hari Menanam Pohon Indonesia merupakan gerakan yang patut untuk didukung penuh untuk memulihkan bumi ini.

Demikian informasi mengenai Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh pada tanggal 28 November. Keberadaan pohon sangat vital bagi kehidupan manusia. Ayo menanam pohon!

Baca Juga: 21 November Hari Pohon: Ini Sejarah dan Maknanya

Topic:

  • Seo Intern IDN Times
  • Febriyanti Revitasari
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya