Comscore Tracker

Hasbunallah Wanikmal Wakil, Zikir Nabi Ibrahim saat Hendak Dibakar

Zikir yang menunjukkan ketergantungan hamba kepada Allah

Setiap muslim sangat dianjurkan untuk senantiasa berzikir kepada Allah SWT. Bukan hanya sebatas kalimat, zikir mampu mendatangkan berbagai manfaat kepada orang yang membacanya, seperti mendekatkan dirinya kepada Allah dan diberikan kecukupan.

Di antara banyaknya zikir yang ada, hasbunallah wanikmal wakil merupakan salah satu yang memiliki makna mendalam. Kalimat tersebut menunjukkan ketergantungan seorang hamba kepada Tuhannya. Namun, apa artinya, ya?

Untuk menemukan jawabannya, berikut IDN Times sajikan informasi mengenai arti dari hasbunallah wanikmal wakil. Baca sampai habis, yuk!

1. Arti hasbunallah wanikmal wakil

Hasbunallah Wanikmal Wakil, Zikir Nabi Ibrahim saat Hendak Dibakarilustrasi tasbih (freepik.com/rawpixel.com)

Kalimat hasbunallah wanikmal wakil dapat ditemukan dalam kitab suci Al-Qur'an. Pada Surat Ali 'Imran ayat 173, Allah SWT berfirman,

Allażīna qāla lahumun-nāsu innan-nāsa qad jama'ụ lakum fakhsyauhum fa zādahum īmānaw wa qālụ ḥasbunallāhu wa ni'mal-wakīl.

Artinya: "(Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan, 'Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu. Karena itu, takutlah kepada mereka.' Maka, perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, 'Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung.'" (QS. Ali 'Imran, [3]:173).

Sesuai terjemahan ayat di atas, bisa kita lihat bahwa hasbunallah wanikmal wakil artinya adalah 'Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung.' Di samping translasi tadi, juga ada penjelasan dari beberapa ahli tafsir. Dilansir muslim.or.id, berikut beberapa di antaranya:

  • Ibnul Jauzi

Dalam Zaadul Masiir, ia menjelaskan bahwa hasbunallah berarti 'Allah-lah yang mencukupi segala urusan mereka', sedangkan al-Wakiil bermakna 'Orang yang mencukupi'.

  • Al Jalalain

Menurut tafsirannya, hasbunallah wanikmal wakil artinya Allah-lah yang mencukupi urusan manusia dan Allah-lah sebaik-baik tempat bersandar dalam segala urusan.

  • Syaikh As Sa'di

Seperti yang disebutkan dalam kitab tafsirnya, Syaikh As Sa'di mengatakan bahwa arti kata hasbunallah adalah 'Allah-lah yang mencukupi urusan mereka (manusia)'. Sementara itu, nikmal wakil diartikan sebagai 'Allah sebaik-baik tempat bersandar segala urusan hamba dan yang mendatangkan maslahat'.

Baca Juga: Apa Jawaban Jazakallah Khairan Katsiran? Ini Penjelasannya

2. Diucapkan Nabi Ibrahim AS saat hendak dibakar

Hasbunallah Wanikmal Wakil, Zikir Nabi Ibrahim saat Hendak Dibakarilustrasi berzikir (pexels.com/Michael Burrows)

Hasbunallah wanikmal wakil tak terlepas dari sosok kekasih Allah dan Bapak seluruh nabi, yaitu Ibrahim AS. Zikir tersebut ia ucapkan tatkala dirinya hendak dibakar oleh Raja Namrud beserta pengikutnya.

Kejadian tersebut terjadi lantaran Nabi Ibrahim menghancurkan berhala-berhala yang selama ini disembah oleh kaumnya. Semua habis ditebas, kecuali satu patung induk yang besar.

Hal ini diketahui oleh Raja Namrud sehingga dipanggillah Nabi Ibrahim. Percakapan keduanya terekam dalam Surat Al-Anbiya ayat 62–69:

Mereka bertanya (Namrud), "Apakah kamu yang melakukan perbuatan ini terhadap tuhan-tuhan kami, hai Ibrahim?"

Ibrahim menjawab, "Sebenarnya patung yang besar itulah yang melakukannya. Maka, tanyakanlah kepada berhala itu jika mereka dapat berbicara."

Maka, mereka telah kembali kepada kesadaran dan lalu berkata, "Sesungguhnya kamu sekalian adalah orang-orang yang menganiaya (diri sendiri)." Kemudian, kepala mereka jadi tertunduk (lalu berkata), "Sesungguhnya kamu (hai Ibrahim) telah mengetahui bahwa berhala-berhala itu tidak dapat berbicara."

Ibrahim berkata, "Maka, mengapakah kamu menyembah selain Allah sesuatu yang tidak dapat memberi manfaat sedikit pun dan tidak (pula) memberi mudharat kepada kamu?Ah (celakalah) kamu dan apa yang kamu sembah selain Allah. Maka, apakah kamu tidak memahami?"

Mereka berkata, "Bakarlah dia dan bantulah tuhan-tuhan kamu jika kamu benar-benar hendak bertindak."

Dilansir Almanhaj, dari riwayat At-Thabari, dijelaskan bahwa Nabi Ibrahim ditahan di sebuah rumah. Kaumnya kemudian mengumpulkan kayu bakar sebanyak-banyaknya hingga ditumpuk menjulang tinggi. Kayu-kayu tersebut lalu dibakar dan menciptakan kobaran api yang bahkan mampu membakar burung yang terbang di atasnya.

Oleh kaumnya, Nabi Ibrahim ditempatkan di puncak tumpukan kayu tersebut. Riwayat lain menyebutkan bahwa Nabi ditempatkan pada daun manjanik yang siap melemparkan tubuhnya ke kobaran api.

Melihat ini, para malaikat lantas menyeru kepada Allah, "Wahai, Rabb! Sesungguhnya Ibrahim akan dibakar karena (memperjuangkan hak-Mu)."

Diriwayatkan bahwa Malaikat Mikail mendatangi Nabi Ibrahim dan menawarkan bantuan. "Hai Ibrahim, apabila engkau menginginkan agar aku menurunkan hujan kepadamu dan memadamkan api ini, tentu pada saat ini juga aku melakukannya."

Padahal, kematian sudah ada di hadapannya. Namun, kepercayaan Nabi Ibrahim atas pertolongan Allah sama sekali tidak luntur. Dirinya menolak bantuan Malaikat Mikail seraya berkata, "Aku tidak membutuhkanmu."

Begitu juga dengan Malaikat Jibril yang juga menawarkan bantuan sebelum Nabi dilemparkan. Ia berkata, "Wahai Ibrahim, apakah kamu membutuhkan bantuanku?"

Nabi lantas membalas, "Jika kepadamu, aku tidak membutuhkannya. Namun, jika kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, itulah yang aku harapkan".

Selanjutnya, kaum Nabi Ibrahim pun melemparkannya ke dalam kayu yang membara tersebut. Menurut Imam Bukhari yang meriwayatkan dari Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhuma, Nabi Ibrahim AS pun mengucapkan,

Hasbunallāhu wa ni'mal-wakīl

Artinya: "Cukuplah Allah Azza wa Jalla bagi kami dan Dia sebaik-baik penolong." (Shahih Bukhari dan Fathul-Bari, Juz 8, hlm. 288, no. 4563).

Maka seketika itu, Allah pun berfirman,

"Hai api, menjadi dinginlah dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim." (QS. Al-Anbiya, [21]:69).

Alih-alih hangus terbakar, Nabi Ibrahim terlihat baik-baik saja sekalipun berada di dalam api. Tidak ada satu pun bagian tubuhnya yang terbakar, kecuali rantai yang mengikatnya.

Dari kejadian itu, banyak orang yang langsung beriman karena melihat langsung mukjizat Nabi Ibrahim yang terbakar oleh api dengan mata kepala mereka sendiri.

3. Kebaikan yang didapat dari membaca zikir hasbunallah wanikmal wakil

Hasbunallah Wanikmal Wakil, Zikir Nabi Ibrahim saat Hendak Dibakarilustrasi Al-Qur'an dan tasbih (pexels.com/RODNAE Productions)

Dari kisah Nabi Ibrahim AS tadi, kita bisa meneladani sikapnya yang yakin dengan sepenuh hati akan kebesaran Allah. Lewat ungkapan hasbunallah wanikmal wakil, Nabi Ibrahim menegaskan kepercayaan dan ketergantungannya terhadap pertolongan Allah SWT.

Sebenarnya, bukan hanya Nabi Ibrahim saja yang pernah mengucapkan kalimat tersebut. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda,

"'Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka,' maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, 'Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung.'" (HR. Bukhari no. 4563).

Merujuk laman muslim.or.id, Syaikh Al Imam Al 'Arif menjelaskan bahwa dalam hadis di poin kedua di atas, Rasulullah sebenarnya memberikan isyarat kepada para sahabat agar mereka sadar bahwa tiada daya yang paling kuat selain kekuatan Allah SWT. Dalam hal ini, sudah sepatutnya kita manusia hanya bersandar kepada-Nya.

Dari laman Rumaysho, dijelaskan bahwa apabila kita bergantung hanya kepada Allah Azza wa Jalla, niscaya kemudahan akan Ia datangkan sehingga kita mudah melewati segala urusan. Sebaliknya, apabila kita bersandar pada selain-Nya, yaitu makhluk, maka hanyalah kesulitan yang akan kita temui.

Perlu diketahui pula, terdapat banyak keutamaan yang didapat kita membacakan zikir hasbunallah wanikmal wakil, di antaranya

  • mampu meningkatkan ketakwaan terhadap Allah SWT;
  • membantu membuat hati menjadi lebih tenteram;
  • menguatkan keimanan terhadap-Nya; dan
  • menjadi kunci utama memiliki kerendahan hati.

Berdasarkan penjelasan di atas, arti dari hasbunallah wanikmal wakil adalah 'Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung.' Mulai sekarang, yuk, kuatkan keyakinan dan hilangkan keraguan terhadap-Nya! Insyaallah, semuanya akan berjalan lancar.

Baca Juga: Tabarakallah Artinya Apa? Ini Pengertian dan Cara Penggunaannya

Topic:

  • Bella Manoban
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya