Comscore Tracker

Teks Ulasan: Pengertian, Struktur, Ciri-ciri, hingga Contohnya

Hal-hal yang perlu kamu ketahui saat menulis teks ulasan

Ketika sedang mencari rekomendasi film, buku, serial, komik, dan lain-lain, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan teks ulasan. Yap!  Teks ulasan sering kita jumpai ketika mencari rekomendasi  film, buku, serial, komik, dan lain-lain. Entah terdapat di sampul belakang buku atau terdapat di kolom komentar blog. Teks ini dapat ditulis dalam berbagai platform, baik media online maupun media cetak.

Teks ulasan terdiri dari dua suku kata, yaitu teks dan ulasan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks merupakan naskah yang berupa kata-kata asli dari pengarang; bahan tertulis untuk dasar pelajaran, pidato, dan sebagainya. Sedangkan ulasan adalah tafsiran, kupasan, atau komentar.

1. Pengertian teks ulasan menurut para ahli

Teks Ulasan: Pengertian, Struktur, Ciri-ciri, hingga ContohnyaIlustrasi Pembelajaran Jarak Jauh (IDN Times/Dini Suciatiningrum)
  • Gerot dan Wignell
    Teks ulasan dapat digunakan untuk mengukur, menilai, dan memikirkan kritik terhadap suatu karya.
  • Kosasih
    Teks ulasan atau sama dengan resensi yaitu memperkenalkan buku atau karya kepada pembaca dan membantu untuk memahami atau bahkan mempertimbangkan untuk memilihnya.
  • Dalman
    Teks ulasan menurut Dalman adalah suatu istilah yang digunakan untuk menilai keunggulan dan kelemahan sebuah buku atau karya.

2. Struktur teks ulasan

Teks Ulasan: Pengertian, Struktur, Ciri-ciri, hingga Contohnyailustrasi menulis (Pexels.com/George Milton)

Walaupun terkesan bebas, teks ulasan memiliki struktur, lho!

  1. Identifikasi Karya
    Identifikasi karya merupakan hal yang wajib dicantumkan ketika kalian ingin mengulas. Identitas karya biasanya berisi judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku.
  2. Orientasi
    Orientasi berisi pengenalan terhadap karya yang akan diulas. Struktur orientasi ini terletak pada bagian awal karena akan menceritakan pengenalan dan gambaran umum mengenai suatu karya. 
  3. Sinopsis
    Sinopsis ini berisi ringkasan yang menggambarkan ulasan penulis terhadap suatu karya. Pada sinopsis ini, penulis dapat memberikan ulasan suatu karya tetapi tidak memberikan spoiler cerita. 
  4. Tafsiran
    Tafsiran berisi mengenai pandangan penulis terhadap kualitas suatu karya, mulai dari keunikan, keunggulan, dan lain-lain.
  5. Evaluasi
    Selanjutnya, penulis memberikan suatu evaluasi terhadap karya. Pandangan penulis terhadap suatu karya dapat dituangkan di evaluasi. Biasanya, pada bagian evaluasi terdapat suatu kelebihan dan kekurangan dari suatu karya.

Baca Juga: Pidato Singkat: Pengertian, Struktur, dan Contohnya

3. Ciri-ciri teks ulasan

Teks Ulasan: Pengertian, Struktur, Ciri-ciri, hingga Contohnyailustrasi perempuan sedang belajar (pexels.com/Ivan Samkov)
  1. Berisi informasi mengenai opini atau pandangan penulis terhadap suatu karya.
  2. Strukturnya terdiri dari identifikasi karya, orientasi, sinopsis, tafsiran, dan evaluasi.
  3. Opini yang ditulis berdasarkan fakta yang diinterpretasikan
  4. Memiliki penilaian terhadap kelebihan dan kekurangan suatu karya.
  5. Memiliki nama lain, yaitu resensi.

4. Contoh teks ulasan

Teks Ulasan: Pengertian, Struktur, Ciri-ciri, hingga Contohnyailustrasi seseorang sedang menulis (Pexels.com/Judit Peter)

Identitas Karya
Judul Film: Jujutsu Kaisen 0

Penulis/Pencipta : Gege Akutami

Penerbit : MAPPA

Tahun Terbit : 2021


Orientasi
Jujutsu Kaisen 0 merupakan prekuel dari anime Jujutsu Kaisen. Berbeda dengan anime Jujutsu Kaisen, Jujutsu Kaisen 0 ini berfokus pada karakter protagonis yang bernama Yuta Okkotsu. Selain itu, terdapat karakter-karakter lain yang pernah muncul dalam anime Jujutsu Kaisen yaitu Maki, Inumaki, Panda, dan Gojo Satoru.


Sinopsis
Yuta merupakan anak SMA biasa yang sering menjadi korban perundungan. Namun, hal mengerikan sering terjadi kepada pelaku perundungan. Dahulu, Yuta memiliki teman masa kecil bernama Rika Orimoto. Namun, pada suatu hari Rika meninggal karena kecelakan tragis. Sejak saat itu, Yuta ditempeli roh kutukan perwujudan dari Rika. Rika tidak suka dengan orang yang merundung Yuta sehingga para pelaku perundungan sering berakhir tragis di tangan Rika. Yuta tidak bisa mengendalikan kekuatan besar dari kutukan tersebut sampai akhirnya ia bertemu dengan Gojo Satoru, penyihir Jujutsu sekaligus guru di sekolah Jujutsu. Yuta akhirnya masuk ke sekolah Jujutsu dan belajar mengontrol kekuatannya. 


Tafsiran
Jujutsu Kaisen 0 menyuguhkan visual yang memanjakan mata. Animasi yang sangat smooth membuat penonton terbawa suasana saat menontonnya. Alur cerita yang diberikan sangat sesuai dengan komik yang sebelumnya sudah terbit terlebih dahulu.


Evaluasi
MAPPA studio berhasil membawa ekspektasi pembaca manga Jujutsu Kaisen 0 menjadi kenyataan dengan suguhan visual animasi yang baik. Emosi yang diberikan dari film Jujutsu Kaisen 0 tersampaikan dengan baik kepada penonton. Penonton dibuat haru dengan adegan-adegan yang terdapat dalam film tersebut.


Meskipun terdapat beberapa celetukan garing yang dilontarkan karakternya, Jujutsu Kaisen 0 mampu membuat penonton tertawa dan puas terhadap plot yang disajikan. Selain itu, Jujutsu Kaisen 0 juga kurang menggambarkan tokoh guru, yaitu Gojo Satoru, dalam mengajarkan dunia Jujutsu kepada Yuta dan melindungi Yuta dari bahaya.

Itu tadi penjelasan mengenai teks ulasan, dari mulai pengertian, struktur, ciri-ciri, hingga contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, ya!

Baca Juga: Pidato Persuasif: Tujuan, Struktur, dan Contohnya

Topic:

  • Seo Intern IDN Times
  • Pinka Wima
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya