6 Aktivitas yang Bisa Dilakukan agar Optimal di Hari Ujian 

Penting untuk dilewatkan!

Tidak dapat dimungkiri bahwa menjelang momen ujian, kekhawatiran dan rasa gugup bisa saja muncul. Namun, kesiapan diri dan strategi dapat berpengaruh signifikan pada performa diri di hari ujian.

Penting untuk memastikan bahwa diri berada dalam kondisi optimal agar dapat menghadapi ujian dengan percaya diri. Apa sih aktivitas yang bisa dilakukan agar kondisi optimal di hari ujian? Cari tahu jawabannya lewat artikel berikut, yuk!

1. Tidur yang cukup Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup pada malam sebelum ujian. Kurang tidur dapat mempengaruhi daya konsentrasi dan kemampuan berpikir.

6 Aktivitas yang Bisa Dilakukan agar Optimal di Hari Ujian ilustrasi remaja tertidur di sofa (pexels.com/rdne)

Sulit untuk berkonsentrasi dan mengingat informasi saat diri merasa lelah. Pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup pada malam sebelum ujian, karena kurang tidur dapat mempengaruhi daya konsentrasi dan kemampuan berpikir.

Untuk memastikan tampil baik pada hari ujian, Dr Petra Skeffington, Associate Professor di Murdoch University dan psikolog klinis, dilansir Murdoch University, menyarankan untuk mendapatkan 8 hingga 10 jam tidur. Hindarilah begadang untuk mendapatkan stamina yang stabil.

"Jumlah tidur yang dibutuhkan mungkin berbeda dengan teman-teman yang lain. Namun, sebagian besar dari kita membutuhkan antara 8 hingga 10 jam tidur setiap malam. Jika seseorang mendapatkan jumlah tidur kurang dari ini, mungkin bisa berdampak pada kesehatan fisik dan emosional," kata Dr. Skeffington.

Untuk memastikan tidak terus terjaga memikirkan ujian besok, hindari menggunakan ponsel, laptop, atau tablet sekitar 30 menit sebelum tidur. Hal ini karena sebagian besar layar ini menggunakan cahaya biru, yang menekan sekresi melatonin, hormon yang membuat kita mengantuk.

2. Makan bergizi

6 Aktivitas yang Bisa Dilakukan agar Optimal di Hari Ujian ilustrasi anak membawa bekal ke sekolah (pexels.com/paveldanilyuk)

Makan bergizi termasuk kegiatan penting sebelum menghadapi ujian. Nutrisi yang baik dapat memiliki dampak positif pada konsentrasi, daya ingat, dan energi siswa selama ujian. Mengutip dari BBC, Dr. Alex Richardson, seorang peneliti dan pendidik, menuliskan, bahwa siswa yang sarapan memiliki performa lebih baik dalam ujian. 

Untuk mendapatkan sarapan terbaik, Dr. Alex menyarankan agar menyertakan karbohidrat yang dilepaskan secara perlahan di dalam sarapan. Karbohidrat semacam itu termasuk oatmeal utuh, roti gandum utuh, atau museli rendah gula. Kelebihan dari karbohidrat ini adalah kemampuannya untuk memberikan energi secara bertahap atau perlahan kepada tubuh.

"Makanan yang dikonsumsi memberi bahan bakar bagi otak, sehingga jika tidak mengonsumsi makanan seimbang, seseorang tidak dapat menghasilkan neurotransmitter yang diperlukan agar otak dan pikiran berfungsi dengan baik," kata Dr. Skeffington.

"Mengonsumsi makanan seimbang juga membantu dalam energi mental, regulasi emosi, konsentrasi, dan daya ingat. Menjelang ujian, pastikan untuk mengonsumsi banyak makanan segar dan menghindari makanan olahan 'junk'. Ini akan membantu belajar lebih lama, mengingat lebih banyak, berpikir dengan jelas, dan pada akhirnya tampil lebih baik pada hari ujian," lanjutnya.

3. Review catatan

6 Aktivitas yang Bisa Dilakukan agar Optimal di Hari Ujian ilustrasi wanita sedang menulis (pexels.com/georgemilton)

Kelly Roell, seorang dosen sekaligus penulis, dilansir Thoughtco, menyarankan, untuk mengulas kembali fakta-fakta atau kartu pengingat pada hari ujian. Tindakan ini dapat memberikan kesempatan untuk meninjau informasi dan memastikan untuk tidak melewatkan detail kecil yang mungkin muncul dalam ujian.

dm-player

Melihat kembali catatan, bahan bacaan, dan panduan belajar, seseorang dapat memperkuat pemahaman terhadap materi dan meningkatkan peluang sukse pada ujian tersebut. Mereview catatan juga merupakan kegiatan penting yang tidak boleh terlewatkan di hari ujian.

Baca Juga: 6 Cara Memperbaiki Nilai Ujian yang Buruk, Maksimalkan Belajarmu

4. Menenangkan diri

6 Aktivitas yang Bisa Dilakukan agar Optimal di Hari Ujian ilustrasi mahasiswa memakai earphone (pexels.com/charlottemay)

Merasa gugup atau cemas dapat berdampak negatif pada performa pada ujian. Kelly Roell menyarankan agar siswa mengambil langkah-langkah untuk mengatasi kecemasan ujian, termasuk mengambil napas tenang dan bersantai.

Kecemasan dapat mengganggu konsentrasi dan kinerja otak, sehingga sangat penting untuk mencoba meredakannya sebelum ujian. Adanya persiapan yang baik akan meningkatkan kepercayaan diri. Perlu diingat bahwa, meskipun saat ini mungkin terasa sangat sulit atau tertekan, ujian hanyalah sesaat dan tidak akan berlangsung lama. 

"Kunci untuk tetap tenang selama ujian adalah menjaga ketakutan atau kekhawatiran dalam batas-batas pemikiran yang lebih luas atau realistis," kata Cat Williams, seorang konselor, dilansir Cosmopolitan.

"Ambil napas perlahan dan dalam, dan bayangkan bahwa sedang menghirup udara hangat yang menenangkan, serta mengeluarkan keraguan diri," lanjut Williams.

5. Meregangkan otot

6 Aktivitas yang Bisa Dilakukan agar Optimal di Hari Ujian ilustrasi wanita berolahraga (pexels.com/jonathanborba)

Perlu untuk melakukan relaksasi otot sebagai bagian dari persiapan menghadapi suatu aktivitas atau situasi. Kelly Roell menyarankan untuk merenggangkan otot-otot secara fokus, dimulai dari tangan, kemudian ke otot betis, dan paha. Tindakan ini dianggap dapat membantu mengurangi kecemasan yang mungkin tersisa setelah melakukan aktivitas menenangkan sebelumnya.

Dr. Alex juga menjelaskan bahwa relaksasi otot tidak hanya akan berkontribusi pada kesehatan fisik, juga dapat membantu persiapan ujian dan mengurangi perasaan stres. Jadi untuk meminimalisir ketegangan saat menghadapi ujian, jangan lupa lakukan kegiatan yang satu ini!

6. Berbincang dengan teman

6 Aktivitas yang Bisa Dilakukan agar Optimal di Hari Ujian ilustrasi pelajar (pexels.com/charlottemay)

Kelly Roell juga memberikan saran untuk berbicara dengan teman-teman sekelas pada hari ujian. Penting untuk bertanya kepada mereka tentang hal-hal yang dianggap penting dalam panduan belajar, mungkin ada fakta atau informasi yang belum dipelajari. Ini bisa menjadi peluang untuk mendapatkan wawasan tambahan yang dapat membantu meningkatkan pemahaman.

Selain itu, lakukan perbincangan dengan teman-teman sekelas apakah ada bagian dari buku atau panduan belajar yang sulit bagi mereka. Jika kamu juga mengalami kesulitan dengan bagian tersebut, mungkin temanmu memiliki tips atau strategi yang dapat membantu memahami materi tersebut dengan lebih baik.
 
Penting untuk diingat bahwa aktivitas yang telah dilakukan untuk menjaga kondisi optimal akan memainkan peran kunci dalam kinerja. Memastikan fisik dan mental kamu dalam keadaan baik, ini telah memberikan diri bekal terbaik untuk menghadapi tantangan dalam ujian. Jadi, jangan ada satupun yang terlewatkan, ya!

Baca Juga: 5 Tips Latihan untuk Ujian Lisan, Lakukan Persiapan yang Matang!

Shasya Khairana Photo Verified Writer Shasya Khairana

S

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya