Comscore Tracker

7 Alasan Kuliah Bukan Satu-satunya Pilihan Setelah Lulus SMA

Kamu selalu punya pilihan lain

Kamu yang sekarang sudah lulus tapi bingung tentang apa yang harus kamu lakukan selanjutnya, tetaplah tenang. Kamu harus tahu dulu apakah kamu benar-benar ingin kuliah atau kamu ingin memenuhi permintaan orang lain saja. Kuliah itu tidak mudah, apalagi jika kamu menjalaninya dengan setengah hati. Jangan sampai salah memilih membuatmu menyesal di kemudian hari.

Kuliah bukan jadi pilihanmu satu-satunya, kok. Kamu masih punya banyak pilihan lain yang bisa kamu tempuh dan kamu jalani. Kamu juga tidak perlu memaksakan diri untuk mengikuti apa kata orang lain sedangkan kamu tidak menginginkannya. Berikut ini adalah 7 alasan kenapa kuliah bukanlah satu-satunya pilihanmu setelah lulus SMA.

1. Kamu bisa mengambil bidang yang sesuai dengan passion dan bakatmu.

7 Alasan Kuliah Bukan Satu-satunya Pilihan Setelah Lulus SMAtheballetclass.com

Kamu tidak harus kuliah untuk bisa ahli dalam bakat dan passionmu. Misalnya saja, kamu memiliki bakat menari balet, maka yang seharusnya kamu lakukan adalah pergi ke tempat khusus tari balet dan menjadi salah satu anggota di sana. Dibanding dengan kuliah yang kamu sendiri tidak tahu mau mengambil jurusan apa, langsung ke bidang yang kamu mau adalah hal terbaik.

2. Kamu bisa langsung mulai menjalankan usaha yang kamu impikan sejak dulu.

7 Alasan Kuliah Bukan Satu-satunya Pilihan Setelah Lulus SMAinvestopedia.com

Jika sejak dulu kamu berkeinginan untuk menjadi entrepreneur, maka kamu bisa langsung melakukannya tanpa kamu harus kuliah terlebih dahulu. Kamu bisa menghemat beberapa tahun usiamu dengan langsung terjun ke lapangan. Jika memang kamu berani mengambil keputusan besar ini, maka kamu pasti akan merasakan sendiri faedah yang kamu dapat karena keberanianmu.

3. Kalau kamu merasa kamu kurang mampu di bidang akademik, kuliah tentu bukan pilihan yang baik untuk kamu ambil.

7 Alasan Kuliah Bukan Satu-satunya Pilihan Setelah Lulus SMAcollegecures.com

Jika kamu merasa kamu memiliki keterbatasan dalam bidang akademik, maka sudah jelas kuliah bukan hal yang tepat untukmu. Kamu tentu tidak mau kan berhenti di tengah jalan dan membuat orangtuamu yang sudah mengeluarkan banyak uang untukmu kuliah menjadi kecewa. Jadi sebaiknya kamu tidak mengambil kuliah sebagai pilihanmu setelah lulus. Kamu bisa mendiskusikannya dengan orangtuamu.

4. Kamu bisa mengeksplorasi hal-hal yang ingin kamu pelajari secara langsung.

7 Alasan Kuliah Bukan Satu-satunya Pilihan Setelah Lulus SMAblog.fitnyc.edu

Entah itu fotografi ataupun musik, kamu bisa mengeksplornya secara langsung dan mengisi hari-harimu dengan memperlajari bidang-bidang tersebut. Jika kamu tetap memaksa kuliah karena kamu tertekan dengan anggapan orang lain yang menyuruhmu harus langsung kuliah, maka kamu akan kehilangan beberapa tahun untuk mengembangkan dirimu sendiri. Kamu tidak harus terpatok pada ijazah, kamu bisa lebih daripada itu.

Baca Juga: 7 Bukti Nyata Kadang Hidup Gak Semudah yang Kamu Bayangkan

5. Kamu bisa langsung bekerja.

7 Alasan Kuliah Bukan Satu-satunya Pilihan Setelah Lulus SMAdoisongphapluat.com

Jika kamu tidak memiliki keinginan sama sekali untuk kuliah maka tidak usah dipaksa, kamu bisa mencari pekerjaan yang kamu inginkan dan langsung bekerja. Kuliah itu juga butuh kesiapan, jika kamu merasa kamu bukan orang yang ingin belajar lagi, maka kamu tidak perlu bersedih dan menganggap dirimu bodoh, kamu bisa melakukan hal lain yang tidak kalah bergunanya.

6. Kamu bisa membantu orangtuamu.

7 Alasan Kuliah Bukan Satu-satunya Pilihan Setelah Lulus SMArampnow.com

Dengan apapun yang mereka lakukan, kamu bisa membantu mereka. Kamu mungkin belum ingin terlibat dengan peraturan ketat dan tanggung jawab, maka kamu bisa menunda kuliahmu setahun atau dua tahun sembari kamu membantu orangtuamu. Jika sampai waktu tersebut kamu belum menemukan keinginan untuk kuliah, maka kamu bisa melakukan apapun yang bisa membuatmu tetap beraktifitas positif dan membantu orangtuamu.

7. Kamu bisa mengikuti program pendidikan lain.

7 Alasan Kuliah Bukan Satu-satunya Pilihan Setelah Lulus SMAnavy.com

Misalnya saja kamu yang tertarik menjadi tentara, polisi atau pilot, kamu bisa langsung mengenyam pendidikan pada sekolah tersebut dibanding dengan perkuliahan biasa. Dengan langsung menjadi bagian dalam sekolah tersebut, kamu berkesempatan lebih besar untuk menjadi seperti yang kamu cita-citakan.

Jangan terpatok pada kamu harus kuliah setelah lulus SMA, faktanya kamu masih punya banyak pilihan lain selain kuliah yang bisa membuat harimu semakin baik dan bermakna. Kamu tidak perlu merasa kamu akan dicap bodoh karena tidak kuliah, tunjukan bahwa kamu bisa lebih kreatif dan sukses dengan caramu sendiri.

Baca Juga: 7 Pertanyaan Wajib Ditanyakan Sebelum Terima Tawaran Pekerjaan

Topic:

Berita Terkini Lainnya