Comscore Tracker

6 Beasiswa Luar Negeri Ini Masih Buka Pendaftaran di Tahun 2020, Lho

Buruan apply sebelum tutup!

Siapa, sih yang gak pingin melanjutkan pendidikannya di luar negeri? Sepertinya banyak pelajar Indonesia yang memiliki impian tersebut. Namun sayangnya, keinginan tersebut sering kali terhalang masalah biaya pendidikan. Apalagi memang dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk bisa melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Belum lagi biaya hidup selama merantau di negeri orang.

Gak heran kalau banyak organisasi dan institut pendidikan yang menawarkan sejumlah beasiswa. Untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut, kamu harus memenuhi sejumlah persyaratan yang diajukan. Belum lagi, harus bersaing dengan para pemburu beasisiwa lainnya. Walaupun begitu, gak ada salahnya untuk mencoba.

Nah, berikut ada enam beasiswa yang masih buka pendaftaran di tahun 2020. Kira-kira ada beasiswa apa saja, ya?

1. Beasiswa di University of Canterbury

6 Beasiswa Luar Negeri Ini Masih Buka Pendaftaran di Tahun 2020, Lho9scholarships.com

Saat ini, salah satu universitas bergengsi di Selandia Baru, yakni University of Canterbury sedang membuka beasiswa untuk jenjang S1. University of Cantenbury telah menyediakan sebanyak 25 beasiswa untuk diberikan kepada kandidat yang memenuhi persyaratan. Nilai beasiswa yang akan diberikan pun bervariasi.

Durasi pemberian beasiswa ini adalah selama satu tahun. Untuk bisa mendapatkan beasiswa satu ini, kamu tentunya harus memenuhi berbagai persyaratan. Seperti nilai IELTS minimal 6.0, ataupun memiliki transkrip nilai dari jenjang studi sebelumnya.

Sebelum mendaftar beasiswa S1 oleh University of Canterbury, peserta harus mendaftar pada program studi S1 yang dipilih. Pastikan kamu mendaftar sebelum 31 Maret 2020. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi halaman resmi University of Canterbury.

2. Beasiswa Australia Awards

6 Beasiswa Luar Negeri Ini Masih Buka Pendaftaran di Tahun 2020, Lhounsplash.com/Satria Perkasa

Setiap tahunnya, Pemerintah Australia secara rutin memberikan kesempatan bagi para pelajar internasional untuk melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di universitas-universitas terkemuka di Negeri Kanguru tersebut. Salah satunya adalah Beasiswa Australia Awards. Beasiswa satu ini memang paling banyak diminati oleh para pelajar internasional yang ingin melanjutkan pendidikan ke Australia.

Pendaftaran untuk Beasiswa Australia Awards dibuka sejak 1 Februari 2020 lalu dan akan ditutup pada tanggal 30 April 2020. Untuk mendaftar Beasiswa Australia Awards, kamu dapat mendaftarkan diri secara online pada linkk berikut: https://oasis.dfat.gov.au/.

Selain itu, kamu wajib banget baca informasi How to Apply dan Application User Guide pada link pendaftaran tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Lolos Beasiswa LPDP ala Tasya Kamila, Bisa Jadi Referensi!

3. Holland Scholarship

6 Beasiswa Luar Negeri Ini Masih Buka Pendaftaran di Tahun 2020, Lhounsplash.com/Lucas Law

Kalau kamu sedang mencari beasiswa ke Belanda, kali ini Kementerian Pendidikan, Budaya dan Ilmu Pengetahuan Belanda bekerjasama dengan universitas riset dan universitas ilmu terapan di Belanda membuka HollandScholarship. Beasiswa satu ini bisa diikuti oleh pelajar internasional yang berada di luar Area Ekonomi Eropa, termasuk Indonesia.

Holland Scholarship ini menawarkan beasiswa untuk jenjang pendidikan S1 dan S2. Bagi setiap penerimanya, akan diberikan bantuan dana senilai €5.000. Dana beasiswa tersebut hanya akan diberikan satu kali pada tahun pertama studi. Leiden University, Utrecht University, University of Groningen, University of Twente, Delft University of Technology, dan sebagainya ikut berpartisipasi dalam beasiswa satu ini.

Pendaftaran Holland Scholarship pada masing-masing universitas dan institusi riset berbeda-beda. Oleh karena itu, silakan kunjungi website masing-masing universitas. Adapun batas waktu pendaftaran beasiswa sampai dengan 1 Mei 2020.

4. Orange Tulip Scholarship

6 Beasiswa Luar Negeri Ini Masih Buka Pendaftaran di Tahun 2020, Lhoeurogates.nl

Gak hanya Holland Scholarship, ada juga beasiswa Orange Tulip yang juga bisa kamu ikuti jika ingin meneruskan pendidikan ke Belanda. Orang Tulip Scholarship merupakan kerja sama antara institusi pendidikan tinggi dan perusahaan Belanda bersama dengan Pemerintah Indonesia, di mana setiap tahunnya selalu membuka pendaftaran beasiswa. 

Dalam skema Beasiswa OTS 2020–2021 ini terdapat puluhan universitas Belanda yang ikut serta dan nantinya akan terus bertambah. Beasiswa ini tersedia untuk jenjang pendidikan S1 dan S2. 

Untuk mengetahui syarat dan ketentuan dari beasiswa OTS, kamu bisa mengunjungi web https://www.nesoindonesia.or.id/beasiswa/orange-tulip-scholarship

5. Korea AMA Scholarship

6 Beasiswa Luar Negeri Ini Masih Buka Pendaftaran di Tahun 2020, LhoUnsplash.com/Cole Keister

Bagi kamu yang sedang mencari beasiswa di bidang seni, kali ini Korea National University of Arts sedang membuka pendaftaran. Universitas seni terkemuka di Korea Selatan ini sedang menawarkan Program Art Major Asian (AMA) Scholarship bagi pelamar internasional, termasuk Indonesia.

Menariknya, Korea National University of Arts menawarkan beasiswa kuliah S1 atau S2 dengan beasiswa penuh. Selain itu, akan ada tunjangan bulanan senilai 800.000 won setiap bulan. Pastikan kamu mendaftar sebelum 31 Mei 2020.

Apabila ada informasi yang kurang jelas, kamu dapat mengunjungi sumber website resminya: http://eng.karts.ac.kr:8090

6. Macquarie University ASEAN Scholarship

6 Beasiswa Luar Negeri Ini Masih Buka Pendaftaran di Tahun 2020, Lhounsplash.com/Logan Liu

Satu lagi beasiswa asal Australia yang bisa kamu coba untuk daftar adalah dari Macquarie University. Salah satu universitas di Australia ini menawarkan beasiswa untuk melanjutkan studi Sarjana dan Pascasarjana. Program beasiswa ini ditawarkan bagi pelajar ASEAN yang akan memulai studi pada tahun 2020. Besarnya dana beasiswa yang diberikan sejumlah AUD $10.000  per tahun selama masa kuliah.

Para peserta harus mendaftar sebagai mahasiswa di Macquarie University dahulu. Jika memenuhi kriteria beasiswa, akan secara otomatis diberitahukan tentang kelayakan mereka melalui offer letter yang dikirimkan via email. Untuk info lebih lanjut kamu bisa mendaftar sebelum 9 Juni 2020 dan mengunjungi web resmi mereka.

Itulah tadi enam beasiswa luar negeri yang masih buka pendaftaran di tahun 2020 ini. Jadi, jangan sampai ketinggalan ya!

Baca Juga: Mau Beasiswa ke Luar Negeri? 7 Dokumen Ini Harus Disiapkan Sejak Dini

Suci Wu Photo Verified Writer Suci Wu

hi, Hello :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya