Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris itu gak sulit, kok #IDNTimesLife

Menguasai kemampuan berbahasa Inggris adalah hal yang wajib dilakukan. Apalagi kita hidup di zaman yang serba digital ini, kemampuan bahasa Inggris tentu akan memudahkanmu dalam mencapai puncak karier. Entah itu listening, writing, ataupun reading, ketiga hal tersebut sebenarnya gak susah untuk dipelajari.

Apakah kamu sudah menemukan apa metode yang paling efektif untuk belajar bahasa Inggris? Sebenarnya ada beberapa hal menyenangkan yang bisa dilakukan agar kemampuan bahasa Inggrismu meningkat. Untuk penjelasan lengkapnya, simak pembahasan ini, ya!

1. Kamu harus terbiasa menulis jurnal harian dengan bahasa Inggris secara rutin

5 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa InggrisIlustrasi menulis (pexels.com/vlada kaprovich)

Pertama, cobalah membiasakan diri untuk menulis apa pun yang kamu lakukan selama sehari. Menulis jurnal harian menggunakan bahasa Inggris pasti akan membantumu dalam membiasakan diri untuk memilih setiap kata dengan tepat. Tidak apa-apa jika di awal tulisanmu masih berantakan. Setelahnya, baca ulang dan gunakan aplikasi khusus grammar untuk mengetahui letak kesalahannya.

2. Kamu bisa menonton video atau film dengan subtitle bahasa Inggris

5 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa InggrisIlustrasi menonton film (pexels.com/andrea piacquadio)

Hampir semua orang pasti suka menonton video ataupun film. Entah itu di YouTube ataupun bioskop, semua film yang tersedia pasti menarik. Manfaatkanlah hal yang menyenangkan semacam itu untuk latihan bahasa Inggris. Jika biasanya kamu menggunakan subtitle bahasa Indonesia, cobalah untuk menggantinya ke bahasa Inggris.

Meskipun kelihatannya sangat susah, namun kebiasaanmu mengartikan setiap kata yang diucap di film akan membuatmu lambat laun menjadi jago bahasa Inggris. Gunakan earphone juga untuk melatih kemampuan listening-mu, ya!

Baca Juga: 10 Kosakata Bahasa Indonesia yang Mirip dengan Bahasa Spanyol

3. Mendengarkan podcast merupakan salah satu cara yang juga ampuh

5 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa InggrisIlustrasi mendengar podcast (pexels.com/andrea piacquadio)

Untuk meningkatkan kemampuan listening, kamu bisa banget mendengarkan podcast yang tersedia di berbagai platform. Entah Spotify ataupun YouTube, kamu bisa banget memilih salah satu podcast yang topiknya itu membuatmu tertarik.

Jika kamu suka cerita komedi, kamu bisa banget mencari podcast yang dapat membuatmu tertawa namun menggunakan bahasa Inggris. Intinya adalah kamu harus menyesuaikan metode dengan apa yang kamu suka.

4. Membiasakan diri untuk membaca berita berbahasa Inggris

5 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa InggrisIlustrasi membaca berita (pexels.com/matheus bertelli)

Mudahnya akses informasi harus dimanfaatkan dengan baik. Begitu pula jika ingin belajar bahasa Inggris, kamu bisa membiasakan diri untuk membaca berita-berita luar. Selain menambah kemampuan berbahasa Inggris, wawasanmu juga akan bertambah luas, lho. Jika kesusahan, kamu bisa menggunakan alat penerjemah untuk mengartikan kata-kata yang sukar dipahami.

5. Bergabunglah dengan komunitas bahasa Inggris di media sosial

5 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa InggrisIlustrasi bermain hp (pexels.com/andrea piacquadio)

Hal terakhir yang sangat efektif untuk belajar bahasa Inggris adalah dengan join komunitas. Dengan hadirnya teknologi, kamu gak perlu capek-capek untuk mencari komunitas secara langsung. Ada banyak platform yang diisi berbagai macam komunitas untuk belajar bahasa Inggris.

Telegram dan Discord merupakan beberapa contoh platform yang bisa membantumu untuk menemukan komunitas tersebut. Kamu hanya perlu menyiapkan kepercayaan diri dan koneksi internet yang stabil agar mudah mempelajari bahasa Inggris di sana.

Dari kelima hal di atas, manakah yang membuatmu tertarik? Intinya adalah kamu harus konsisten dalam mempelajarinya agar hasil bisa diraih secara maksimal. Praktikkan kelima hal di atas mulai dari sekarang, yuk!

Baca Juga: 10 Kosakata Bahasa Sunda yang Sangat Mirip dengan Bahasa Indonesia

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya