Comscore Tracker

5 Tips Mencegah Salah Pilih Jurusan Kuliah, Harus Dipertimbangkan!

Memilih jurusan kuliah tidak bisa sembarangan, ya

Perkuliahan menjadi momen yang tak terlupakan bagi kebanyakan mahasiswa. Bukan hanya karena pertemanannya yang kuat, namun juga berbagai pengalaman dan kisah yang dimiliki.

Sayangnya terkadang ada saja permasalahan yang kerap terjadi di perkuliahan. Salah satunya mengenai salah jurusan yang tentu sangat mengganggu proses akademik. Untuk mencegah adanya kesalahan dalam memilih jurusan, maka kamu dapat menyiasatinya dengan beberapa tips yang berikut ini.

1. Mengenal minat pribadi terlebih dahulu

5 Tips Mencegah Salah Pilih Jurusan Kuliah, Harus Dipertimbangkan!ilustrasi ujian kuliah (pexels.com/@mary-taylor)

Pertimbangan pertama yang harus kamu ketahui adalah mengenai minat pribadi. Semua orang biasanya memiliki minat tersendiri dalam urusan perkuliahan, termasuk bidang studi yang akan dipilih.

Melalui pemilihan minat tersebut, maka kamu dapat menentukan jurusan apa yang sekiranya cocok denganmu. Dengan demikian kamu jadi tak perlu khawatir lagi akan salah dalam memilih jurusan kuliah.

2. Tidak ikut-ikutan teman

5 Tips Mencegah Salah Pilih Jurusan Kuliah, Harus Dipertimbangkan!ilustrasi teman kuliah (pexels.com/@ivan-samkov)

Salah satu kesalahan yang sepele, namun fatal adalah pada saat memilih jurusan karena ikut-ikutan teman. Hal ini tentunya sangat buruk, sebab kamu bahkan jadi tak dapat mengenal minat bakatmu dengan baik.

Kamu mungkin saja memiliki minat berbeda dengan temanmu, sehingga tak akan cocok saat menjalani jurusan tersebut. Bukannya merasa mudah karena adanya teman, namun kamu justru jadi merasa kesulitan dalam menjalani proses perkuliahan.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini saat Merasa Salah Jurusan Kuliah, Jangan Putus Asa

3. Membuat daftar jurusan yang diminati

5 Tips Mencegah Salah Pilih Jurusan Kuliah, Harus Dipertimbangkan!ilustrasi membuat jadwal (pexels.com/@karolina-grabowska)

Memilih jurusan bukanlah hal sederhana yang dapat kamu lakukan dengan sepele. Nyatanya kamu memerlukan pertimbangan matang, termasuk diskusi khusus dengan orangtua mengenai hal yang satu ini.

Cara efektifnya adalah dengan membuat daftar jurusan yang memang diminati. Namun, pastikan kamu telah mempertimbangkan segala sesuatunya dengan matang. Melalui daftar pilihan tersebut, kamu jadi dapat menentukan jurusan yang akan dipilih tanpa khawatir salah.

4. Tidak memaksakan diri

5 Tips Mencegah Salah Pilih Jurusan Kuliah, Harus Dipertimbangkan!ilustrasi lelah belajar (pexels.com/@pixabay)

Setiap jurusan di perkuliahan tentunya memiliki bobot yang berbeda-beda. Meski begitu, tentu tidak ada bidang ilmu yang benar-benar mudah, sebab semuanya memiliki tantangan tersendiri.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan tidak memaksakan diri. Jika kamu memaksakan diri untuk memilih satu jurusan hanya karena gengsi, maka kamu hanya akan kesulitan dalam menjalaninya.

5. Banyak berdiskusi dengan orang lain yang lebih berpengalaman

5 Tips Mencegah Salah Pilih Jurusan Kuliah, Harus Dipertimbangkan!ilustrasi teman-teman (pexels.com/@mart-production)

Terkadang kamu mungkin kerap mengalami kebingungan dalam menentukan jurusan. Jika memang seperti itu, tak ada salahnya untuk meminta bantuan orang yang lebih berpengalaman, seperti kakak kelas atau pun saudara yang sudah berkuliah.

Dengan berbagai pendapat dan pengalaman tersebut, maka kamu dapat memperoleh informasi yang cukup. Hasilnya tentu kamu jadi dapat memilih jurusan tanpa khawatir sampai salah.

Salah dalam jurusan perkuliahan memang memberikan kesulitan tersendiri. Oleh sebab itu, kamu dapat berusaha untuk mempertimbangkannya terlebih dahulu. Jangan sembarangan memilih, ya!

Baca Juga: Sering Terjadi, 5 Penyebab Mahasiswa Merasa Salah Jurusan

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya