Comscore Tracker

Bedah FK UGM, Kampus Rayhan Maditra Suami Isyana Sarasvati

Baru berganti nama menjadi FKKMK dua tahun lalu

Belakangan ini nama Rayhan Maditra Indrayanto menjadi bahan pembicaraan publik setelah kabar pertunangannya dengan Isyana Sarasvati pada tanggal 29 Desember 2019 lalu. Tiga tahun lalu, Rayhan baru saja mendapat gelar Doctor of Medicine (MD) dari Fakultas Kedokteran (FK) UGM. Berikut ini IDN Times kurasi enam fakta tentang FK UGM yang dilansir dari situs resminya, khusus buat kamu!

1. Fakultas kedokteran tertua di Indonesia

Bedah FK UGM, Kampus Rayhan Maditra Suami Isyana Sarasvatiugm.ac.id

Sejarah mengatakan bahwa pada zaman penjajahan Belanda ada dua sekolah kedokteran di Indonesia yaitu Geneeskundige Hoge School (GHS) yang bertempat di Jakarta dan Netherlands Indische Arsten School (NIAS) di Surabaya.

Saat masa pendudukan Jepang (1943-1945) kedua sekolah tersebut mengalami perubahan. GHS diubah menjadi Djakarta Ika Daigaku, sedangkan NIAS telah ditutup. Setelah Kementerian Kesehatan mengambil alih sekolah tersebut, pemerintah memutuskan untuk memindahkannya ke daerah Yogyakarta. 

Fakultas ini pun akhirnya didirikan pada tanggal 5 Maret 1946. Sejak saat itulah, tonggak pendidikan kedokteran dimulai di Yogyakarta dengan pimpinan Prof. Dr. Sardjito sebagai dekan pertama.

2. Punya 32 departemen

Bedah FK UGM, Kampus Rayhan Maditra Suami Isyana Sarasvatiyoutube.com/Official Fakultas Kedokteran UGM

Terdapat 4 program yang ada di dalam FK UGM, antara lain adalah undergraduate program (program sarjana), graduate program (program pascasarjana), specialist, dan combined degree program. Dalam 4 program tersebut, setiap tahunnya ada 500 mahasiswa di program sarjana, 600 mahasiswa pascasarjana (150 mahasiswa residen, 400 mahasiswa master, dan 50 mahasiswa program doktor).

Selain itu, FK UGM ternyata punya banyak banget departemen di dalamnya yaitu sebanyak 32 departemen! Beberapa di antaranya adalah Departemen Anatomi, Departemen Fisiologi, Departemen Gizi Kesehatan, Departemen Kedokteran Forensik dan Medikolegal, Departemen Ilmu Kedokteran Jiwa, dan sebagainya.

3. Baru berganti nama menjadi Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan

Bedah FK UGM, Kampus Rayhan Maditra Suami Isyana Sarasvatibem.fk.ugm.ac.id

Berdasarkan hasil sidang pleno pada Oktober 2017 juga persetujuan hukum dari Peraturan Majelis Wali Amanat (MWA) UGM No. 3 Tahun 2017, Fakultas Kedokteran UGM (FK UGM) resmi berganti nama menjadi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK UGM).

Dikutip dari rilis di situs resmi UGM, dekan FKKMK UGM mengatakan bahwa perubahan nama tersebut dilatarbelakangi oleh perkembangan ilmu pengetahuan, mengakomodasi seluruh kegiatan akademi di dalam fakultas, serta menjadi cerminan dari multi disiplin dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Baca Juga: Bisa Nikah di Kampus! 5 Fakta Nanyang Technological University (NTU)

4. Sudah punya akreditasi baik di tingkat nasional dan internasional

Bedah FK UGM, Kampus Rayhan Maditra Suami Isyana Sarasvatiugm.ac.id

Tahun ini, UGM meraih peringkat kedua dalam ranking Universitas berdasarkan data Webometrics. Fakultas Kedokterannya sendiri sudah mengantongi beberapa akreditasi nasional seperti BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) dan LAM PT-KES (Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia).

Pada level internasional sendiri, ada 3 akreditasi yang diraih yaitu dari Troped, Asean University Network Quality Assurance (AUN-QA), dan Phillipines Accrediting Association of Schools, Colleges, and Universities (PAASCU).

5. Fasilitas

Bedah FK UGM, Kampus Rayhan Maditra Suami Isyana Sarasvatiugm.ac.id

Terdapat beberapa fasilitas di FK UGM yang bisa dinikmati oleh para mahasiswa yang berkuliah di sini. Di antaranya adalah taman dan ruang terbuka, perpustakaan, dan dua laboratorium. Laboratium itu dibedakan berdasarkan fungsinya yaitu Integrated Research Laboratory dan Skills Medical Laboratory.

6. Punya sejumlah alumni ternama

Bedah FK UGM, Kampus Rayhan Maditra Suami Isyana Sarasvatilinkedin.com/rayhan-maditra-indrayanto ; instagram.com/videoisyana

Sebagai pelopor di bidang akademik kesehatan di Indonesia, FK UGM punya daftar alumni yang menjadi tokoh ternama. Seperti Teuku Jacob yang pernah menjabat sebagai rektor UGM periode 1981-1986 dan menjadi Bapak Paleoantropologi Indonesia, Almarhum dr. Ryan Thamrin yang pernah menjadi Presenter dari program televisi dr. Oz, juga Terawan Agung Putranto yang saat ini menjabat menjadi Menteri Kesehatan.

Rayhan Maditra sendiri telah lulus dari fakultas tersebut pada Februari 2016 lalu. Ia punya pengalaman magang di bidang Departemen Medik Ilmu Kesehatan Jiwa Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM). Selain kuliah, ia juga aktif dalam kegiatan mahasiswa seperti di Center for Indonesian Medical Students Activities (CIMSA).

Itu dia enam fakta dari Fakultas Kedokteran UGM. Semoga informasi ini berguna bagi kamu yang tertarik untuk belajar di fakultas ini ya!

Baca Juga: 6 Fakta Le Cordon Bleu Paris, Almamater Chef Renatta MasterChef

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya