Comscore Tracker

5 Idiom Inggris yang Berkaitan dengan Musik, Tahu Arti For a Song? 

Artinya berbeda jauh dari musik, loh 

Musik itu bisa mewakili mood bagi siapapun yang mendengarkannya. Entah itu saat kondisi hati sedang baik atau sedih. Banyak orang memilih musik guna meningkatkan semangat atau sekedar penghibur dikala gundah. Gak heran nih jika mendengarkan musik sering dijadikan kegiatan favorit bagi tiap orang.

Selain jadi kegiatan asyik musik rupanya tersemat dalam idiom, loh. Melansir dari laman Dictionary Cambridge, ada beberapa idiom Inggris yang berkaitan dengan kata "musik", nih. Lalu apa artinya juga berkaitan tentang musik? Yuk, langsung saja pelajari bersama!

1. Blow your own trumpet/horn

5 Idiom Inggris yang Berkaitan dengan Musik, Tahu Arti For a Song? ilustrasi dua orang wanita mengobrol (pexels.com/Anastasiya Gepp)

Pertama ada idiom "Blow your own trumpet/horn" yang digunakan seseorang untuk memberi tahu orang lain dengan bangga tentang hasil pencapaian. Idiom ini bisa di gunakan saat seseorang mendapatkan atau meraih sesuatu hal yang memuaskan dan ingin memberi kabar tersebut pada orang lain.

Bisa juga dipakai untuk membanggakan diri tentang kemampuan, keterampilan, kesuksesan, prestasi, dan lainnya. 

Contohnya: I don't mean to blow my own trumpet, but this cake so yummy!

2. Change your tune

5 Idiom Inggris yang Berkaitan dengan Musik, Tahu Arti For a Song? ilustrasi dua orang berbicara satu sama lain (pexels.com/fauxels)

Kedua ada "Change your tune" idiom yang digunakan untuk mengubah pendapat seseorang sepenuhnya, terutama karena orang tersebut tahu jika pendapat tersebut akan memberi banyak keuntungan untuknya. Idiom ini dapat dipakai ketika seseorang ingin mengubah sikap, pendapat, atau pandangan seseorang terhadap sesuatu, biasanya dalam hal yang lebih positif atau menyenangkan.

Mereka mengungkapkan pendapat yang berbeda tentang sesuatu dari yang telah mereka ungkapkan sebelumnya.

Contohnya: Rafi used to say that the teacher worry too much about their student, but he soon changed his tune when he became a teacher himself!

Baca Juga: 10 Idiom Inggris yang Berkaitan dengan Kata 'Pakaian'

3. For a song

5 Idiom Inggris yang Berkaitan dengan Musik, Tahu Arti For a Song? ilustrasi big sale atau diskon (pexels.com/Fischer)

Arti idiom ini sangat berbeda jauh dan gak ada kaitannya dengan musik. Idiom ini memiliki arti, "sangat murah". Menggambarkan harga yang sangat rendah dan cukup mengejutkan.

Harga murah yang dimaksud yakni mendapat suatu barang dengan mengeluarkan uang yang sedikit. Jadi, bisa banget digunakan saat melakukan transaksi jual beli, nih.

Berikut contohnya: She was wearing a beautiful dress which she'd picked up for a song at Night Market.

4. Music to your ears

5 Idiom Inggris yang Berkaitan dengan Musik, Tahu Arti For a Song? ilustrasi seorang wanita berbicara dengan teman (pexels.com/George Pak)

Keempat ada "Music to your ears", arti idiom satu ini adalah sesuatu yang membuat kamu senang ketika mendengarnya. Maksud idiom ini yakni, sesuatu hal yang bagus didengar, seperti kabar baik tentang seseorang. Hal tersebut membuatmu sangat senang mendengarnya.

Contohnya: When i heard that my cousin will get married, it is music to my ears.

5. Play second fiddle

5 Idiom Inggris yang Berkaitan dengan Musik, Tahu Arti For a Song? ilustrasi dua orang berbicara satu sama lain (pexels.com/cottonbro)

Terakhir ada "Play second fiddle", yang berarti menjadi kurang penting atau berada dalam posisi yang lebih lemah dari orang lain.

Idiom ini bisa digunakan ketika seseorang tersebut memiliki peran atau berada pada posisi lebih rendah, kecil, atau di bawah.

Contoh: Because I wasn't willing to play with them, I never got the big promotion and have been playing the second fiddle in the team.

Itulah lima idiom yang berkaitan dengan kata "musik" meskipun gak ada kaitannya sama sekali dengan bidang musik. Setelah tahu, sekarang kamu bisa menggunakan idiom ini pas lagi mengobrol sama teman, nih.

Baca Juga: 14 Idiom Ini Bisa Bikin Bahasa Inggrismu Terasa Makin Keren 

St Martynaa Photo Verified Writer St Martynaa

Suka membaca, menulis, merangkai kalimat sambil menikmati secangkir coklat hangat! Follow me @ryetinakiee

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya