Comscore Tracker

IWF 2020: 7 Tips Menulis Artikel SEO Friendly, Gak Susah Kok!

#IWF2020 Kamu juga pasti bisa

Dalam dunia media online SEO menjadi salah satu hal paling penting untuk dipelajari SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah upaya atau tindakan yang bertujuan agar sebuah konten dalam suatu website bisa muncul dalam urutan teratas mesin pencarian google, sehingga bisa meningkatkan jumlah traffic secara organik. Ternyata ada lho beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menulis artikel yang SEO friendly sehingga mampu memaksimalkan usaha optimasi website dan konten kamu. Yuk simak apa aja tips nya.

1. Perhatikan kualitas konten tulisan kamu

IWF 2020: 7 Tips Menulis Artikel SEO Friendly, Gak Susah Kok!Dok. Pribadi/Vini Krisdiani

Hal pertama dan yang paling penting untuk jadi perhatian kamu adalah pastikan konten tulisan yang kamu buat berkualitas dan memenuhi standar penulisan artikel yang baik. Gunakanlah tata bahasa dan ejaan yang benar, jangan sampai ada typo atau kesalahan penulisan. Dan yang terpenting artikel kamu haruslah informatif dan mampu memberikan wawasan baru bagi pembaca. Pilih tema atau topik bahasan yang memiliki sasaran pembaca yang luas dan yang tak kalah penting hindari menulis informasi hoax, pastikan kamu sudah memiliki cukup referensi saat menulis artikel kamu.

2. Buat artikel dengan lebih dari 500 kata 

IWF 2020: 7 Tips Menulis Artikel SEO Friendly, Gak Susah Kok!duniadosen.com

Untuk menulis artikel yang SEO friendly kamu harus membuat tulisan dengan lebih dari 500 kata. Dengan menulis artikel lebih dari 500 kata kamu akan punya cukup ruang untuk memberikan informasi yang lengkap, jelas dan menyeluruh mengenai topic yang sedang kamu bahas. Jangan memberikan informasi mengantung dan tidak jelas yang tentunya akan membuat pembaca menjadi kecewa.

3. Gunakan judul yang klik worthy 

IWF 2020: 7 Tips Menulis Artikel SEO Friendly, Gak Susah Kok!google.com

Hal pertama yang akan dilihat pembaca dari tulisan kamu adalah judul, jadi pastikan kamu memilih judul yang klik worthy yaitu judul yang menarik perhatian pembaca dan memberikan gambaran tentang isi artikel kamu secara keseluruhan. Jangan gunakan judul klik bait yang bias membuat pembaca merasa tertipu saat membaca isi artikel kamu yang tidak sesuai dengan judulnya karena terkesan dilebih-lebihkan. Usahakan juga untuk membuat judul yang tidak terlalu panjang agar dapat muncul secara utuh pada meta title.

Baca Juga: IWF 2020: Bedah Buku dan Belajar Nulis Novel bareng Storial.co

4. Jangan asal dalam penamaan gambar 

IWF 2020: 7 Tips Menulis Artikel SEO Friendly, Gak Susah Kok!Dok. Pribadi/Vini Krisdiani

Nah tips yang belum banyak orang tahu adalah saat kamu hendak memasukan gambar di dalam artikel yang kamu tulis, pastikan kamu sudah mengubah nama dari gambar tersebut sebelumnya di computer kamu dengan format “keyword+sumber gambar”. Walaupun sederhana hal ini bias jadi tips cukup ampuh lo supaya tulisan kamu bisa ada di urutan atas mesin pencarian google.

5. Gunakan long tail keyword dan perhatikan keyword density nya 

IWF 2020: 7 Tips Menulis Artikel SEO Friendly, Gak Susah Kok!eadesign.art.br

Keyword atau kata kunci adalah salah satu hal paling penting dalam penulisan artikel SEO, Gunakanlah kata kunci yang panjang minimal tiga kata dalam artikel kamu misalnya “cara menulis artikel SEO”  dan untuk hasil maksimal tempatkan  keyword pada judul, sub judul, paragraf pertama dan paragraf terakhir.

Namun harus di perhatikan juga keyword density dalam artikel kamu, keyword density adalah presentase banyaknya kamu menulis keyword dalam keseluruhan tulisan kamu. Keyword density yang ideal untuk artikel SEO adalah 2% - 4% saja. Untuk menghitung keyword density kamu bias buka website wordcounter.net.

6. Tautkan link artikel lain dalam tulisan kamu 

IWF 2020: 7 Tips Menulis Artikel SEO Friendly, Gak Susah Kok!volusion.com

Saat kamu menulis artikel tentang suatu tema, usahakan untuk menautkan link artikel lain dengan tema yang berkorelasi dengan artikel kamu. Pembaca akan cenderung tertarik dengan artikel lain yang memiliki tema yang sama dengan artikel yang sedang mereka baca, jangan sampai kamu melewatkan kesempatan itu ya.

7. Pastikan kamu konsisten dalam mengunggah artikel

IWF 2020: 7 Tips Menulis Artikel SEO Friendly, Gak Susah Kok!thebalancecareers.com

Konsistensi kamu dalam mengunggah konten atau tulisan di website dapat menjadi nilai tambah untuk meningkatkan optimasi SEO untuk website kamu. Selain mengenai waktu, konsisten dalam mempertahankan kualitas artikel juga sangat penting untuk di perhatikan. Pastikan untuk selalu berusaha menyuguhkan informasi yang fresh namun tetap terpercaya dan dapat di pertanggung jawabkan.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menulis arikel yang SEO friendly, dengan terus berlatih kita pasti bisa untuk terus menciptakan tulisan dengan kualitas yang baik dan tentunya di senangi pembaca. Semoga berhasil!

Baca Juga: IWF 2020: Ini 5 Harapan Difabel Netra agar Bisa Menikmati Karya Sastra

Vini Krisdiani Photo Verified Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya