Comscore Tracker

Sering Diremehkan, Ini 5 Manfaat Belajar Sejarah!

Masih suka males belajar sejarah?

Bagi sebagian orang, materi sejarah di sekolah merupakan sesuatu yang sangat hambar. belum lagi jika diceritakan hingga beberapa jam oleh guru yang ada di kelas, pasti kebawa ngantuk deh.

Namun bagi orang orang yang paham betul soal sejarah atau seseorang yang sangat minat dengan sejarah pasti selalu excited dengan setiap materi yang diberikan oleh guru di sekolah.

Tapi tahukah kamu, sejarah bukan cuma pelajaran formalitas belaka, banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari pelajaran ini. Berikut ini adalah 5 hal yang membuat pelajaran sejarah sangat penting.

1. Membuka pandangan kita lebih luas terhadap dunia

Sering Diremehkan, Ini 5 Manfaat Belajar Sejarah!Pexels.com/Shaan Johari

Sejarah memberikan kita pemahaman yang lebih luas terhadap dunia luar. Dengan mempelajari dan memahami konsep sejarah, kita bisa melihat suatu peristiwa dengan berbagai sudut pandang, tentang bagaimana peristiwa itu bisa terjadi, dan apakah dampak dari peristiwa itu. Sehingga kita dapat memahami secara rinci suatu peristiwa yang terjadi di sekeliling kita.

Tak hanya itu, dari Sejarah, kita juga bisa belajar seluk beluk dari suatu objek bisa berupa banda atau makhluk hidup, kita tak hanya memandang suatu benda dari "Bagaimana benda itu berfngsi" namun kita juga harus mengerti "Bagaimana benda itu diciptakan".

2. Melatih diri menjadi lebih kritis terhadap sesuatu

Sering Diremehkan, Ini 5 Manfaat Belajar Sejarah!Pexels.com/Kaboompics.com

Sejarah juga mampu meningkatkan daya jelajah otak yang lebih luas. Bagi sebagian orang, sejarah merupakan pelajaran yang sangat menarik untuk dibahas, karena ada beberapa kasus dalam sejarah yang belum dapat dipastikan kebenarannya, contohnya ''Apakah Dinosaurus pernah ada?" atau "Siapa yang membangun Piramida Mesir?".

Contoh pertanyaan tersebut masih sangat hangat untuk dibahas dan dipertanyakan kebenarannya, mengingat banyak hal dalam sejarah yang masih unik untuk ditelusuri lebih lanjut. Hal ini memicu kita untuk lebih mencari tau lebih dalam hingga rasa penasaran itu tersalurkan oleh jawaban yang valid.

3. Sejarah sebagai sumber inspirasi

Sering Diremehkan, Ini 5 Manfaat Belajar Sejarah!Pexels.com/Pixabay

Kita paham betul, banyak peristiwa-peristiwa simbolik dalam sejarah yang mengubah pandangan tentang masa depan, peristiwa tersebut mengandung memori tersendiri bagi semua orang yang terlibat di dalamnya, mungkin akan diceritakan kembali secara turun temurun, dan tidak akan pernah pupus, karena sejarah itu tak pernah basi untuk menjadi topik pembicaraan dan akan tetap abadi.

Akibat hal itu banyak suatu karya atau ide yang terinspirasi dari kejadian atau peristiwa dalam sejarah, contohnya dibuatnya ukiran dinding yang menggambarkan masa masa kejayaan suatu bangsa atau kerajaan, nama jalanan yang terinspirasi dari nama tokoh, hingga dibuatnya museum dan monumen untuk mengabadikan peristiwa peristiwa penting dalam sejarah.

Baca Juga: 6 Raja Hoaks Paling Hebat dalam Sejarah, Mysterio di Dunia Nyata!

4. Jadi lebih menghargai masa lalu

Sering Diremehkan, Ini 5 Manfaat Belajar Sejarah!Pexels.com/Kaboompics.com

Dalam sejarah kita diperlihatkan bahwa semua kejadian bisa mengubah persepsi orang mengenai masa depan yang sebagaimana mestinya. Karena setiap kejadian yang terjadi pada masa lampau merupakan titik dimana masa depan akan dimulai.

Melihat hal itu, Sejarah dapat dikatakan sesuatu yang sangat berharga, karena dari sana lah kita mampu untuk memperbaiki masa depan agar masa depan yang kita lewati nanti akan jauh lebih baik, dan berusaha sebaik mungkin agar kesalahan di masa lampau tak dapat terulang.

5. Tak cuma mendapatkan materi semata

Sering Diremehkan, Ini 5 Manfaat Belajar Sejarah!Pixels.com/Pixabay

Tak bisa dipungkiri, pelajaran sejarah di sekolah tak hanya sebagai materi biasa yang memberikan kita konsumsi pada otak, namun sejarah mampu dijadikan sebagai sarana rekreasi yang pas dalam bidang akademis. Bagaimana tidak? Ketika seorang guru menyampaikan atau menceritakan suatu kisah sejarah, automatis kita akan diajak untuk berfantasi dan masuk ke dalam ruang di masa lampau.

Otak kita akan secara automatis menggambarkan peristiwa yang diceritakan oleh sang guru, dan kita sebagai orang yang mengamati jalannya peristiwa tersebut. Hal tersebut tak akan kita dapatkan di pelajaran akademis lain seperti matematika, fisika, hingga kimia yang notabenenya merupakan pelajaran yang memungkinkan kita harus mengoptimalkan logika yang kita miliki.

Baca Juga: 5 Cara Belajar yang Salah Ini Bisa Bikin Kamu Gagal dalam Ujian

Wibi Adi Photo Writer Wibi Adi

Seorang Penulis Pemula

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya