Comscore Tracker

8 Tips Menata Ruang Belajar Ala Tutor di KDrama SKY Castle

Katanya sih bikin belajar lebih fokus dan efektif...

Kamu mengikuti drama korea SKY Castle? Drama yang bercerita tentang kelompok keluarga elit yang saling bersaing. Mereka bersaing untuk menunjukkan kehebatan anak dan berlomba untuk memasukkan anak mereka ke fakultas kedokteran Universitas Seoul. Menyewa tutor yang biayanya selangit pun tak masalah.

Nah, di episode 2 sang tutor memberikan tips untuk mengatur ruang belajar agar mendukung suasana belajar. Berikut 8 tipsnya.

1. Pengaturan meja belajar

8 Tips Menata Ruang Belajar Ala Tutor di KDrama SKY CastleShutterstock/ Song_about_summer

Menurut sang tutor meja belajar sebaiknya diatur agar posisi duduk anak menghadap ke pintu. Posisi duduk yang membelakangi pintu bisa membuat gugup dan tidak konsentrasi. Selain itu meja dihadapkan ke utara agar tidak terlalu banyak cahaya matahari yang masuk.

2. Lampu belajar

8 Tips Menata Ruang Belajar Ala Tutor di KDrama SKY CastleUnsplash/Steve Houston

Pasang lampu belajar yang bisa diatur intensitas cahayanya. Saat belajar matematika dan sains memakai lampu dengan cahaya biru sekitar 8000 kelvin. Saat menghafal dengan cahaya putih 4000 Kelvin, dan untuk pelajaran musik dan seni dengan cahaya merah sekitar 2200 Kelvin. Hal itu bisa meningkatkan konsentrasi belajar.

3. Ruang belajar khusus

8 Tips Menata Ruang Belajar Ala Tutor di KDrama SKY Castlesoompi.com

Di ruang belajar anak dalam drama tersebut terdapat satu ruangan kecil yang berbentuk seperti lemari dan hanya berisi meja dan kursi belajar. Ruang itu digunakannya saat tidak konsentrasi belajar di luar.

Baca Juga: 6 Tips Belajar dari KDrama SKY Castle yang Bisa Kamu Terapkan

4. Menempatkan meja sekolah

8 Tips Menata Ruang Belajar Ala Tutor di KDrama SKY Castlenaver.com

Dalam drama SKY Caslte, sang tutor meminta ibunya untuk menempatkan meja sekolah di ruang belajar khususnya. Hal itu bermaksud agar saat sang anak belajar bisa merasakan situasi yang sama seperti saat ujian.

5. Memasang pengatur waktu

8 Tips Menata Ruang Belajar Ala Tutor di KDrama SKY CastleUnsplash.com/Kaylah Otto

Sang tutor juga meminta untuk memasang pengatur waktu atau timer di dinding yang mudah terlihat. Hal itu supaya anak bisa tahu berapa waktu yang dia perlukan untuk mengerjakan soal. Sehingga dia bisa memperkirakan cukup atau tidak waktunya untuk mengerjakan ujiannya.

6. Bahan meja belajar

8 Tips Menata Ruang Belajar Ala Tutor di KDrama SKY CastlePexels/TirachardKumtanom

Sebaiknya meja belajar tidak beralas kaca. Karena jika kacanya dingin maka suhu tubuh juga akan menurun akibatnya tubuh mengeluarkan banyak energi untuk meningkatkan suhu tubuh.

7. Lukisan

8 Tips Menata Ruang Belajar Ala Tutor di KDrama SKY CastleShutterstock/GaudiLab

Jangan banyak menggantung gambar dan lukisan di dinding. Cukup memasang lukisan mondrian. Menurut sang tutor lukisan tersebut bisa meningkatkan konsentrasi.

8. Suhu ruangan

8 Tips Menata Ruang Belajar Ala Tutor di KDrama SKY Castlesp.depositphotos.com

Pertahankan suhu ruangan pada 20-23 derajat celcius agar tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas.

Wah, detail sekali ya. Jadi apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Apakah benar membuat belajar semakin efektif dan kondusif atau semakin membuat tertekan? Silakan buktikan sendiri ya!

Baca Juga: 5 Tipe Orang Ketika Sedang Belajar, Kamu yang Mana Nih?

Wiwit Widiastuti Photo Verified Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Alumni FK Unpad, suka membaca dan menulis. Terima Kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya