Comscore Tracker

Jangan Lakukan Hal Ini Jika Sedang Presentasi!

Hal ini menunjukkan kamu tidak siap

Presentasi merupakan suatu hal yang penting dalam dunia sekolah, kuliah, bahkan kerja. Tujuan dari presentasi adalah menyampaikan sebuah informasi kepada orang banyak. Presentasi pun menjadi ajang bagi kamu untuk memperkenalkan bagaimana dirimu dalam berkomunikasi. Saat presentasi, jangan sampai kamu melakukan hal-hal berikut ya kalau tidak ingin mendapat penilaian kurang baik!

1. Datang terlambat

Jangan Lakukan Hal Ini Jika Sedang Presentasi!belapendidikan.com

Jika datang saja sudah terlambat, bagaimana orang lain dapat percaya dengan konten presentasimu? Pastikan kamu selalu tepat waktu jika akan melakukan presentasi. Tepat waktu dapat mencerminkan bahwa kamu merupakan orang yang dapat mengatur waktu dengan baik. Saat kamu datang lebih awal, kamu memiliki waktu lebih untuk mempersiapkan bahan presentasi, hal itu menandakan bahwa kamu siap.

2. Terlalu sering melihat power point

Jangan Lakukan Hal Ini Jika Sedang Presentasi!hubspot.com

Saat akan presentasi, pastikan bahwa kamu sudah menguasai materi. Jangan sampai saat presentasi, kamu hanya fokus pada isi power point sehingga membuat kamu sulit untuk mengembangkan isi presentasi. Melihat power point terus-menerus pun akan mengganggu konsentrasi orang yang menyaksikan presentasimu dan terlihat bahwa kamu tidak siap. Namun, tidak masalah jika kamu ingin melihat ke arah power point untuk memastikan apa yang akan kamu sampaikan di tiap bagian presentasi. Asalkan jangan terlalu sering, ya! 

Baca Juga: Antilupa! Ini 5 Tips Mengingat Materi Kuliah saat Presentasi di Kampus

3. Mata tak tertuju kepada audience

Jangan Lakukan Hal Ini Jika Sedang Presentasi!Pexels/Rawpixel.com

Pastikan setiap kali presentasi kamu harus memiliki kontak mata dengan para audience. Hal itu menunjukkan bahwa kamu memiliki interaksi dan menghargai adanya audience di depanmu. Dengan adanya kontak mata, audience pun akan lebih terpacu untuk memperhatikan kamu saat berbicara. Ingat, kamu sedang mempresentasikan sesuatu di depan orang-orang, bukan pada benda mati. 

4. Menumpangkan tangan di depan tubuh

Jangan Lakukan Hal Ini Jika Sedang Presentasi!dictio.id

Jika kamu menaruh tangan di depan tubuhmu, hal ini menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang tak percaya diri. Gerakkan tanganmu saat berpresentasi karena akan menunjukkan bahwa kamu percaya diri dan menguasai materi. Namun, tidak baik juga jika bergerak berlebihan.

5. Tidak to the point

Jangan Lakukan Hal Ini Jika Sedang Presentasi!Unsplash.com/Austin Distel

Buatlah presentasi secara singkat, padat, dan jelas. Jangan menjelaskan suatu hal secara berputar-putar tetapi tidak menyampaikan intinya karena akan membuat para audience bingung akan isi presentasimu. Jadi, sampaikanlah apa yang memang menjadi inti dari presentasimu.

Apakah kalian pernah melakukan hal-hal di atas saat sedang presentasi? Jangan diulangi, ya!

Baca Juga: 7 Cara Jitu Bikin Presentasimu Mengesankan Bagi Atasan

Topic:

  • Yolanda Vania
  • Elfida

Just For You