Comscore Tracker

5 Kata Sapaan Keluarga dalam Bahasa Aceh, Ada yang Mirip Bahasa Korea!

Bahasa Aceh juga punya 'Apa', lho #LokalIDN

Setiap daerah pasti memiliki panggilan keluarga yang berbeda tergantung bahasa daerah masing-masing. Tak terkecuali Aceh yang memiliki beberapa perbedaan kosakata panggilan dalam keluarga. Bahkan, ada kosakata yang mirip dengan bahasa Korea.

Yuk, cari tahu di sini!

1. Abu - Mak (Ayah-Ibu)

5 Kata Sapaan Keluarga dalam Bahasa Aceh, Ada yang Mirip Bahasa Korea!Pixabay.com/2704056

Sebagian besar orang aceh memanggil ayahnya dengan panggilan Abu. Ada juga yang menggunakan sapaan Ayah, Yah, Abi, dan Waled. Pada umumnya, panggilan Abu juga diperuntukkan bagi mereka yang dianggap berilmu seperti ulama atau seorang tokoh yang dihormati. 

Abu merupakan kata sapaan yang berasal dari bahasa Arab. Penggunaan kata tersebut adalah salah satu bentuk adanya pengaruh ajaran Islam di Aceh. Seperti yang kita ketahui, Aceh adalah daerah pertama yang menerima ajaran Islam masuk ke Indonesia.

Sementara untuk Ibu, panggilannya tidak jauh berbeda dengan sapaan pada umumnya. Mak, Ummi, Bunda adalah kata sapaan yang biasa digunakan orang Aceh untuk memanggil ibu.

2. Abu syik - Mak syik (Kakek-Nenek)

5 Kata Sapaan Keluarga dalam Bahasa Aceh, Ada yang Mirip Bahasa Korea!Pixabay.com/debowscyfoto

Kata sapaan untuk memanggil kakek dan nenek dalam bahasa Aceh adalah Abu syik dan Mak syik. Sekilas penggunaan sapaan ini mirip dengan bahasa Korea, lho. Jika kamu penggemar drama Korea, sudah tidak asing lagi kan mendengar sapaan Abeoji? Dalam bahasa Korea, abeoji adalah sapaan formal kepada ayah kandung. Mirip, bukan?

Baca Juga: 5 Kelebihan Bahasa Jawa Dibanding Bahasa Lain yang Jarang Disadari

3. Pak wa - Mak wa (Uwa) kakak dari ibu/ayah

5 Kata Sapaan Keluarga dalam Bahasa Aceh, Ada yang Mirip Bahasa Korea!Pixabay.com/Ekohernowo

Sebutan ini ditujukan kepada uwa atau kakak dari ayah/ibu. Selain sapaan tersebut, orang Aceh juga biasanya memanggil dengan sebutan seperti miwa, nyakwa, atau cut kak untuk kakak perempuan dari ayah/ibu. Sementara untuk kakak laki-lakinya digunakan sapaan, seperti apawa, ayahwa, dan abuwa

4. Apa cut - Mak cut (Paman-Bibi) adik dari ibu/ayah

5 Kata Sapaan Keluarga dalam Bahasa Aceh, Ada yang Mirip Bahasa Korea!Pexels.com/Jack Sparrow

Lain lagi untuk panggilan paman/bibi atau adik dari ayah/ibu. Apa cut, digunakan untuk sebutan paman dan mak cut digunakan untuk sebutan bibi. Kosakata sapaan yang satu ini juga mirip dengan bahasa Korea, lho! Appa dalam bahasa Korea digunakan sebagai kata sebutan bagi Ayah, hanya penggunaannya tidak formal. 

5. Cupo - Dek Gam (Kakak perempuan - adik laki-laki)

5 Kata Sapaan Keluarga dalam Bahasa Aceh, Ada yang Mirip Bahasa Korea!Pexels.com/Mentatdgt

Cupo berarti kakak perempuan, sementara dek gam adalah panggilan bagi adik laki-laki. Gam dalam bahasa Aceh umumnya digunakan bagi anak laki-laki. Asal katanya adalah agam yang berarti laki-laki.

Kata sapaan lain yang bisa digunakan adalah akak atau kak cut untuk perempuan, dan abang atau cut abang untuk laki-laki. Sementara panggilan untuk adik perempuan umumnya digunakan dek atau cut adek. 

Nah, itu dia sebutan panggilan keluarga dalam bahasa Aceh. Ternyata, ada yang mirip dengan panggilan keluarga dari Korea juga, ya.

Baca Juga: 6 Kosakata Bahasa Bajo yang Sama Dengan Bahasa Sumbawa, Tapi Beda Arti

Nurul Zahara Photo Verified Writer Nurul Zahara

Hanya mencoba menguraikan isi kepala.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya