Comscore Tracker

5 Dampak Positif Membatasi Akses Media Sosial Pada Anak Ketika Remaja

Karena terlalu membebaskan anak juga tidak baik untuknya

Menjadi orangtua dan mendidik anak dengan benar memang bukan suatu hal yang mudah, termasuk dalam menjaga anak dari bahayanya dunia digital. Maka dari itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa dampak positif yang terjadi jika orangtua membatasi akses media sosial pada anak, karena kalau terlalu dibebaskan juga tidak baik untuknya, kan? Yuk simak lima dampak positifnya di bawah ini!

1. Terbiasa untuk bersosialisasi secara langsung

5 Dampak Positif Membatasi Akses Media Sosial Pada Anak Ketika RemajaPexels.com/Elle Hughes

Gadget dan sosial media memang memudahkan segala hal, termasuk untuk berkenalan dan berkomunikasi dengan siapapun. Namun hal itu dapat berdampak buruk jika anak terlalu terbiasa dengan hal itu, anak bisa menjadi anti sosial dan tidak nyaman untuk bersosialisasi di kehidupan nyata. Nah untuk menghindari itulah diperlukan adanya pembatasan media sosial pada anak, apalagi ketika ia remaja.

2. Menghabiskan waktu dengan kegiatan yang lebih positif

5 Dampak Positif Membatasi Akses Media Sosial Pada Anak Ketika RemajaPexels.com/Min An

Dengan membatasi akses media sosial pada anak, dia jadi punya waktu lebih banyak untuk melakukan kegiatan secara nyata, tidak cuma sebatas online dan berfasilitaskan gadget saja. Apalagi usia remaja adalah usia pertumbuhan tubuhnya, jadi sangat penting untuk anak bergerak dengan aktif.

3. Tidak ketergantungan gadget

5 Dampak Positif Membatasi Akses Media Sosial Pada Anak Ketika RemajaPexels.com/Carolline De Souze

Dampak positif lainnya kalau orangtua membatasi media sosial anak adalah, dirinya jadi tidak terlalu bergantung dengan gadget. Dia bisa melakukan banyak hal dengan teman-teman dan tumbuh sebagaimana remaja sehat dan aktif pada umumnya. Selain itu, anak jadi belajar bagaimana membedakan antara dunia maya dan dunia nyata.

Baca Juga: Apa yang Terjadi jika Media Sosial Menghilang? Pernah Kepikiran?

4. Kesehatan mata terjaga karena tidak terkena radiasi

5 Dampak Positif Membatasi Akses Media Sosial Pada Anak Ketika RemajaPexels.com/Huyen Trang Nguyen

Tidak sedikit anak yang sudah mengenakan kaca mata atau contact lens karena mata kabur, salah satu penyebabnya ialah radiasi yang dipancarkan oleh gadget. Tidak baik membiarkan anak terus-menerus menatap layar ponselnya, maka dari itu perlu bagi orangtua untuk membatasi hal-hal yang berhubungan dengan gadget, termasuk media sosial.

5. Menjauhkan anak dari berkenalan dengan sembarang orang

5 Dampak Positif Membatasi Akses Media Sosial Pada Anak Ketika RemajaPixabay.com/Dan_Park

Dampak positif yang terakhir adalah kamu menghindari anak berkenalan dengan orang sembarangan di dunia maya, karena tidak sedikit kasus berbahaya yang terjadi disebabkan oleh media sosial. Jadi dengan membatasinya, kamu bisa lebih mudah melihat siapa saja teman yang dekat dengannya. Namun jangan sampai membuat kesan kalau kamu mengekangnya, ya. Karena anak bisa berontak jika merasa terkekang.

Itulah beberapa dampak positif yang terjadi jika orangtua membatasi akses media sosial anak khususnya ketika mereka di usia remaja.

Baca Juga: Apa Jadinya Jika Media Sosial Menghilang? Ini 12 Kemungkinannya!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya