Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Orangtua Baiknya Mengikuti Perubahan Zaman untuk Anak

Kamu gak bisa terus-terusan berpaku pada zamanmu dulu

Dalam hidup ini salah satu hal yang pasti terjadi ialah perubahan, dan semakin bertambahnya waktu dan usiamu, zaman pun semakin berkembang dan berubah. Bukan suatu hal yang mengejutkan bila masa di mana kamu berkembang sangatlah berbeda dengan zaman anakmu berkembang saat ini.

Maka dari itu sebagai orangtua, kamu pun harus siap untuk mengikuti perubahan zaman untuk mendampingi tumbuh kembang anak dengan baik. Dan berikut ini adalah lima alasan mengapa hal itu sangat penting untuk dilakukan, simak ya!

1. Supaya orangtua dapat membimbing tumbuh kembang anak dengan lebih baik

5 Alasan Mengapa Orangtua Baiknya Mengikuti Perubahan Zaman untuk AnakPexels.com/Andrea Piacquadio

Pertama, sangat penting untuk mengikuti perubahan zaman ialah agar kamu bisa mendampingi tumbuh kembang anak dengan lebih baik. Bahwa kamu tidak membiarkannya tumbuh dan mendewasakan diri sendirian, melainkan mendampinginya serta mengawasi agar hal-hal buruk di zaman modern tidak merusak pribadinya.

2. Mendidik anak dengan cara yang tepat sesuai zamannya

5 Alasan Mengapa Orangtua Baiknya Mengikuti Perubahan Zaman untuk AnakPexels.com/August de Richelieu

Alasannya yang kedua mengapa orangtua harus mengikuti perkembangan zaman ialah agar dapat mendidik anak dengan cara yang tepat. Kamu tidak bisa menerapkan metode didikan anak zaman dulu pada anak yang tumbuh pada zaman sekarang, maka dari itu kamu pun harus menyesuaikan perubahan itu.

Baca Juga: Diam-diam Ini 5 Kebanggaan Orangtua Ketika Melihat Anaknya Mandiri

3. Meminimalkan ketimpangan pengetahuan antara anak dan orangtua

5 Alasan Mengapa Orangtua Baiknya Mengikuti Perubahan Zaman untuk AnakPexels.com/Julia M Cameron

Ketiga, hal itu sangat penting dilakukan agar meminimalisir ketimpangan pengetahuan antara orangtua dan anak, terutama dalam bidang teknologi. Jangan sampai karena ketidak tahuanmu perihal teknologi malah membuat anak jadi terlalu bebas dan terkena dampak buruknya. Makanya, akan lebih baik jika orangtua pun tidak tertinggal pengetahuannya tentang itu, bahkan kalau bisa justru lebih tahu dibanding anak.

4. Anak jadi lebih nyaman untuk terbuka karena orangtuanya mengerti

5 Alasan Mengapa Orangtua Baiknya Mengikuti Perubahan Zaman untuk AnakPexels.com/Cottonbro

Kalau orangtuanya mengerti tentang hal-hal yang ia bicarakan, tentu anak pun juga akan lebih nyaman untuk terbuka. Gak perlu terlalu lelah menjelaskan tentang kecanggihan atau hal-hal yang populer pada orangtua. Dengan begitu hubungan antara orangtua dan anak pun bisa terjaga kedekatannya dengan komunikasi yang seimbang.

5. Orangtua gak bisa terus berpaku pada zaman dulu

5 Alasan Mengapa Orangtua Baiknya Mengikuti Perubahan Zaman untuk AnakPexels.com/Cottonbro

Jika ingin menjadi orangtua yang bijak maka kamu pun harus mengalah dengan mempelajari perubahan zaman, sebab kamu tidak bisa terus-menerus berpaku pada zamanmu dulu. Masa kamu dan masa anak sangatlah berbeda, jadi tentu saja perkembangan dan hal-hal yang terjadi pada anak juga akan berbeda dibanding dengan zamanmu dulu. Benar?

Kesimpulannya, jika ingin mendampingi tumbuh kembang anak dengan baik maka orangtua haruslah mengikuti perubahan zaman dan memahaminya. Agar tidak ada ketimpangan dan bisa lebih mengerti anak.

Baca Juga: 5 Caranya Menghadapi Anak yang Bossy, Orangtua Jangan Mau Diatur-atur!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya