Comscore Tracker

5 Dampak Buruk Jika Kamu Terlalu Memanjakan & Menuruti Keinginan Anak

Memanjakan anak tak selalu jadi sikap yang baik lho 

Ketika memiliki anak tentu semua perhatian dan cinta kita sebagai orangtua akan diberikan pada anak, dan semua orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik serta membuat anaknya bahagia. Namun meskipun punya keinginan begitu bukan berarti boleh untuk terlalu memanjakan dan menuruti anak, lho.

Tak selalu menjadi sikap yang baik untuk diterapkan, bahkan memanjakan anak bisa menimbulkan berbagai dampak buruk yang akan kita bahas di bawah ini. Simak pembahasannya supaya kamu tidak sampai salah dalam merawat anak, ya!

1. Dia bisa tumbuh menjadi pribadi yang egois 

5 Dampak Buruk Jika Kamu Terlalu Memanjakan & Menuruti Keinginan AnakPexels.com/Polina Zimmerman

Dampak buruk pertama yang bisa terjadi jika kamu terlalu memanjakan dan menuruti semua keinginan anak adalah dia bisa tumbuh menjadi pribadi yang egois. Di rumah ia diperlakukan dengan istimewa dan apapun yang ia mau selalu ia dapatkan, jadi ketika dia berada di lingkungan sosial pun bisa-bisa dia selalu bersikap egois pada yang lain dan mementingkan dirinya sendiri.

2. Kurang mengerti kondisi orangtuanya 

5 Dampak Buruk Jika Kamu Terlalu Memanjakan & Menuruti Keinginan AnakPexels.com/Ba Phi

Lalu dampak buruk lainnya jika kamu selalu menuruti anak maka dia bisa-bisa kurang mengerti kondisi orangtuanya saat susah. Karena dia terbiasa dituruti dan dimanjakan, jadi ia merasa bahwa memang begitulah ia harusnya diperlakukan, tanpa mau paham bahwa ada kalanya orangtua dalam keadaan sulit.

Baca Juga: Punya Makna Mendalam, 11 Inspirasi Nama Anak Artis dari Bahasa Jawa

3. Berjiwa lemah dan mudah menyerah 

5 Dampak Buruk Jika Kamu Terlalu Memanjakan & Menuruti Keinginan AnakPexels.com/Sofia Garza

Kemudian anak kemungkinan besar akan berjiwa lemah dan mudah menyerah saat dewasa jika sejak kecil dia dimanjakan dan selalu dikabulkan keinginannya. Hal itu karena dia selalu mendapatkan semuanya dengan mudah tanpa harus berjuang dan bersusah payah, jadi ketika di hadapkan tantangan pun dia jadi tidak punya semangat juang yang besar dan hanya bisa pasrah.

4. Sulit untuk disuruh kerja keras 

5 Dampak Buruk Jika Kamu Terlalu Memanjakan & Menuruti Keinginan AnakPexels.com/Andrea Piacquadio

Dampak buruk yang keempat jika kamu terlalu memanjakan anak ialah dia jadi sosok yang sulit untuk disuruh kerja keras. Jangan salahkan anakmu jika dia tetap bergantung padamu ketika dewasa jika sejak kecil memang sudah kamu manjakan, karena membentuk kepribadian anak itu dimulai dari bagaimana cara orangtua mendidiknya.

5. Bergantung dan sama sekali tidak independen 

5 Dampak Buruk Jika Kamu Terlalu Memanjakan & Menuruti Keinginan AnakPexels.com/Andrea Piacquadio

Terakhir, anak akan bergantung dan sama sekali tidak independen jika terlalu dimanjakan dan dituruti keinginannya oleh orangtua. Seperti orang-orang yang terjebak dalam zona nyaman, anak seperti ini tidak akan bisa independen karena dia terbiasa dilayani, kecuali kalau dia memiliki kemauan sendiri untuk mandiri.

Ada banyak cara para orangtua dalam membesarkan anaknya, salah satunya adalah memanjakan anak yang justru membawa banyak dampak buruk seperti pembahasan di atas. Kalau bisa hindari, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Orangtua Lakukan untuk Mendukung Bakat Anak 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya