Comscore Tracker

5 Kesulitan LDR dengan Pasangan Setelah Menikah dan Punya Anak

Komitmen dan kuatnya mental benar-benar diuji

Tujuan setiap pasangan saat memutuskan menikah biasanya agar bisa hidup bersama pasangan dan menjalin ikatan yang lebih kuat. Namun yang namanya hubungan yang tak tahu kapan datang ujiannya, ujian dan tantangan setelah menikah pun juga ada.

Salah satunya ialah ketika dihadapkan oleh keadaan yang mengharuskan LDR dengan pasangan ditambah saat sudah memiliki anak pula sehingga tidak bisa ikut bersamanya. Dan dalam keadaan seperti itu pasti ada saat-saat merasa kesulitan ketika harus sendirian, seperti beberapa kesulitan di antaranya yang ada dalam pembahasan berikut ini.

1. Menjadi sasaran empuk gosip orang sekitar

5 Kesulitan LDR dengan Pasangan Setelah Menikah dan Punya AnakPexels.com/ELEVATE

Kesulitannya yang pertama ketika harus menjalani hubungan jarak jauh oleh pasangan ketika sudah menikah dan memiliki anak ialah, menjadi sasaran empuk sebagai bahan gosip orang sekitar. Entah itu di tempat kerja atau para tetangga di lingkungan tempat tinggal, pasti ada saja bahan gosip yang mereka buat. Sehingga kamu pun harus menebalkan telinga saat menghadapinya.

2. Harus mampu menjaga dan mendidik anak sendiri

5 Kesulitan LDR dengan Pasangan Setelah Menikah dan Punya AnakPexels.com/Andrea Piacquadio

Kesulitan lainnya yang harus kamu hadapi ketika LDR dengan pasangan saat sudah memiliki anak ialah harus bisa menjaga dan mendidik anak seorang diri. Sebab pasangan yang jauh keberadaannya tentu tak bisa berbuat banyak, jadi kamulah yang harus menanganinya sendiri. Tanggung jawab yang harusnya dipegang berdua harus kamu tanggung sendiri, apalagi menjaga anak serta mendidiknya sendirian bukanlah hal yang mudah.

3. Mental ditempa jadi benar-benar kuat dengan menghadapi masalah sendirian

5 Kesulitan LDR dengan Pasangan Setelah Menikah dan Punya AnakPexels.com/Andrew Neel

Masalah hidup bisa datang kapan saja bahkan ketika kamu sudah menikah dan memiliki anak sekalipun, dan mentalmu ditempa menjadi benar-benar kuat dengan menghadapi masalah sendirian karena LDR dengan pasangan. Bisa jadi masalah dalam pekerjaan, keluarga, bahkan masalah terkait anak. Hal ini sangatlah berat karena hanya bisa saling menguatkan dari kejauhan saja dengan pasangan, tidak ditemani atau didampingi secara langsung.

Baca Juga: 5 Tes Kesehatan yang Perlu Dilakukan Sebelum Menikah dan Manfaatnya

4. Sering dikira single parent oleh orang asing

5 Kesulitan LDR dengan Pasangan Setelah Menikah dan Punya AnakPexels.com/Anna Shvets

Ketika berada di suatu tempat sendirian atau bersama anak namun tanpa ada pasangan, orang asing bakalan sering menganggapmu sebagai single parent atau bahkan dikira belum menikah. Hal ini biasa terjadi ketika harus LDR dengan pasangan, namun juga dapat menimbulkan kesalah pahaman pada orang-orang. Dan jika sampai menimbulkan masalah maka hal ini juga termasuk sebagai salah satu keadaan sulit.

5. Komitmen benar-benar diuji dengan adanya lawan jenis yang berusaha mendekati

5 Kesulitan LDR dengan Pasangan Setelah Menikah dan Punya AnakPexels.com/Fauxels

Lalu kesulitannya yang terakhir ketika harus LDR dengan pasangan setelah menikah dan punya anak ialah, ketika komitmen benar-benar diuji dengan adanya lawan jenis yang berusaha mendekati. Terlepas apakah mereka tahu atau tidak kalau kamu masih memiliki pasangan, pasti ada saja pihak ketiga yang berusaha mendekati. Kalau lemah terhadap godaan maka pernikahan pun bakal retak, dan banyak sekali hal seperti ini terjadi di dunia nyata.

Long distance relationship itu sulit, terlebih lagi ketika sudah menikah dan memiliki anak. Bisa dilihat dalam pembahasan tadi kalau mental bakal benar-benar diuji, namun meskipun sulit berusahalah untuk tetap kuat, ya!

Baca Juga: Bikin Ngakak tapi Hati Nyesek! 10 Meme Kocak Nasib Pacaran LDR

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya