Comscore Tracker

5 Hal Tentang Parenting Anak yang Harus Dibicarakan Bersama Pasangan

Supaya pengasuhan anak maksimal jika dijalankan berdua

Ketika menikah dan punya anak, yang dipikirkan bukan hanya tentang kebahagiaan berdua lagi tapi ada anak yang juga harus dipikirkan parenting-nya. Yang mana dalam hal ini baik dirimu dan juga pasangan harus sama-sama siap berkompromi dalam mengasuh anak. 

Mulai dari pola asuh yang digunakan dalam membesarkan anak, cara berkomunikasi, batasan dan aturan yang mesti diterapkan dan hal lainnya. Untuk lebih jelasnya, kedua belah pihak harus berdiskusi dan sama-sama sepakat tentang hal-hal dalam parenting anak berikut ini. 

1. Pola asuh yang diterapkan dalam membesarkan anak

5 Hal Tentang Parenting Anak yang Harus Dibicarakan Bersama Pasanganilustrasi bicara (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Hal pertama dalam parenting yang harus dibicarakan dengan pasangan ialah tentang pola asuh yang diterapkan dalam membesarkan anak. Karena setiap orang kan punya keinginan sendiri dalam membesarkan, dan sebisa mungkin pola asuh yang diterapkan harus sama antara kamu dan dia.

Karena kalau pola asuh yang digunakan berbeda, maka pembentukan pribadi anak dan pengasuhan anak gak akan maksimal. Selain itu anak juga bisa cenderung lebih patuh ke salah satu orangtuanya saja yang lebih santai, dibanding yang tegas dan mengajarkannya disiplin. 

2. Cara berkomunikasi dengan anak

5 Hal Tentang Parenting Anak yang Harus Dibicarakan Bersama Pasanganilustrasi orangtua dan anak (pexels.com/Karolina Grabowska)

Hal kedua dalam parenting yang juga harus dibicarakan bersama pasangan ialah tentang cara berkomunikasi dengan anak. Gak hanya komunikasi dengan pasangan, membangun komunikasi yang sehat dengan anak juga gak kalah penting untuk perkembangannya.

Mulai dari bagaimana cara bicara yang digunakan bersama anak, hal-hal apa yang baiknya dibicarakan dan tidak pada anak, dan bagaimana menjaga komunikasi tetap terjalin sehat walaupun sibuk. Karena yang namanya parenting gak hanya tentang membesarkan anak saja tapi juga termasuk membangun komunikasi yang baik antara orangtua dan anak. 

Baca Juga: 5 Kesalahan Fatal Parenting yang Buat Anak Jadi Manja Seumur Hidupnya

3. Hal-hal yang harus dididik dengan tegas pada anak

5 Hal Tentang Parenting Anak yang Harus Dibicarakan Bersama Pasanganilustrasi anak (pexels.com/Monstera)

Ketika memiliki anak wajib bicarakan bersama pasangan tentang hal-hal yang harus dididik dengan tegas pada anak. Dalam hal ini harus ada kesepakatan antara kamu dan pasangan supaya tidak bertolak belakang sikap tegasnya.

Misalnya saja mendidik anak dengan tegas perihal kedisiplinannya pada sekolah, batasan terhadap lawan jenis, hal-hal yang gak boleh di lakukan tanpa sepengetahuan orangtua dan yang lainnya. Hanya dengan begitulah parenting yang dilakukan bisa berjalan dengan maksimal dalam mendidik anak. 

4. Upaya yang dilakukan untuk menjaga kesehatan mental anak

5 Hal Tentang Parenting Anak yang Harus Dibicarakan Bersama Pasanganilustrasi keluarga (pexels.com/Vlada Karpovich)

Selain ketiga hal tadi, upaya yang dilakukan untuk menjaga kesehatan mental anak juga merupakan hal yang harus dibicarakan bersama pasangan, lho. Bahkan bisa dibilang harus selalu dikomunikasikan bersama sejak anak kecil hingga dewasa.

Tentang bagaimana menjaga mental anak tetap sehat dan tidak tertekan, membuatnya terbuka dan percaya diri, serta keberaniannya untuk mencoba hal baru. Sebab parenting tidaklah lengkap kalau gak dibarengi dengan memerhatikan mental anak juga. 

5. Pembagian peran dalam mengasuh dan mendidik pribadi anak

5 Hal Tentang Parenting Anak yang Harus Dibicarakan Bersama Pasanganilustrasi anak (pexels.com/Cottonbro)

Ketika menjadi sosok orangtua maka kedua belah pihak harus terlibat di dalam segala urusan anak. Maka dari itu sebenarnya hal yang juga harus dibicarakan bersama pasangan ialah tentang pembagian peran dalam mengasuh dan mendidik pribadi anak.

Misalnya saja pasanganmu yang berperan dalam mendidiknya perihal kedisiplinan akademis, dan dirimu yang berperan untuk membentuk budi pekertinya supaya baik. Dengan begitu peran di antara kamu dan pasangan dalam mengasuh anak jadi seimbang dan saling bekerja sama.

Intinya, kalau menikah dan punya anak maka segala hal tentang parenting anak harus dibicarakan secara terbuka. Supaya satu sama lain bisa saling bekerja sama untuk didikan yang maksimal. 

Baca Juga: 5 Tips Parenting yang Bantu Dongkrak Kepercayaan Diri Anak

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya