Comscore Tracker

5 Penyebab Anak Bersikeras Tidak Mau Sekolah, Bisa Jadi Dia Dibully

Pasti ada alasan kenapa anak menolak pergi sekolah

Ketika berada di usia lima tahun ke atas, anak biasanya memiliki ketertarikan untuk sekolah. Entah karena memang ingin belajar dan penasaran, atau mengikuti kakak saudaranya yang sudah bersekolah duluan.

Anak-anak yang biasanya semangat, kalau dia merengek dan bersikeras tidak mau sekolah mungkin ada penyebab di baliknya. Yang mana orangtua tidak boleh asal menganggapnya enteng, karena bisa jadi ia tidak mau sekolah karena mengalami bully, perlakuan buruk oleh guru, atau ada masalah terhadap mentalnya yang tidak bisa berhadapan dengan banyak orang. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin menyebabkan anak bersikeras tidak mau sekolah. 

1. Mungkin dia dibully dan dikucilkan di sekolah

5 Penyebab Anak Bersikeras Tidak Mau Sekolah, Bisa Jadi Dia Dibullyilustrasi bully anak (pexels.com/Mikhail Nilov)

Jika tadinya anakmu semangat untuk sekolah tapi lama-kelamaan malah tidak mau lagi, pasti ada penyebab kenapa dia menghindari sekolah. Yang mana salah satunya mungkin karena dia mengalami hal buruk seperti dibully atau dikucilkan di sekolah.

Banyak orang dewasa tidak peka pada hal ini dan menganggap bahwa hal itu wajar terjadi di lingkungan anak, padahal sebenarnya ini bahaya. Siapa yang tahu kekuatan mental anak saat menerima perilaku bully di sekolah? Bisa saja mentalnya terguncang hingga membuatnya tidak mau sekolah lagi demi menghindari itu.

2. Dia sekolah di tempat yang tidak sesuai dengan keinginan hatinya

5 Penyebab Anak Bersikeras Tidak Mau Sekolah, Bisa Jadi Dia Dibullyilustrasi anak sekolah (pexels.com/Yan Krukov)

Penyebab lainnya kenapa anak bersikeras tidak mau sekolah ialah bisa jadi karena dia bersekolah di tempat yang tidak ia inginkan. Yang mana orangtualah yang harusnya peka pada hal ini, karena anak pasti pernah mengungkapkan tentang sekolah mana yang ia inginkan.

Misalnya, anak minta sekolah yang biasa saja tapi malah dimasukkan ke sekolah yang berasrama atau sekolah agama. Memang benar bahwa orangtua menginginkan yang terbaik untuk anak, tapi jangan lupakan juga kalau yang menjalani adalah dia, jadi jangan memaksakan kehendak hingga akhirnya membuat anak muak menjalaninya. 

Baca Juga:  10 Tips Naik Kereta Api Jarak Jauh bareng Anak-anak, biar Gak Rewel!

3. Terlalu stres dengan sistem belajar yang padat dan ketat

5 Penyebab Anak Bersikeras Tidak Mau Sekolah, Bisa Jadi Dia Dibullyilustrasi anak sekolah (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Hal lainnya yang bisa jadi penyebab anak tidak mau sekolah ialah dia terlalu stres dengan sistem belajar yang ketat dan padat di sekolahnya. Biasanya terjadi pada anak yang tidak sanggup untuk menjalani sistem sekolah full day, di mana dia belajar dari pagi hingga sore atau bahkan malam untuk mengikuti les khusus.

Banyak anak menjalani sistem pendidikan yang ketat karena ambisi orangtuanya. Entah itu menginginkan supaya sang anak pintar, terlalu sibuk bekerja, atau alasan lainnya. Tapi kalau anak sudah mengaku tidak kuat dan bersikeras tidak mau sekolah, lebih baik jangan dipaksa daripada berakhir buruk karena membuatnya depresi. 

4. Tidak diperlakukan baik oleh guru

5 Penyebab Anak Bersikeras Tidak Mau Sekolah, Bisa Jadi Dia Dibullyilustrasi anak takut (pexels.com/RODNAE Production)

Kita biasa mendengar bahwa guru adalah pengganti orangtua di sekolah, tapi kita semua juga tahu bahwa tidak semua orang dewasa yang jadi guru itu baik. Ada yang kejam, bersikap tidak adil, menghakimi, atau bahkan semena-mena dalam memperlakukan anak muridnya.

Dan bisa jadi hal ini merupakan penyebab kenapa anak bersikeras tidak mau sekolah. Mungkin ada guru di sekolahnya yang tidak suka dia, atau memperlakukannya dengan buruk sehingga dia tidak ingin berurusan lagi dengan guru itu. Jadi sebagai orangtua sebaiknya bertanya dan membujuk anak untuk terbuka tentang ini. 

5. Memiliki gangguan mental yang ia sembunyikan

5 Penyebab Anak Bersikeras Tidak Mau Sekolah, Bisa Jadi Dia Dibullyilustrasi anak (pexels.com/Cottonbro)

Jangan pernah menyepelekan keadaan dimana anak bersikeras tidak mau sekolah atau bahkan sampai dia memohon untuk berhenti sekolah, karena pasti ada penyebabnya. Yang mana salah satu kemungkinannya, bisa jadi ia mengalami permasalahan mental yang disembunyikan.

Entah itu depresi, gangguan kecemasan, trauma tertentu yang mengganggunya dalam bersosial, atau yang lainnya. Banyak anak menyembunyikan kondisi mentalnya karena takut dihakimi, disudutkan, atau disepelekan. Jadi orangtua harus bisa menghadapinya dengan bijak.

Kesimpulannya, kalau anak memohon, merengek dan bersikeras tidak mau sekolah jangan anggap sepele dan mengira dia malas. Tapi coba cari tahu, karena bisa jadi lima hal tadi penyebabnya. Dan bisa fatal kalau anak terus dipaksa tanpa orangtua tahu apa-apa. 

Baca Juga: 5 Resep Roti Tawar untuk Bekal Sekolah Anak, Praktis dan Simpel

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya