Comscore Tracker

Dewasa & Bijaksana, Ini 5 Peran Penting Anak Sulung di Keluarga

Sebab anak sulung mampu menjadi sahabat sekaligus penengah

Terlahir menjadi anak sulung tentu memiliki beban dan tanggung jawab tersendiri. Namun, ingatlah bahwa jangan mengeluh, karena sebenarnya ada banyak sekali peran penting anak sulung bagi keluarga.

Sebab, anak sulung merupakan sosok yang berada di tengah-tengah antara adik-adik dan juga orangtua. Yuk, simak lima hal di antaranya.

1. Membantu mendidik adik-adik

Dewasa & Bijaksana, Ini 5 Peran Penting Anak Sulung di KeluargaPixabay.com/Dan_Park

Ada pepatah yang mengatakan bahwa rumah dan keluarga adalah pendidikan pertama seorang anak. Hal itu benar, dan kamu sebagai anak sulung juga memegang peran di antaranya. Kamu akan menjadi sosok panutan bagi saudara yang lain, bahkan kamu juga berperan penting dalam membentuk karakter adik. 

2. Menjadi teman bicara orangtua

Dewasa & Bijaksana, Ini 5 Peran Penting Anak Sulung di KeluargaPexels.com/Mael Balland

Tidak dapat dimungkiri bahwa di banyak keadaan anak sulung menjadi pilihan tepat bagi para orang tua untuk diajak diskusi. Menjadi teman bicara dan sama-sama berpikir tentang keharmonisan keluarga.

Karena hal ini pula umumnya seorang yang terlahir sebagai anak pertama akan lebih cepat berpikir dewasa dan bersikap bijak.

Baca Juga: Jarang Disadari, Ini 5 Hal Positif Yang Cuma Dirasakan Anak Sulung

3. Jadi andalan dalam banyak hal

Dewasa & Bijaksana, Ini 5 Peran Penting Anak Sulung di Keluargablack-pink.fandom.com

Ketika orangtua sibuk mencari nafkah demi membahagiakan anak-anak, tidak ada yang akan menjadi andalan kecuali anak sulung. Selain menjadi tempat bertanya, anak sulung juga berperan penting dalam menjaga saudaranya yang lebih muda. Menjadi bahu di kala mereka ingin bersandar, dan berbagi pelukan hangat di kala hari terasa buruk.

4. Menjadi tulang punggung kedua untuk keluarga

Dewasa & Bijaksana, Ini 5 Peran Penting Anak Sulung di KeluargaPexels.com/Startup Stock Photos

Bicara soal usia, ada kalanya semua orang tua akan menua. Ada saat di mana mereka sudah tidak sanggup lagi bekerja dan menafkahi keluarga. Dan sebagai gantinya, anak sulung akan menjadi sosok tulang punggung keluarga kedua bagi keluarga.

Membantu dalam finansial jika sudah bekerja, dan akan lebih baik lagi jika bisa menanamkan pada saudara bahwa tak ada salahnya mereka juga ikut membantu jika sudah dewasa kelak.

5. Kebanggaan serta panutan di dalam keluarga

Dewasa & Bijaksana, Ini 5 Peran Penting Anak Sulung di Keluargausatoday.com

Sisi positif dari menjadi anak sulung adalah kamu akan di nomor satukan dan menjadi prioritas. Meski sering diminta untuk mengalah, namun segala yang orang tua berikan padamu adalah hal-hal terbaik. Sebab sebagai anak sulung kamu adalah kebanggaan. Panutan dalam keluarga dan juga contoh bagi saudara yang lain untuk memacu diri. 

Itulah beberapa peran anak sulung yang sangat penting dan berharga di dalam keluarga. Namun, jangan sedih jika kamu bukan anak pertama, sebab menjadi anak ke berapa pun tetap bagian penting dari keluarga, kok!

Baca Juga: 7 Sifat Cewek Anak Sulung yang Berpotensi Membuat Mereka Lebih Sukses

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya