Comscore Tracker

5 Plus Minus Tinggal di Rumah Saudara saat Kerja Merantau

Hemat biaya hidup tapi jadinya gak bebas dan utang budi

Satu hal yang pasti dipikirkan ketika memutuskan untuk pergi merantau entah itu untuk kuliah atau kerja, pasti adalah tentang tempat tinggal. Dimana akan tinggal selama berada di kota asing yang jauh dari rumah, biayanya, keamanannya, dan hal-hal yang menyangkut tanggung jawab tinggal sendiri. 

Sehingga tidak sedikit orang yang kemudian memutuskan untuk tinggal bersama sanak saudara ketika merantau. Akan tetapi meskipun tinggal dengan mereka yang masih ada hubungan kekeluargaan, pasti tetap ada plus minusnya kalau menumpang tinggal di rumah orang. Beberapa plus minus di antaranya pun ada dalam pembahasan berikut ini. 

1. Sudah pasti aman dan gak takut ada gangguan

5 Plus Minus Tinggal di Rumah Saudara saat Kerja Merantauilustrasi bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Plusnya yang pertama kalau tinggal di rumah saudara saat kerja merantau ialah tentu saja dari segi keamanan yang menjanjikan. Bahwa kamu gak perlu takut diganggu orang asing dan terancam keamanannya kalau ngekos sendirian. 

Karena ketika kita sendirian di tempat asing, apalagi kalau untuk bekerja yang tentunya gak sebentar, keamanan adalah hal utama yang dipikirkan. Dan bisa dibilang kalau hal inilah yang membuat sebagian orang memilih tinggal di rumah saudara ketika merantau. 

2. Bisa menghemat biaya hidup selama merantau

5 Plus Minus Tinggal di Rumah Saudara saat Kerja Merantauilustrasi hitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Sisi plusnya yang kedua kalau tinggal di tempat saudara saat kerja merantau ialah bisa menghemat biaya hidup. Yang mana sedikit banyaknya biaya hidupmu gak bakal sebanyak jika tinggal sendiri dengan menyewa rumah atau ngekos. 

Ketika tinggal bersama saudara, palingan kamu hanya harus bantu-bantu biaya perawatan rumah, membelikan bahan makanan pokok atau bayar listrik saja. Itulah keuntungannya kalau punya banyak saudara di berbagai daerah, sehingga bisa membantu ketika sedang merantau. 

Baca Juga: 7 Etika Saat Numpang Tinggal di Rumah Saudara, Jangan Semaunya Sendiri

3. Mempererat hubungan kekeluargaan

5 Plus Minus Tinggal di Rumah Saudara saat Kerja Merantauilustrasi keluarga (pexels.com/Askar Abayev)

Tentu saja sisi plusnya kalau tinggal di rumah saudara ketika merantau akan mempererat hubungan kekeluargaan. Yang tadinya mungkin canggung atau tidak banyak komunikasi karena tinggal berjauhan, jadi lebih akrab karena ada kamu yang menjadi pemersatu antara mereka.

Tapi tentu saja hal ini juga diikuti dengan tanggung jawab dan peranmu juga, yang mana ketika tinggal di rumah saudara harus bisa bersikap baik dan menjaga hubungan baik dengan mereka. Rajin membantu mengerjakan pekerjaan rumah, ringan tangan dan sigap kalau dimintai tolong. 

4. Gak bebas kalau mau pergi dan menghabiskan waktu bareng teman

5 Plus Minus Tinggal di Rumah Saudara saat Kerja Merantauilustrasi ngobrol (pexels.com/Julia Larson)

Di balik keuntungan dan sisi plus tinggal di rumah saudara tentu dibarengi juga dengan sisi minusnya, yang mana kamu gak akan bisa bebas ketika tinggal di rumah saudara. Maksudnya bebas di sini ialah kamu tidak bisa bersikap sesuka hati dan pergi dengan teman sering-sering.

Jika dirimu termasuk orang yang suka kebebasan, mungkin hal ini akan membuatmu agak terkekang karena gak bisa menghabiskan waktu bersama teman dengan bebas. Akan tetapi kalau kamu tipe orang yang suka di rumah dan tak begitu aktif pergi ke luar, hal ini tak akan jadi masalah.

5. Seumur hidup utang budi karena kamu numpang tinggal

5 Plus Minus Tinggal di Rumah Saudara saat Kerja Merantauilustrasi keluarga (pexels.com/Kampus Production)

Meskipun memiliki hubungan keluarga, tapi yang namanya numpang tinggal di rumah saudara tentu jadinya utang budi. Dan kalau sudah utang budi, maka selamanya akan terus terbawa dan diingat sehingga mau gak mau kamu harus terus membalas budi mereka.

Entah ini termasuk ke dalam sisi minusnya atau tidak, akan tetapi menjalani hidup dengan membawa utang budi ini sedikit banyaknya memberikan tekanan. Bahwa kamu harus bisa membalas kebaikan mereka secara setimpal supaya gak diungkit-ungkit dan merusak hubungan keluarga.

Kalau kamu ada rencana untuk melakukannya, simak lima plus minusnya kalau tinggal di rumah saudara ketika kerja merantau. Pertimbangkan dulu baik-baik, dan pastikan saudaramu tipe orang yang baik agar ketika tinggal bersama bisa harmonis dengan mereka.

Baca Juga: 5 Etika yang Harus Kamu Jaga Ketika Berkunjung ke Rumah Saudara

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya