TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jadi Penengah, Ini 5 Peran Penting Anak Tengah di dalam Keluarga

Anak tengah itu penyeimbang di dalam keluarga

ilustrasi berpelukan (pexels.com/Cleyder Duque)

Jika biasanya yang dibahas adalah anak sulung dan bungsu, maka kali ini kita akan membahas tentang anak tengah. Lahir di antara yang lebih tua dan muda, anak tengah biasanya tidak terlalu menonjol dan bisa dibilang sebagai penengah dalam hubungan keluarga.

Anak tengah biasanya jarang banget buat masalah, karena dia belajar dari kesalahan yang dilakukan kakaknya dan menjaga agar dirinya tidak menyusahkan sang adik. Bisa dibilang peranan anak tengah dalam keluarga itu banyak dan penting banget, beberapa contohnya ada dalam pembahasan berikut ini. Simak baik-baik, ya. 

1. Menjadi penengah jika terjadi konflik dalam keluarga

ilustrasi bicara (pexels.com/SHVETS Production)

Entah itu konflik kecil atau besar, jika orangtua sudah kesulitan menengahinya maka anak tengah lah yang biasanya mengambil peran itu untuk menjadi penengah supaya suasana tidak semakin memanas.

Sebab di antara anak-anak lain, anak tengah biasanya yang paling bijak dan stabil. Sebab dari kecil ia sudah terbiasa bersikap netral sebab berada di tengah-tengah dan diapit oleh saudaranya. 

Baca Juga: 5 Ciri Anak Mengalami Middle Child Syndrome, Orangtua Jangan Abai!

2. Menjaga hubungan antar saudara

ilustrasi teman (pexels.com/Fauxels.com)

Jika si sulung dan bungsu sedang bertengkar maka anak tengahlah yang menengahi pertengkaran dan membuat mereka baikan. Intinya anak tengahlah yang biasanya menjaga ikatan saudara antara yang lebih tua dan muda, melakukan hal ini tidak mudah, lho. 

3. Paling sering mengalah demi kakak dan adik

ilustrasi bicara (pexels.com/Cottonbro)

Yang mana dengan sikapnya yang pengalah ia jadi menjaga kerukunan dengan saudaranya, meski terkadang harus memendam keinginannya sendiri. Pokoknya jarang banget anak tengah yang egois, keseringan malah menjadi yang paling berjasa untuk kemajuan kakak dan adiknya. 

4. Sosok penyokong di dalam keluarga jika terjadi suatu krisis

ilustrasi sedih (pexels.com/Liza Summer)

Jika biasanya anak sulung yang menjadi tulang punggung keluarga, jika krisis yang terjadi terlalu parah dan tak bisa ditangani anak pertama maka dialah yang membantu menyokong keluarga. Entah itu sokongan dalam bentuk tenaga, atau juga biaya, pokoknya apapun akan dilakukan anak tengah demi menjaga keluarganya tetap aman. 

Baca Juga: 5 Suka Duka Menjadi Anak Tengah, Kadang Merasa Terasing Itu Wajar

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya