TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tanda Sudah Saatnya Bagi Orangtua Membiarkan Anaknya Hidup Mandiri

Terutama jika dia sudah bisa mengurus hidupnya sendiri

ilustrasi orang bekerja (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dalam hidup ini waktu terus berjalan, anak yang tadinya kecil dan bergantung penuh pada orangtua perlahan-lahan akan tumbuh besar dan dewasa. Bisa dikatakan kalau mau tak mau semua orangtua pasti akan mengalami hal ini, termasuk melepaskan anak untuk membiarkannya hidup mandiri.

Biasanya seiring berjalannya waktu pertumbuhannya, setiap anak akan menunjukkan tanda-tanda bahwa dirinya sudah bisa hidup mandiri. Kalau penasaran dengan tandanya, bisa simak pembahasan lebih jelasnya di bawah ini.

1. Sudah memiliki penghasilan sendiri

Ilustrasi keuangan (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Jika anakmu sudah dewasa dan memiliki penghasilan sendiri yang bisa mencukupi kebutuhannya, maka bisa dibilang kalau itu merupakan tanda kalau dirinya sudah bisa dibiarkan hidup mandiri. Sebab dia sudah mempunyai sumber penghasilan dan sudah sepatutnya belajar mengatur finansial sendiri. Jadi kalau misalnya dia memiliki keinginan untuk tinggal sendiri dan hidup mandiri kamu gak perlu takut untuk melepasnya.

Baca Juga: Dear Orangtua, Lakukan 5 Tips Ini untuk Bantu Anak Mendapatkan Teman

2. Dia mampu mengurus diri sendiri

Ilustrasi wanita(Pexels.com/Tim Samuel)

Mulai dari memenuhi kebutuhannya sendiri, bisa menyelesaikan urusan penting sendiri, dan mampu menjaga diri sendiri dari bahaya. Bahkan ini termasuk kalau dirinya sudah independen, lho. Gak semua anak bisa seperti ini dalam mengurus dirinya sendiri, jadi kamu patut bangga dan tak apa-apa untuk memberinya izin memulai hidup mandiri.

3. Tahu cara menyelesaikan masalah tanpa bergantung pada orangtua

ilustrasi pertemanan (Pexels.com/Thirdman)

Ketiga, anak juga sudah bisa dibiarkan hidup mandiri jika dirinya mampu menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa bergantung dengan orangtua. Selain menunjukkan sisi kemandiriannya, ini juga menandakan kalau dia sudah tahu bagaimana cara bertanggung jawab untuk dirinya sendiri. Gak cengeng mengadu pada orangtua dan meminta bantuan, melainkan menyelesaikannya sendiri tanpa merepotkan dan melibatkan orang lain.

4. Tujuan dan rencana hidupnya jelas

ilustrasi diskusi (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menentukan tujuan dan rencana hidup memang baiknya dilakukan sejak muda. Kenapa? Karena hal itu menandakan bahwa ia menjalani hidupnya dengan serius, gak bermalas-malasan dan menghabiskan masa mudanya dengan bermain-main. Sehingga anak yang memiliki tujuan serta rencana hidup yang jelas pun bisa dikatakan aman jika dibiarkan hidup mandiri, sebab arah jalan hidupnya jelas.

Baca Juga: 8 Cara Memuliakan Orangtua Menurut Ajaran Islam, Jangan Mencelanya!

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya