TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Momen Bahagia Hidup Anak, Quality Time Bersama Orangtua

Hal sederhana yang sangat berarti bagi anak

ilustrasi keluarga (pexels.com/Kampus Production)

Sebagian besar orangtua mungkin berpikir bahwa anaknya bahagia jika bergelimang harta dan semua kebutuhannya terpenuhi. Padahal kenyataannya kebahagiaan hidup anak lebih sederhana dari itu, yang kelihatannya mungkin suatu hal sepele tapi justru sangat berharga bagi anak

Sesederhana menghabiskan waktu bersama-sama dengan keluarga di akhir pekan, entah itu dengan piknik atau menerima apresiasi atas usahanya. Kalau mau tahu lebih banyak, berikut beberapa momen yang membahagiakan hidup anak. Orangtua wajib simak! 

Baca Juga: 5 Style Parenting dan Dampaknya pada Anak yang Wajib Orangtua Tahu 

1. Ketika menghabiskan waktu bersama dengan piknik atau kegiatan lainnya

ilustrasi keluarga (pexels.com/Agung Pandit Wiguna)

Mungkin gak semua orangtua sadar bahwa salah satu momen terbahagia dalam hidup anak ialah jika dapat menghabiskan waktu bersama. Sesederhana piknik dengan keluarga di akhir pekan yang merupakan quality time terbaik. 

Orangtua yang sehari-harinya sibuk kerja mungkin malas pergi keluar saat weekend, tapi kalau hal itu bisa membuat anak bahagia tentu tidak ada salahnya. Sebab, siapa lagi yang bisa memabahagiakan anak selain orangtuanya sendiri. 

2. Ketika usahanya diapresiasi

ilustrasi orangtua dan anak (pexels.com/Angela Roma)

Momen terbahagia lainnya dalam hidup anak ialah ketika usahanya dilihat dan diapresiasi orangtua. Usaha yang dimaksud di sini ialah ketika berusaha membantu orangtua, mengerjakan tugas sekolah dengan baik, membersihkan kamarnya sendiri. 

Usaha-usaha yang dilakukan anak itu mungkin hanya terlihat sebagai kebiasaan baiknya, tapi akan membahagiakan ketika apa yang ia lakukan diapresiasi. Misalnya dengan mendapat pujian dan benar-benar tahu kalau apa yang ia lakukan dapat membantu orangtua. 

Baca Juga: 5 Tips Anak Tidak Kekurangan Kasih Sayang Meski Orangtua Sibuk

3. Jika pencapaiannya dapat membuat orangtua bangga

ilustrasi anak (pexels.com/Anna Shvets)

Momen lainnya yang membahagiakan anak ialah jika pencapaian yang ia raih dapat menjadi suatu kebanggaan orangtua. Entah itu pencapaian kecil atau besar, seorang anak akan sangat senang jika orangtua mengucapkan mereka bangga padanya.

Seakan-akan semua usahanya terbayarkan dengan perasaan bahagia ketika melihat senyum orangtua. Suatu momen kebahagiaan sederhana yang sangat berarti dan terus diingat dalam hidup anak. 

4. Ketika diperbolehkan melakukan hal yang diinginkan

ilustrasi anak bermain (pexels.com/RODNAE Productions)

Membahagiakan anak sebenarnya mudah, yaitu sesederhana memberinya kesempatan dan izin untuk melakukan apa pun yang ia inginkan. Barangkali sebagai orangtua kamu memberinya pilihan untuk menentukan jalan hidupnya sendiri. 

Misalnya, anak ingin menekuni olahraga tertentu, mencoba berjualan, melakukan kegiatan dengan teman. Selama apa yang anak inginkan bersifat positif, gak ada salahnya untuk mengizinkan anak menciptakan momen bahagianya sendiri. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Berhasil Menjadi Role Model untuk Anak, Orangtua Hebat!

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya