TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Pentingnya Orangtua Menjadi Sahabat Anak Ketika Remaja

Sebab anak perlu dibimbing dengan tepat ketika remaja

Pexels.com/Ana Francisconi

Bisa dibilang bahwa masa remaja adalah masa emas bagi perkembangan mental dan psikologi anak, maka dari itu peran orangtua untuk tetap mendampingi sangatlah penting. Salah satu caranya adalah dengan menjadi sosok bagi anak. Yuk, simak lima alasan mengapa itu penting dilakukan di bawah ini.

1. Agar tahu cara tepat menjaganya tanpa mengekang

pexels.com/lucas dutra

Ketika anak memasuki usia remaja maka ia akan mengalami pubertas, yang mana ada perubahan hormon yang juga sangat mempengaruhi emosionalnya. Nah, pentingnya menjadi sahabat dengan anak adalah kamu jadi tahu bagaimana cara yang tepat untuk menjaganya. Tidak membuat anak tertekan apalagi merasa terkekang.

Baca Juga: Ini Manfaat Menceritakan Buku Dongeng Bagi Perkembangan Anak

2. Mengetahui perkembangan mentalnya dengan baik

Pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Dengan pola asuhan yang salah, hubungan anak dan orang tua dapat menjauh ketika mereka remaja. Untuk menghindari hal itu kamu tentu perlu menjadi sosok yang benar-benar membuat mereka nyaman, bukan? Makanya sangat penting untuk menjadi layaknya sahabat bagi anak supaya kamu juga tahu bagaimana perkembangan mental mereka. 

3. Anak tidak mencari kenyamanan pada orang lain

Pexels.com/Ana Francisconi

Kamu sebagai orang tua perlu tahu bahwa alasan kenapa anak lebih suka keluar rumah bersama teman atau pacar dibanding di rumah bersama orang tua adalah karena anak mencari kenyamanan yang mereka inginkan pada orang lain.

Nah, dengan menjadi orang tua sekaligus sahabat mereka, kamu bisa meminimalkan terjadinya hal itu. Anak tidak akan bersama orang yang salah dan kamu jadi lebih mengerti karakter anak.

4. Anak lebih nyaman curhat dan orangtua lebih mudah memberi nasihat

Pexels.com/Mael Balland

Tanda bahwa sosok orang tua sudah di level sahabat bagi anak ialah ketika anak nyaman dan suka curhat pada figur orangtuanya. Bukankah ini sangat penting? Anak bisa dengan mudah mengungkapkan keresahan atau masalah yang tengah mereka alami, dan kamu pun bisa lebih mudah dalam memberi nasihat yang tepat.

Baca Juga: 5 Hal yang Akan dirindukan dari Orangtua Setelah Mereka Tiada

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya