TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Risiko pada Bayi Jika Digendong setelah Kerja Tanpa Ganti Pakaian

Rindu anak boleh, asal tetap higienis

workingmother.com

Memiliki buah hati dari keluarga kecil yang dibangun tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pasangan yang menjadi orang tua baru. Setelah seharian berkutat dengan pekerjaan, tentu kamu yang baru menjadi seorang ayah ingin segera meggendong buah hati.

Tapi alih-alih ingin melepas kerinduan pada sang anak, justru hal ini bisa menyebabkan anak terkena penyakit, lho! Apa saja penyakit yang bisa diderita sang bayi jika nekat menggendong sepulang kerja tanpa ganti pakaian atau bersih bersih dulu?

1. Diare

kambizmag.com

Bukan hanya dari faktor makanan, bayi rentan terkena diare karena sering menggigit sesuatu yang tidak higienis, contohnya sepeti tangan sang ayah ketika menggendongnya. Cucilah tangan terlebih dahulu sebelum menggendong agar ketika bermain dengan bayi, tangan kamu tetap higienis dan aman bagi kesehatan bayi. 

2. Batuk

texaschildrens.org

Salah satu media penyebaran penyakit batuk pada anak karena ayahnya yang merokok. Meski tidak melakukan kegiatan merokok, namun sisa nikotin masih melekat pada tubuh sang ayah. Aroma nikotin inilah yang bisa meyebabkan bayi mencium aroma yang tidak sehat sehingga mengakibatkan penyakit batuk. 

Baca Juga: 7 Ungkapan Tanda Kamu Melakukan Mom Shaming Pada Ibu dan Bayi Lain

3. Flu

tesco-baby.com

Meski sedang tidak terserang flu, bisa saja bibit penyakit ini dibawa ke rumah jika di kantor ada rekan kerja yang sedang mengalami flu. Alternatifnya, pakailah masker atau mandi terlebih dahulu untuk melindungi bayi dari ancaman virus flu.

4. Pneumonia (radang paru)

momjunction.com

Sistem pernapasan bayi masih belum sepenuhnya kompleks layaknya orang dewasa. Oleh karenanya, virus Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) rentan menjangkiti bayi sehingga bisa menderita Pneumonia (radang paru). Bahkan yang paling parah ialah terserang penyakit asma. 

Baca Juga: 6 Cara Menstimulasi Kemampuan Kognitif Bayi di Tahun Pertamanya

Verified Writer

AKbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya