Comscore Tracker

6 Cara Menstimulasi Kemampuan Kognitif Bayi di Tahun Pertamanya

Nomor 4 sering bikin keki

Pakar tumbuh kembang anak sepakat bahwa tahun pertama kehidupan seorang anak adalah waktu dasar untuk mempelajari banyak hal, tetapi seringkali kita sebagai orangtua merasa kesulitan untuk memberikan stimulus yang sesuai dengan usia anak.

Nah, enam aktivitas harian ini dipercaya secara ilmiah memberi stimulus positif untuk tumbuh kembang kognitif bayi di tahun pertama kehidupannya. 

1. Kontak mata

6 Cara Menstimulasi Kemampuan Kognitif Bayi di Tahun Pertamanyaunsplash.com/Jonathan Gallegos

Memori bayi akan berkembang setiap kali melakukan kontak mata dengan orang yang ada di sekitarnya. Apalagi ibunya karena ada kedekatan secara emosional antara seorang ibu dan bayi saat melakukan berbagai aktivitas harian bersama seperti menyusui. 

2. Mengganti popok

6 Cara Menstimulasi Kemampuan Kognitif Bayi di Tahun Pertamanyaunsplash.com/Janko Ferlič

Bayi seringkali bersikap tidak kooperatif seperti menangis, meronta atau berteriak saat popoknya diganti. Agar aktivitas ini lebih menyenangkan sekaligus dapat merangsang kemampuan sensor motorik dan bahasanya, lakukanlah sambil bernyanyi dan menatapnya. Orangtua juga bisa sambil bercerita dan memijat bayi untuk membentuk bonding yang kuat.

3. Mengeksplor lingkungan baru

6 Cara Menstimulasi Kemampuan Kognitif Bayi di Tahun Pertamanyaunsplash.com/Irina Murza

Setiap kali berjalan-jalan bersama bayi, ceritakan apa saja yang kamu lihat dan rasakan untuk mengembangkan kemampuan berbahasanya. Seperti saat merasakan kehangatan sinar matahari pagi, hembusan angin, mencium harumnya aroma bunga atau saat melakukan aktivitas lain yang berhubungan dengan alam. 

Baca Juga: Jarang Dipakai, 10 Inspirasi Nama untuk Bayi Berawalan Huruf "X"

4. Menjatuhkan dan melempar mainan

6 Cara Menstimulasi Kemampuan Kognitif Bayi di Tahun Pertamanyaunsplash.com/li tzuni

Aktivitas ini sebenarnya adalah salah satu bagian dari tahapan tumbuh kembang bayi, yaitu mempelajari gerak benda dan gaya gravitasi, bukan tindakan agresif destruktif. Agar motoriknya lebih terlatih untuk terus bergerak dan berusaha meraih sesuatu, berilah bayi kesempatan untuk mengambil kembali mainan yang telah dilemparkannya itu dan pastikan keamanannya. 

Seiring dengan bertambahnya usia bayi, jangan lupa untuk mengajarkan bahwa melempar atau menjatuhkan sesuatu itu tidak boleh dilakukan dan alihkan aktivitas ini dengan permainan menarik seperti basket atau lempar-tangkap bola. 

5. Bermain cilukba

6 Cara Menstimulasi Kemampuan Kognitif Bayi di Tahun PertamanyaUnsplash.com/Aaron Mello

Permainan petak umpet yang menyenangkan untuk bayi ini mengajarkan tentang obyek permanen, yaitu kemampuan untuk mengetahui bahwa benda itu tetap ada meskipun tidak terlihat, terdengar atau tersentuh. Selain menggunakan tangan, permainan ini juga bisa dilakukan dengan boneka, yang bisa menyembunyikan wajah beberapa saat.

6. Berhitung

6 Cara Menstimulasi Kemampuan Kognitif Bayi di Tahun Pertamanyaunsplash.com/Katie Emslie

Hitung apapun yang orangtua lihat, seperti mainan balok, jari tangan, jari kaki, dan langkah kaki. Buatlah berhitung menjadi suatu kebiasaan yang menyenangkan untuk dilakukan.

Ternyata secara tidak sadar kita sudah melakukan hampir semua aktivitas itu lho! Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 7 Ungkapan Tanda Kamu Melakukan Mom Shaming Pada Ibu dan Bayi Lain

BunCan Photo Verified Writer BunCan

Seorang istri, ibu, dan seorang anak perempuan yang punya banyak mimpi, suka menulis, jalan-jalan, dan icip-icip makanan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya