TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Anak Terus-menerus Dimanjakan Orangtua

Salah mendidik anak bisa bahaya, lho!

Foto hanya ilustrasi. (Pexels.com/cottonbro)

Ada yang suka memanjakan anak? Memang anak-anak sangat suka jika dimanjakan, hal itu membuat orangtua lebih senang karena anaknya bahagia akibat dari perlakuan manja terhadap dirinya.

Namun tahukah kamu bahwa memanjakan anak bisa berdampak buruk pada dirinya? Sekilas itu bukanlah hal yang salah, namun terlalu mudah mendapatkan sesuatu akan membuat dirinya terus menerus bergantung pada orangtua.

Berikut ini ada beberapa hal yang akan terjadi jika anak terus-menerus dimanjakan orangtua, dampaknya sangat tidak terduga.

1. Anak bisa sangat manja meskipun sudah beranjak dewasa

Pexels.com/cottonbro

Perlakuan manja yang sering didapatkannya pada saat masih kecil bisa terbawa hingga dewasa, dia akan menjadi seseorang yang sangat manja dan selalu bergantung pada kedua orangtua.

Tentu saja hal tersebut bukanlah kabar baik, harusnya sebagai orang dewasa dia harus bisa hidup mandiri dan menghilangkan sifat kekanak-kanakannya seperti manja agar bisa survive di dunia ini meskipun orangtuanya sudah tidak ada.

Baca Juga: 7 Cara Menyikapi Perbedaan Pendapat dengan Orangtua

2. Anak akan kecanduan untuk dimanjakan sesuai dengan tingkatan umurnya

Pexels.com/cottonbro

Perlakuan manja yang diberikan kepada anak secara terus-menerus bisa membuat dia ketagihan, tentu sifat manjanya akan mengikuti sesuai dengan tingkatan umurnya.

Jika waktu kecil dia hanya dimanjakan dengan membelikannya barang-barang murah seperti mainan anak atau robot-robotan, mungkin dewasa nanti dia ingin dimanjakan dengan membelikannya sepeda motor atau bahkan mobil.

Tentu ini bukan hal yang baik, dia akan merasa orangtuanya sudah berubah dan bukan tidak mungkin ada rasa benci jika tidak menuruti apa yang diinginkannya.

3. Anak tidak mendapatkan pelajaran bahwa untuk mendapatkan sesuatu dia harus mau bekerja keras

Pexels.com/Daria Shevtsova

Kita sebagai orang tua harus bisa mendidik anak dengan baik, salah satunya dengan menanamkan pada anak bahwa untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkannya dia harus mau bekerja keras dan tidak pantang menyerah.

Jika dari kecil saja sudah dimanjakan dengan membelikan apa saja yang dia mau, tentu semuanya akan terasa sangat mudah, dia tidak akan pernah tahu bahwa ada sebuah kerja keras di balik apa yang mereka dapatkan.

4. Anak hanya akan memiliki keahlian meminta, tidak dengan berusaha keras

Pexels.com/Andy Kuzma

Apa yang akan terjadi jika anak-anak selalu dituruti semua keinginannya? Saya kira dia hanya akan memiliki keahlian meminta, tidak dengan berusaha keras karena yang ditanamkan pada dirinya sejak kecil adalah instan.

Makanya memanjakan anak terlalu berlebihan bisa berdampak buruk kedepannya, dia merasa hidup ini terlalu mudah dan tidak membutuhkan kerja keras sama sekali untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkannya.

Baca Juga: 5 Akibat Standar yang Terlalu Tinggi untuk Anak, Orangtua Wajib Tahu!

Verified Writer

Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya