Comscore Tracker

7 Cara Menyikapi Perbedaan Pendapat dengan Orangtua

Kamu pernah mengalaminya?

Saat beranjak dewasa, banyak keputusan yang harus diambil. Tak jarang, hal itu bertentangan dengan apa yang diharapkan orang tua. Saat kamu benar-benar menginginkan sesuatu dan berbenturan dengan kemauan ayah atau ibu, apa yang kamu lakukan?

Bersikap tegas dengan mempertahankan pendapatmu, atau memilih jalan aman dengan mengikuti kemauan mereka? Meski sulit, berikut sederet hal yang mungkin dapat membantumu dalam menyikapi pendapat dengan orangtua. 

1. Dengarkan dulu kemauan mereka dengan penuh perhatian

7 Cara Menyikapi Perbedaan Pendapat dengan Orangtuaunsplash/ Ben White

Seiring berjalannya waktu, ada banyak keputusan yang harus kamu ambil ketika beranjak dewasa. Hal-hal yang menyangkut masa depanmu mulai dari penjurusan sampai jalan karier yang akan kamu ambil. Namanya orangtua, tentu saja mereka perhatian dengan hal seperti ini. Sehingga kalau kamu punya perbedaan pendapat, dengarkan dulu apa kemauan dengan penuh perhatian.

2. Sekrusial apa pun kemauanmu, mereka juga ingin yang terbaik untuk putra-putrinya

7 Cara Menyikapi Perbedaan Pendapat dengan Orangtuaunsplash/ Mike Scheid

Mungkin kamu saat ini sudah punya calon pendamping, yang barangkali bertolak belakang dengan keinginan ayah dan ibumu. Namun, ini justru menunjukkan bahwa orang tua sebenarnya ingin yang terbaik untuk putra-putrinya.

Kamu hanya perlu menyesuaikan dan membuka diskusi. Jangan main mengambil keputusan sendiri, sebagai anak hal ini penting agar kamu bisa mengambil keputusan dengan lebih bijak. 

3. Jangan menghindari tanggungjawab, jelaskan pula gagasan atau jalan hidup yang akan kamu ambil

7 Cara Menyikapi Perbedaan Pendapat dengan Orangtuaunsplash/Christopher Burns

Barangkali kamu punya pilihan jurusan yang berbeda dengan orang tua, seperti misalnya kamu ingin kuliah musik lalu orang tua ingin kamu di ekonomi. Jangan menghindar dan mengabaikan, jelaskan pelan-pelan keinginanmu.

Kalau menurut mereka kamu gak realistis, buktikan kalau kamu bisa. Nah, caranya adalah kamu harus tahu apa yang akan lakukan, karena kamu harus bisa mempertanggungjawabkan pilihanmu nanti. 

Baca Juga: Sejatinya Kebahagiaan Orang Tua Itu Sederhana. Sayang Kita Tak Menyadarinya!

4. Apabila terlalu sulit untuk memutuskan, ambil waktu sejenak

7 Cara Menyikapi Perbedaan Pendapat dengan Orangtuaunsplash/ Ümit Bulut

Jika hal itu terlalu sulit, ambil waktu untuk menimbang pilihan mana yang akan kamu ambil. Posisikan dirimu sebagai orangtua, dan usahakan buat tetap menjaga perasaan mereka. Lebih baik memikirkan matang-matang ketimbang kamu nanti menyesal karena mengabaikan perkataan mereka. 

5. Sebaiknya kamu juga tahu konsekuensi atas pilihan yang kamu ambil

7 Cara Menyikapi Perbedaan Pendapat dengan Orangtuaunsplash/ Stefan Spassov

Setelah kamu kekeh pada jalan hidup pilihanmu, kamu seharusnya juga tahu konsekuensi atau risikonya. Akan selalu ada hal yang harus dikorbankan buat mendapatkan sesuatu yang lebih besar. Kali ini kamu belajar buat mengemban amanah dan kepercayaan itu, dan hal-hal seperti ini yang justru menempamu jadi manusia dewasa seutuhnya. 

6. Akan lebih mudah apabila kamu mendiskusikan dari hati ke hati, kamu juga harus jujur dengan keinginanmu

7 Cara Menyikapi Perbedaan Pendapat dengan Orangtuaunsplash/Lili Kovac

Apa kamu pernah menyesal dengan pilihan hidup yang kamu ambil? Ya, penyesalan selalu datang di akhir. Sebelum itu terjadi, kamu perlu mendiskusikan hal ini dari hati ke hati. Artinya kamu harus jujur dengan keinginanmu, intinya kamu harus tahu betul apa yang kamu mau. Jelaskan perlahan supaya mereka yakin kalau kamu sebenarnya juga bisa. 

7. Sebenarnya permintaan orangtua itu sederhana, ingin melihat anaknya sukses dan bahagia

7 Cara Menyikapi Perbedaan Pendapat dengan Orangtuaunsplash/ Charles DeLoye

Muara dari diskusi dan perdebatan kamu dengan orangtua sebenarnya sama, yaitu ingin kamu dapat yang terbaik dan bahagia. Sehingga seberat apa pun keputusan yang akan kamu ambil, hendaknya kamu masih tetap menghargai kedua orangtuamu. 

Apabila kamu memilih saran dari orang tua, lakukan itu dengan kemampuan terbaikmu. Sedangkan ketika kamu memilih jalanmu sendiri, berusahalah untuk tetap bertanggungjawab dengan pilihanmu sehingga tidak mengecewakan mereka. 

Baca Juga: 9 Hal Ini Pasti Dilakukan Anak yang Sayang Sama Orang Tua, Apa Itu Kamu?

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya