TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips agar Keharmonisan Rumah Tangga Tetap Terjaga, Hindari KDRT!

Semua orang pasti berharap memiliki keluarga yang bahagia

ilustrasi keluarga bahagia (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Memiliki keluarga yang harmonis merupakan impian semua orang. Untuk mewujudkan impian itu, tentunya harus dilakukan komunikasi yang baik oleh kedua belah pihak. Kedua pasangan harus saling bersinergi untuk menciptakan hubungan yang baik.

Namun, dalam kehidupan rumah tangga, pasti ada yang namanya problema. Tentunya kita tidak ingin hal itu terjadi. Nah, berikut ini ada tips agar keharmonisan rumah tangga tetap terjaga. Yuk, disimak!

1. Jangan biarkan komunikasi dengan pasanganmu terputus

ilustrasi pasangan harmonis (pexels.com/Flo Maderebner)

Supaya hubunganmu dengan pasangan berjalan harmonis, kuncinya terletak pada kelancaran berkomunikasi. Komunikasi di dalam rumah tangga harus dijalani dengan baik. Jangan sampai terputus begitu saja. Tanpa komunikasi bisa membuat hubungan menjadi renggang.

Untuk itu, jagalah komunikasi dengan pasanganmu tetap lancar. Apabila terjadi suatu masalah, selesaikan dengan kepala dingin. Jangan sampai melakukan kekerasan dalam berumah tangga.

Baca Juga: 5 Tips Hidup Romantis meski Keuangan Rumah Tangga Sulit

2. Berkomitmen untuk saling mempercayai satu sama lain

ilustrasi saling terbuka dengan pasangan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Selain komunikasi, ada satu lagi yang harus kita perhatikan. Di antaranya mengenai kepercayaan. Sikap ini tidak boleh kamu lupakan. Untuk menggapai keharmonisan dalam rumah tangga, sebaiknya sikap ini harus dimiliki setiap individu.

Saling percaya dan menjaga kepercayaan adalah hal yang tidak boleh dipisahkan. Apabila kedua sikap ini dimiliki setiap individu, pastinya akan tercipta keluarga yang harmonis. Ingat, ya, sikap ini harus kamu miliki bersama pasangamu!

3. Menghindari pikiran negatif mengenai pasangamu

ilustrasi pria dan wanita (unsplash.com/Disruptivo)

Berpikiran negatif kepada pasangan adalah sikap yang tidak boleh kamu miliki. Negative thinking ini ternyata dapat menghancurkan hubungan yang telah kamu jalani. Selain itu, negative thinking juga bagian dari ketidakmampuan seseorang untuk mempercayai pasangannya.

Nah, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya jauhilah pikiran buruk kepada pasangan. Caranya adalah saling mempercayai dan memegang teguh kepercayaan itu. Jika kamu dan pasanganmu mampu melakukan ini, sudah pasti hubungan rumah tanggamu akan berjalan dengan harmonis.

4. Mampu menerima kekurangan diri masing-masing

ilustrasi berpelukan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Manusia adalah makhluk yang sering melakukan kesalahan, baik itu disengaja maupun tidak disengaja. Manusia di dunia ini memang tidak ada yang sempurna. Semuanya pasti memiliki kekurangannya masing-masing.

Oleh sebab itu, agar kerukunan berumah tangga tetap terjaga, kamu harus mampu menerima kekurangan dari pasanganmu. Ketika pasangan berbuat salah, kamu harus bisa memaafkan. Cobalah saling mengerti satu sama lain. Dijamin keluarga yang kamu bentuk akan semakin awet.

Baca Juga: 5 Rahasia Rumah Tangga yang Menyenangkan, Semuanya Perlu Ada

Verified Writer

Fauzan Fadhilah

"Tak harus menjadi seperti orang lain, karena kita memiliki ranahnya masing-masing."

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya