TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memilih Guru Privat untuk Anak, Pastikan yang Terbaik!

Pengajar yang baik demi masa depan anak yang cemerlang

ilustrasi belajar (pexels.com/Yan Krukau)

Anak merupakan amanah besar yang diberikan Tuhan bagi setiap orangtua. Memastikan semua kebutuhan anak tercukupi dan berkualitas, merupakan tujuan semua orangtua.

Les privat adalah salah kegiatan yang telah menjadi kebutuhan di era modern ini. Pendidikan anak tidak hanya diberikan dari sekolah formal dengan jadwal rutin setiap hari. Namun, kekhawatiran untuk memilih guru privat pun jadi pekerjaan rumah untuk orangtua. Coba terapkan lima tips berikut ini dalam memilih guru privat untuk mengajar anak.

1. Mencari rekomendasi

ilustrasi belajar (pexels.com/Katerina Holmes)

Memilih guru privat tidak bisa sembarangan. Banyak pertimbangan yang harus kamu buat apalagi untuk masa depan anak. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah rekomendasi.

Minta rekomendasi dari teman atau keluarga yang sudah menggunakan jasa guru privat. Mereka mungkin dapat merekomendasikan seseorang yang sudah teruji dan terpercaya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Salah yang Wajib Dihindari Para Guru

2. Memeriksa kredensial

ilustrasi belajar (pexels.com/Yan Krukau)

Pastikan guru privat yang kamu pilih memiliki kredensial yang memadai, seperti latar belakang pendidikan yang sesuai, pengalaman mengajar, dan sertifikat atau lisensi jika diperlukan.

Guru yang punya kompetensi akan memastikan anak kamu mendapatkan kualitas pendidikan terbaik. Baik pengetahuan umum maupun pengetahuan tentang attitude.

3. Mengevaluasi kemampuan mengajar

ilustrasi belajar (pexels.com/Katerina Holmes)

Lakukan wawancara dengan calon guru privat untuk mengevaluasi kemampuan mengajar mereka. Perhatikan bagaimana mereka berinteraksi dengan anak, apakah mereka mengajarkan dengan metode yang mudah dipahami dan dapat membantu anak mengatasi kesulitan dalam belajar?

Beberapa orang memang memiliki kualifikasi untuk menjadi seorang pengajar. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan mengajar yang sesuai kebutuhan anak kamu.

4. Memeriksa jadwal dan fleksibilitas

ilustrasi belajar (pexels.com/Ksenia Chernaya)

Pastikan jadwal guru privat sesuai dengan jadwal anak dan perhatikan fleksibilitas guru privat dalam hal mengatur jadwal jika diperlukan. Pastikan jadwal ini sudah kamu komunikasikan dengan anak kamu.

Kamu membutuhkan persetujuan mereka, mengingat ini adalah jadwal tambahan setelah jadwal sekolah mereka. Sebab, penambahan jadwal ini akan menambah kesibukan mereka, pastikan mereka juga memiliki fisik dan mental yang stabil.

Baca Juga: 5 Tips Menjadi Orangtua yang Baik untuk Anak

Verified Writer

Januar Lestari

Terbang bebas mengangkasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya