TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tips yang Harus Kamu Pahami Sebelum Memelihara Anjing

Agar kamu dan anjing mu bahagia bersama

unsplash.com/ericjamesward

Setahun lebih pandemi COVID-19 di Indonesia berlangsung, pasti banyak dari kita semua yang masih bekerja dan belajar dari rumah. Pasti bosan rasanya hanya berada di rumah, tidak dapat bertemu teman-teman, rekan kerja, dan sanak saudara secara langsung.

Untuk mengobati rasa bosan, mungkin kalian berpikir untuk memelihara hewan peliharaan seperti anjing. Nah, artikel ini cocok untukmu. Simak tips memelihara anjing untuk membantu kalian.

1. Persiapkan mental memelihara anjing 

pexels.com/samson-katt

Ketika kalian memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan,seperti anjing, kalian harus berkomitmen dalam merawat dan memeliharanya. Kalian tidak bisa hanya ingin bermain dan bersenang-senang dengan anjing tersebut, namun menelantarkannya ketika merasa sudah merasa bosan.

Selain kewajiban memberi makan, kalian pun harus siap mengajari anjing kalian untuk buang air kecil dan buang air besar di luar rumah, jika tidak ingin ruang di dalam rumah kalian dijadikan “toilet” oleh anjing tersebut.

2. Menentukan jenis anjing yang ingin dipelihara 

pexels.com/chevanon

Sangat penting menentukan jenis anjing yang dipelihara karena hal ini akan menentukan kesejahteraan hidup anjing kalian nantinya. Untuk memilih jenis anjing, kalian dapat menentukan dengan kondisi iklim serta ukuran tempat tinggal kalian. 

Jika kalian bertempat tinggal di lingkungan dengan iklim dingin atau rumah kalian ber-AC serta memiliki halaman yang luas, kalian dapat memilih anjing berukuran besar serta berbulu tebal seperti siberian husky dan samoyed. Sedangkan, jika kalian tinggal di apartemen yang tidak memiliki ukuran yang luas, kalian dapat memilih anjing berukuran kecil seperti chihuahua, pomeranian, dan pug.

Baca Juga: 6 Suka Duka Memelihara Anjing, Gak Cocok buat si Cuek! 

3. Dari mana kalian ingin mendapatkan anjing tersebut

pexels.com/@wildlittlethingsphoto

Banyak cara mendapatkan anjing untuk dipelihara, kalian dapat membeli melalui peternak anjing dan pet shop atau mengadopsi dari animal shelter. Namun, di masa sekarang ini, lebih dianjurkan untuk mengadopsi anjing dari animal shelter dibandingkan membeli dari breeder ataupun dari pet shop karena sudah terlalu banyak anjing yang ditelantarkan pemilik sebelumnya. Itung-itung, kamu membantu merawat anjing terlantar, kan?

4. Cek fisik anjing tersebut

pexels.com/wildlittlethingsphoto

Untuk kalian yang baru pertama kali memelihara anjing, disarankan untuk memilih anjing dengan kondisi tubuh yang sehat agar tidak memakan banyak biaya untuk pengobatan.

Pilihlah anjing yang lincah, mata jernih tidak keruh, hidung basah namun tidak mengeluarkan lendir, bulu tidak banyak rontok serta gusi berwarna pink dan gigi bersih dari karang gigi.

5. Persiapkan segala kebutuhannya 

pexels.com/daria

Kebutuhan yang dimaksud meliputi makan dan minum, kandang, tempat anjing untuk tidur, tali kekang, sisir, dan mainan anjing.

Jangan lupa juga siapkan dana untuk pemeriksaan di dokter hewan untuk vaksin maupun biaya pengobatan jika anjing kesayanganmu terkena penyakit.

Beberapa jenis anjing memerlukan perawatan khusus untuk bulunya, seperti anjing berbulu panjang dan keriting. Oleh karena itu, bawalah anjingmu ke salon khusus hewan untuk dimandikan serta mendapatkan perawatan khusus sehingga bulu anjingmu tetap indah serta terbebas dari kotoran dan debu.

Baca Juga: Jangan Pernah Memelihara Anjing Karena 7 Alasan Ini!

Writer

Juan Adhipermana

Mencoba belajar menjadi penulis yang baik sembari mengisi waktu luang.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya