Comscore Tracker

6 Suka Duka Memelihara Anjing, Gak Cocok buat si Cuek! 

Kamu mau memelihara anjing? Pikirkan ini dulu 

Anjing adalah hewan peliharaan paling populer di dunia. Citra sebagai sahabat terbaik manusia membuat hewan ini dipelihara oleh sangat banyak orang, terutama di Eropa dan Amerika. Di Indonesia, jumlah orang yang memelihara anjing pun cukup banyak meski popularitasnya gak setinggi di luar negeri.

Kamu sendiri mungkin suka dan ingin memelihara anjing di rumahmu. Itu bisa jadi pilihan yang sangat tepat karena memelihara anjing bisa memberimu banyak keuntungan. Di samping itu, tentu ada pula beberapa sisi negatif yang harus siap kamu hadapi. Inilah enam contoh suka duka yang bakal kamu alami kalau memelihara anjing.

1. Anjing adalah hewan yang sangat setia 

6 Suka Duka Memelihara Anjing, Gak Cocok buat si Cuek! pexels/cottonbro

Ketika memelihara anjing, kamu sebenarnya gak sekadar bisa dapat hewan peliharaan, tapi sahabat yang setia. Sudah jadi rahasia umum bahwa anjing adalah hewan yang sangat setia. Sekali ia percaya pada tuannya, ia akan selalu setia pada tuannya ke mana pun dan dalam kondisi apa pun.

Kesetiaan anjing bahkan bisa melebihi manusia, lho. Anjing gak akan peduli seperti apa penampilanmu, seberapa sukses dirimu, berapa banyak temanmu, dan sebagainya. Pokoknya, selama kamu merawatnya dengan baik, pasti ia akan selalu setia. Tentu kamu setuju bahwa sahabat seperti itulah yang pantas disebut sahabat sejati, bukan?

2. Anjing lebih mudah dilatih 

6 Suka Duka Memelihara Anjing, Gak Cocok buat si Cuek! pexels/chepte cormani

Saat memelihara hewan, kamu pasti ingin agar hewan peliharaanmu bisa diatur supaya gak menimbulkan kekacauan. Kebanyakan hewan memang bisa dilatih, tapi anjing adalah salah satu yang termudah. Itu karena anjing memang memiliki kecerdasan di atas rata-rata hewan lain.

Bahkan, bukan sekadar supaya tertib, anjing juga bisa dilatih berbagai trik dan permainan yang lucu. Itu bisa membuat sesi bermainmu dengannya sangat menyenangkan. Anjingmu sendiri gak akan tersiksa jika dilatih berbagai trik karena ia juga senang bisa bermain dengan tuannya.

3. Anjing bisa jadi penjaga rumah yang baik 

6 Suka Duka Memelihara Anjing, Gak Cocok buat si Cuek! pexels/monica silvestre

Meski tidak semua, kebanyakan jenis anjing bisa jadi penjaga rumah yang baik. Anjing akan mempertahankan teritorinya sebisa mungkin dan mengusir penyusup yang datang.

Kebanyakan orang pun gak akan berani macam-macam dengan anjing yang menggonggong. Makanya, rumahmu pasti akan lebih aman dari gangguan orang asing berkat keberadaan anjingmu.

Baca Juga: 10 Hewan Peliharaan Umum yang Ilegal Dipelihara di Berbagai Negara

4. Cenderung berisik, anjing bisa mengganggumu atau lingkunganmu

6 Suka Duka Memelihara Anjing, Gak Cocok buat si Cuek! pexels/candid shot

Namun, kebiasaan anjing menggonggong bisa jadi pedang bermata dua. Selain bermanfaat, itu juga bisa menimbulkan suara berisik yang mengganggu. Beberapa tetanggamu mungkin akan kesal kalau anjingmu menggonggong terus-terusan. Selain kesal pada anjingmu, bisa jadi mereka jadi kesal padamu juga, lho.

Bahkan, gak cuma orang lain, bisa jadi kamu sendiri pun akan dibuat kesal dengan kebiasaan anjingmu menggonggong, terutama saat kamu sedang capek dan butuh istirahat. So, kalau kamu orang yang suka ketenangan, mungkin memelihara anjing bukan pilihan terbaik untukmu.

5. Lebih menyita waktu 

6 Suka Duka Memelihara Anjing, Gak Cocok buat si Cuek! pexels/benjamin lehman

Anjing bisa dibilang sebagai salah satu hewan peliharaan yang paling menyita waktu. Kamu gak hanya harus memberinya makan, tapi juga rutin memandikannya. Anjing gak seperti kucing yang bisa membersihkan dirinya sendiri. Makanya, mereka harus lebih sering dimandikan daripada kucing.

Selain itu, anjing butuh jalan-jalan keluar rumah supaya gak stres. Namun, anjing gak seperti kucing yang bisa jalan-jalan sendiri tanpa ditemani. Mau gak mau, kamu harus mengajak anjingmu jalan-jalan secara teratur. Makanya, kalau kamu adalah orang yang sangat sibuk atau gak pandai membagi waktu, lebih baik kamu tidak memilih anjing sebagai hewan peliharaanmu.

6. Anjing butuh lebih banyak perhatian 

6 Suka Duka Memelihara Anjing, Gak Cocok buat si Cuek! pexels/cottonbro

Gak cuma waktu, perhatianmu pun akan cukup banyak tersita kalau kamu memelihara anjing. Itu berkaitan dengan cara hidup alami anjing. Anjing adalah subspesies serigal. Seperti serigala, anjing butuh hidup berkelompok. Jika kamu memelihara anjing, anjingmu akan menganggapmu sebagai alfa alias pimpinan kelompok.

Sebagai anggota kelompok, anjingmu punya keinginan besar untuk terus berinteraksi denganmu. Makanya, kamu harus memberinya banyak perhatian. Itu berbeda dengan kucing yang secara alami memang hidup menyendiri. Makanya, kalau kamu adalah tipe orang yang cuek, anjing bukan hewan yang cocok untukmu.

Itulah enam suka duka yang bisa kamu rasakan kalau memelihara anjing. Jadi, gimana? Kamu mau memeliharanya? Pertimbangkan baik-baik segala sesuatunya sebelum membuat keputusan, ya!

Baca Juga: Bukan Hamster, Hewan Marsupial Lucu Ini Cocok Jadi Peliharaan di Rumah

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya