TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Desain Kamar agar Makin Nyaman, Bikin Betah! 

Tips langsung dari desainer!

pexels/Tan

Kamar tidur adalah tempat privat yang sering disebut sebagai tempat ternyaman dalam rumah. Oleh karena itu, desain kamar tidur menjadi sangat penting untuk membangun suasana nyaman dan relaks. Menurut interior desainer, Agata Alexandra, ada langkah tertentu untuk membuat kamar terlihat lebih nyaman. Berikut langkahnya!

1. Gunakan warna dinding abu gelap atau cokelat

T Apartement. 2 Maret 2020. IDN Times/Anjani Eka Lestari

Warna dinding kamar adalah salah satu hal krusial untuk menciptakan suasana kamar. Dari sini, Agata menjelaskan bahwa pemilihan warna bisa memengaruhi mood seseorang. Untuk menciptakan mood yang relaks, kita perlu memilih warna yang dapat membangkitkan suasana nyaman.

"Warna itu bisa membuat mood yang berbeda. Warna yang gelap seperti abu atau cokelat itu bisa kita bilang membawa suasana yang lebih teduh lah lebih cozy. Kenapa warna gelap bisa cozy? Karena dia tidak memantulkan cahaya tapi menyerap cahaya" tutur Agata Alexandra interior desainer dari Ruang Komunal.

2. Pilih furnitur warna netral seperti putih atau cokelat

pexels/Burst

Agata juga menjelaskan pentingnya permainan warna dalam membuat suasana nyaman. Apabila dinding sudah berwarna gelap, maka furniture harus berwarna lebih cerah. Oleh karena itu, warna netral seperti putih atau cokelat sangat cocok untuk ruangan yang lebih nyaman.

"Untuk interior sebaiknya kita harus pilih sesuai color palettenya, karena ruangannya sudah gelap, kita bisa akalin cahaya dengan cermin atau furniture lain berwarna putih," ungkap Agata saat ditemui di T Apartemen (2/3).

Baca Juga: 5 Cara Mudah Membuat Kamar Tidur Sempit Jadi Cozy

3. Tambah material soft seperti karpet bulu

T Apartement. 2 Maret 2020. IDN Times/Anjani Eka Lestari

Untuk menambah kenyamanan, kita perlu menambah hal-hal dengan tekstur soft  seperti karpet bulu. Tekstur yang lembut ini akan membuat kaki terasa nyaman. Selain itu, kehadiran karpet bulu juga akan menambah nilai estetika kamar. 

"Jadi itu menciptakan juga suasana yang lebih cozy, ada perpaduan antara soft dan hard menjadi satu. Misal kalau kita liat pakai karpet bulu dan karpet anyaman kan suasananya juga beda," tambah Agatha.

4. Perhatikan pencahayaan

T Apartement. 2 Maret 2020. IDN Times/Anjani Eka Lestari

Pencahayaan juga sangat penting untuk kamar tidur. Di siang hari, kamar yang banyak menerima cahaya akan terasa hidup. Namun di malam hari, kamar akan lebih nyaman apabila cahaya dibuat redup.

Untuk mengakali ini, biasanya desainer akan menggunakan jendela besar agar cahaya alami masuk di siang hari. Kemudian lampu listrik untuk cahaya malam hari.

"Pencahayaan di kamar juga bisa dibuat lebih redup, remang-remang gitu. Kalau tidur kan lebih nyaman gak banyak cahaya," ucap Agatha.

Baca Juga: 6 Tips Menata Kamar Kos Sempit Biar Rapi dan Lebih Luas

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya