TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kiat Sederhana untuk Bahagiakan Orangtua, Sering Disepelekan

Yuk, coba dipraktikkan!

pexels.com/Elly Fairytale

Mungkin kamu sering membaca artikel dengan topik "cara sederhana untuk membahagiakan orangtua", dan tips yang diberikan kebanyakan justru mengharuskan pembacanya untuk menyisihkan sedikit uang agar dapat diberikan pada orangtua mereka.

Memang, cara itu gak salah. Tapi, kalau esensinya adalah "sederhana", sebenarnya gak melulu harus dengan mengeluarkan uang, kok! Beberapa kiat sederhana di bawah ini, bisa kamu praktikkan untuk membahagiakan orangtuamu. Simak baik-baik, ya tipsnya!

1. Cobalah memuji masakan yang sudah dibuat orangtuamu!

unsplash.com/Arturo Alvarez

Orangtuamu di rumah, terutama ibu pasti sering memasak makanan untuk keluargamu, kan? Nah, kamu bisa lho sesekali mencoba untuk memberikan pujian terhadap masakan yang sudah dibuatnya. Katakan kalau "masakan ibu sangat enak!" atau "terima kasih sudah memasak makanan untuk kami!".

Walaupun awalnya, ibumu akan menggodamu dengan mengatakan kalau kamu "lebay", jangan langsung buru-buru marah padanya, ya! Sebenarnya, itu cuma cara dia untuk menyembunyikan kegembiraannya saat dipuji olehmu. Jadi, siap mencobanya?

Baca Juga: 5 Keuntungan yang Bisa Kamu Peroleh Jika Tulus Membahagiakan Orangtua

2. Bantu mereka dengan beres-beres rumah

pexels.com/Andrea Piacquadio

Kalau lagi gak ada kegiatan lain, kenapa gak inisiatif untuk membantu orangtuamu agar dapat meringankan pekerjaan rumah mereka? Gak susah, kok, kamu bisa mulai dengan coba menyapu ruangan atau mencuci peralatan makan yang sudah menumpuk.

Percaya, deh! Orangtuamu pasti akan senang, karena kamu gak jadi anak pemalas yang kerjaannya rebahan melulu di atas kasur. Beban mereka di rumah pun juga ikutan berkurang. Siapa, sih, yang gak senang melihat orangtuanya sendiri bahagia?

3. Cium tangannya terlebih dulu sebelum bepergian

islam.nu.or.id

Budaya yang sudah melekat bagi orang Indonesia, yaitu mencium tangan orangtua sebelum berpamitan. Namun, sepertinya anak-anak jaman sekarang sudah mulai meninggalkan kebiasaan ini.

Padahal cuma butuh waktu sebentar saja untuk melakukannya, tapi kayaknya mereka-mereka ini justru langsung ngibrit pergi, tanpa mencium tangan orangtuanya terlebih dahulu. 

Meskipun sederhana, tapi kegiatan yang satu ini sebenarnya cukup bermakna bagi orangtua kita, lho. Orangtua tentu akan merasa bahagia karena kita, anaknya, telah berhasil menunjukkan rasa hormat pada mereka, walau hanya lewat sebuah kecupan manis di tangannya.

4. Jangan menunda-nunda saat disuruh oleh orangtua

pexels.com/Anna Shvets

Siapa di sini yang sering berkata "sebentar-sebentar", saat disuruh orangtuanya untuk membeli bumbu dapur? Kalau kamu masih melakukannya, jangan diulangi lagi, ya! Orangtua kita pasti akan sedih, kalau kita terus menunda-nunda saat dimintai tolong olehnya.

Padahal, perintah yang disuruhkannya itu ujung-ujungnya untuk kamu juga. Kalau kamu gak mau membeli bahan atau bumbu dapur, ibumu pasti jadi bingung ingin masak menu apa? Memangnya kamu tahan gak makan seharian?

Baca Juga: 5 Momen Sederhana yang Justru Sangat Membahagiakan bagi Orangtua

Verified Writer

Hay Lee

Nulis karena bingung mau ngapain lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya