TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Hal Penting yang Harus Banget Kamu Ajarkan Pada Anakmu Kelak

Didikan orangtua itu paling berpengaruh...

moviepilot.com

Momen mengajarkan sesuatu pada anak adalah momen yang tidak bisa diulang kembali. Ketika tanpa sadar orangtua melakukan kesalahan dalam mendidik anak, maka akan ada pengaruh yang terjadi saat anak itu dewasa. Tidak bisa juga menyalahkan pergaulan anak atau anak itu sendiri, semuanya, selalu berawal dari didikan orangtua dulu.

Makanya, ada 7 hal paten yang harus banget kamu ajarkan pada anakmu kelak. Jangan sampai melewatkan salah satu di antaranya. Kalau kamu sudah berusaha menjadi orangtua yang baik, maka kelak anak itu akan mengerti tentang pengorbananmu.

1. Mengajarkannya untuk tidak membedakan satu orang dengan orang lainnya

moviefone.com

Dibanding mengajarkannya untuk tidak menyakiti perempuan, ajarkan bahwa dia tidak boleh menyakiti semua orang. Laki-laki dan perempuan itu sama. Dia harus belajar menghargai semua orang dari berbagai kalangan sejak kecil, supaya dia tumbuh dengan rasa empati

2. Mengajarkannya untuk tidak takut membuat kesalahan

imdb.com

Kebanyakan orangtua akan langsung marah saat anak berbuat salah. Hal inilah yang nantinya akan membuat anak takut salah dan malah jadi pembohong untuk menutupi kesalahannya. Padahal, yang terpenting dari sebuah kesalahan adalah pengakuan dan mau belajar memperbaikinya. Sejak kecil, jangan terbiasa menghakimi anak.

3. Mengajarkan bahwa pengetahuan itu memang lebih penting dari nilai

collider.com

Kalau sejak kecil kamu mematoknya dengan nilai tanpa pengajaran yang benar, maka dia akan berusaha mendapatkan nilai itu bagaimanapun caranya. Bahkan sekalipun dia harus tidak jujur, dia akan tetap melakukannya. Jangan lagi mematok nilai. Ilmu itu lebih penting dan dia harus konsen dengan ilmunya, bukan nilainya.

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Jadi Disiplin Itu Keharusan dalam Hidup

4. Mengajarkannya untuk berani mengatakan apa yang mau dia katakan

imdb.com

Kebanyakan anak takut pada orangtua adalah karena orangtua terlalu jahat dan kasar. Dan anak jadi tidak bisa jujur karena takut orangtua akan memarahinya. Jangan sampai dia menatapmu dalam cara yang salah. Tegas itu tidak harus jahat. Jangan sampai anak melihatmu sebagai musuhnya, bukan orangtuanya yang bisa memberikan bantuan.

5. Mengajarkannya untuk bisa membela dirinya sendiri

movpins.com

Tidak semua orang akan sejalan dan setuju dengannya nanti. Pasti akan ada saat dimana dia bertemu dengan orang yang jahat padanya. Maka sebagai orangtua kamu butuh mengajarkannya untuk bisa membela dirinya sendiri dan berdiri untuk dirinya sendiri. Paling tidak saat orangtua tidak sedang berada di dekatnya, dia bisa menjaga dirinya.

6. Mengajarkannya untuk tidak melakukan sesuatu hanya untuk diterima oleh orang lain

imdb.com

Kebanyakan anak akan melakukan apa saja demi diterima di lingkungannya. Entah itu teman di rumah atau di sekolah. Dan itu tidak jarang membuatnya jadi tidak bisa membedakan mana yang seharusnya dia lakukan dan mana yang tidak. Ajarkan dia untuk selalu memegang norma yang benar. Tidak peduli kalau dia akan ditolak, yang penting dia melakukan hal yang benar.

Baca juga: 7 Kesulitan yang Bakal Kamu Rasakan Saat Pertama Kali Jadi Ibu

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya