Comscore Tracker

5 Sinyal Kalau Rumah Tanggamu Sudah Aman Secara Finansial, Selamat ya!

Gaya hidup berbanding lurus dengan keuangan

Lika-liku berumah tangga memang selalu menarik untuk dibahas. Salah satunya mengenai persoalan finansial atau keuangan. Tak jarang, pasangan yang baru menikah masih keteteran mengurus keperluan mereka sehari-hari. Makanya, keduanya harus berusaha lebih keras untuk bisa mempunyai pemasukan yang stabil. 

Meskipun berat, lama-kelamaan titik cerah itu pun mulai terlihat. Kalian merasa beban ekonomi saat ini tak lagi seberat dulu. Bisa jadi, lho ini pertanda kalau rumah tanggamu telah dinyatakan aman secara finansial. Masih ragu? Coba cek lima buktinya berikut ini deh, biar semakin yakin. 

1. Punya pendapatan pokok yang pasti setiap bulan

5 Sinyal Kalau Rumah Tanggamu Sudah Aman Secara Finansial, Selamat ya!unsplash/Shane

Kalau dulunya kamu dan pasangan masih bekerja serabutan, sekarang kalian sudah memiliki penghasilan tetap. Bisnis yang kamu kelola berdua terbilang sukses dan maju pesat. Uang bulanan pun gak lagi jadi soal, karena selalu ada nominal yang masuk ke rekeningmu setiap bulannya. 

2. Kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi dengan baik

5 Sinyal Kalau Rumah Tanggamu Sudah Aman Secara Finansial, Selamat ya!unsplash/Pablo Merchán Montes

Saat awal menikah, gajimu hanya cukup untuk makan tiga kali sehari berdua dengan istri. Kalian mesti rela mengesampingkan keinginan untuk belanja pakaian atau sekedar jajan di luar. Tapi sekarang beda, segala kebutuhan primer dan sekunder bisa terpenuhi dengan baik. Karena selain kerja kantoran, kamu juga punya beberapa usaha mikro yang lumayan maju. 

3. Tidak terikat utang piutang yang berlebihan

5 Sinyal Kalau Rumah Tanggamu Sudah Aman Secara Finansial, Selamat ya!unsplash/Kelly Sikkema

Mungkin kalian berdua masih memiliki utang di bank untuk modal berwirausaha, tapi selain itu tidak ada pinjaman lain yang menjadi beban. Cicilan rumah sudah lunas dan kredit kendaran juga telah rampung dibayar. Maka dari itu, penghasilan kalian per bulan sudah gak lagi banyak terpotong. Jadi bisa lebih sering menabung deh. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sedang Mengalami Toxic Mariage dalam Rumah Tangga

4. Kalian memiliki tabungan darurat dan jangka panjang

5 Sinyal Kalau Rumah Tanggamu Sudah Aman Secara Finansial, Selamat ya!unsplash/Sharon McCutcheon

Awal-awal menikah dulu boro-boro untuk menabung, beli beras saja cuma bisa satu-dua kilo. Tapi sekarang, kalian diberi rezeki berlebih untuk bisa menyisihkan lebih banyak uang. Tidak hanya tabungan darurat yang sewaktu-waktu bisa digunakan, kamu dan pasangan juga memikirkan soal deposito atau tabungan jangka panjang. 

5. Gaya hidup yang sesuai dengan isi kantong

5 Sinyal Kalau Rumah Tanggamu Sudah Aman Secara Finansial, Selamat ya!unsplash/Omar Lopez

Dulu kamu harus puas gigit jari, ketika melihat teman-temanmu bisa liburan ke luar negeri bareng suami atau istrinya. Sekarang kalian bisa merasakan hal yang sama. Rencana liburan akhir tahun bersama keluarga gak cuma jadi angan-angan semata. Bukan hanya penghasilan, gaya hidupmu pun sekarang bisa sedikit naik tingkat. Wah harus banyak-banyak bersyukur ya!

Istilah tidak ada usaha yang mengkhianati hasil memang ada benarnya. Semua yang kamu peroleh sekarang, tak lepas dari doa dan kerja keras kalian selama ini. Namun jangan lupa, ketika sudah berada di atas, sekali-kali tengok ke bawah. Supaya kamu lebih mensyukuri nikmat yang telah diberikan padamu. Paling penting gak boleh lupa berbuat baik pada sesama ya, karena sebagian rezekimu adalah hak orang-orang yang membutuhkan. 

Baca Juga: 7 Penyebab Rumah Tangga Terasa Hambar meski Baru Menikah

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya