Comscore Tracker

Dinasihati Orang Tua, Ini 5 Sikap yang Pantas Kamu Tunjukkan

Dengarkan nasihat mereka, bukan dibantah

Orang tua merupakan sekolah pertama yang berperan penting dalam tumbuh kembang seorang anak. Sudah seharusnya seorang anak menyayangi dan menghormati orang tua yang telah membesarkannya. Terkadang tidak sedikit kita melihat pemberitaan di televisi tentang krisis moral yang terjadi antara orang tua dan anak, seperti anak yang membangkang pada orang tua hingga melakukan perbuatan asusila yang berujung maut.

Sudah seharusnya kita menghormati mereka, terlepas orang tua kita berlaku kasar atau suka marah-marah,  jangan sampai kita menyakiti dan membuat perasaan mereka terluka.

Untuk itu setiap nasihat yang diberikan oleh orang tua kita, hendaklah kita dengar dan lakukan. Orang tua yang sudah lebih dulu menjalani asam manis kehidupan tentu punya banyak pengalaman jatuh bangun. Belajarlah dari mereka dan jangan acuh terhadap nasihat-nasihatnya. Berikut ini 5 sikap yang harus dilakukan saat dinasihati orang tua.

1. Ucapkan terima kasih

Dinasihati Orang Tua, Ini 5 Sikap yang Pantas Kamu TunjukkanUnsplash.com/ kevin Xue

Jangan lupa mengucapkan terima kasih atas setiap nasihat yang diberikan orang tua kepada kita. Setiap masukan dari orang tua tentu berarti buat hidup kita dan akan membuat kita lebih baik lagi ke depannya.

Jangan langsung ambil hati atas setiap nasihat dari mereka. Sebagai contoh, jika orang tua kita menasihati agar kita jangan keras kepala, maka terima nasihat tersebut dan jadikan bahan instrospeksi diri.

Ingatlah, dengan ada yang menasihati kita, artinya kita diperhatikan mereka dan orang tua ingin kita bisa memperbaiki kesalahan sebelumnya. Untuk itu kita patut bersyukur atas setiap nasihat dari mereka.

2. Jangan ngeyel

Dinasihati Orang Tua, Ini 5 Sikap yang Pantas Kamu TunjukkanUnsplash.com/ Andre Hunter

Sikap ngeyel dan suka menjawab setiap nasihat dari orang tua adalah perbuatan gak baik. Sikap ini kekanak-kanakan dan bikin kita jadi gak dewasa dalam menanggapi nasihat orang tua. Jika kita bersikap ngeyel artinya kita gak mau terima dengan nasihat orang tua dan merasa sok benar. Perbuatan ini juga mencerminkan bahwa kita gak punya etika atau adab dalam berkomunikasi dengan orang tua.

Baca Juga: Tergolong Keras Kepala, 4 Zodiak yang Sulit Menerima Nasihat

3. Dengarkan dan jangan potong pembicaraan mereka

Dinasihati Orang Tua, Ini 5 Sikap yang Pantas Kamu TunjukkanUnsplash.com/Eliott Reyna

Ketika orang tua sedang memberi nasihat, dengarkan dan jangan memotong pembicaraannya. Memotong pembicaraan adalah perbuatan tidak sopan kala orang tua sedang berbicara.

Dengarkan nasihat mereka secara utuh hingga selesai. Jangan sampai ketika mereka sedang berbicara kita langsung memutusnya dengan memasukkan argumen kita. Hal ini menunjukkan bahwa kita tidak sabar mendengar nasihat mereka.

Jika orang tua kita sudah sepuh sehingga dalam berbicara kerap terbata dan lambat, bukan berarti kita harus egois untuk memotong pembicaraan mereka. Orang tua tak lain hanya ingin kebaikan dalam hidup kita, sudah seharusnya kita menghargai mereka ya.

4. Jangan pasang muka bete

Dinasihati Orang Tua, Ini 5 Sikap yang Pantas Kamu Tunjukkanunsplash.com/Nik Shuliahin

Pasang muka bete juga gak baik, lho. Ketika orang tua memberi nasihat bukan berarti kita harus pasang muka ketus atau bete. Itu sama saja bahwa kita secara gak langsung menolak nasihat mereka.

Sekeras apapun nasihat orang tua pada kita, dengarkan dan resapi omongan mereka. Kadang ketika kita sudah merasa benar di jalan kita sendiri, kita seolah menutup diri mendapat masukan dari orang lain, termasuk dari orang tua.

Untuk itu kebiasaan ini harus dihilangkan ya. Terima dengan lapang hati nasihat orang tua kita, karena mereka bukan ingin menjatuhkan kita, namun ingin kita bisa berubah dari kebiasaan buruk kita.

5.Laksanakan nasihatnya, jangan hanya masuk telinga kanan keluar telinga kiri

Dinasihati Orang Tua, Ini 5 Sikap yang Pantas Kamu TunjukkanUnsplash.com/ Laurenz Kleinheider

Nasihat bukanlah dongeng tidur, namun petuah yang harus terpatri di benak kita. Jangan biarkan kita bersikap tidak acuh terhadap nasihat orang tua dengan memakai prinsip "masuk kuping kanan, keluar kuping kiri."

Bersikaplah dewasa, orang tua tidak mungkin memberi nasihat kalau tanpa sebab. Bisa jadi mereka memberi nasihat karena melihat pola hidup kita yang buruk, atau sikap ceroboh kita, semua nasihat mereka adalah berharga.

Ketika kita sudah mendapatkan nasihat dari orang tua, maka yang harus dilakukan adalah merenungkan omongan mereka dan menerapkannya dalam kehidupan. Misalnya, jika kita suka dinasihati ibu agar tidak tidur larut malam, maka laksanakan nasihat itu dengan mengatur pola tidur yang baik. Sehingga kita bisa bangun pagi dengan fit dan tidak kesiangan lagi.

Orang tua adalah orang yang yang melahirkan kita, membesarkan dan merawat kita. Jangan lukai mereka dengan berkata kasar dan membantah nasihat baik mereka. Sadari dari awal bahwa orang tua bukanlah momok yang harus kita jauhi karena sikap mereka yang terkadang overprotective. Jalankan petuah baik dari mereka sepenuh hati, karena berbakti pada orang tua itu kewajiban seorang anak.

Baca Juga: Biar Terkesan Bijak, Coba 5 Tips Ini Saat Mengkritik Orang Lain

Anggita Amelia Photo Verified Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya