Comscore Tracker

Udah Dulu, Guys! Ini 5 Tanda Kamu Perlu Rehat Main Medsos

Kamu termasuk gak, nih #IDNTimesLife

Media sosial diciptakan untuk berbagi sudut pandang, berbagi cerita, bahkan menjadi sarana mendekatkan mereka yang jauh. Namun, terlalu addict sama media sosial juga bisa berdampak tidak baik, lho.

Hal itu bisa membawa perubahan perilaku dalam kehidupan kita sehari-hari. Apa saja tanda-tanda bahwa kamu harus rehat bermain media sosial? Cari tahu bersama, yuk!

1. Kehidupan di dunia nyata semakin terbengkalai

Udah Dulu, Guys! Ini 5 Tanda Kamu Perlu Rehat Main MedsosIlustrasi kamar berantakan (Pexels.com/life on film)

Kamu bisa menemukan banyak hal di lini masa media sosial. Mulai hiburan, curhatan, dan konten-konten lain yang beragam. Gak jarang hal-hal yang tampil di layar gadget kamu itu bisa membuatmu lupa dengan kehidupan di dunia nyata.

Kamu bisa dibuat sibuk dengan media sosial, sampai-sampai kamu malas untuk ngobrol bersama teman atau keluarga, mager untuk mengerjakan tugas, dan sebagainya. Kamu perlu memperhatikan porsimu untuk bermain media sosial, jangan sampai membuat kehidupan dunia nyatamu terbengkalai.

2. Sering membandingkan diri dengan orang lain

Udah Dulu, Guys! Ini 5 Tanda Kamu Perlu Rehat Main MedsosIlustrasi dua orang wanita (Pexels.com/RF._.studio)

Melihat teman mengunggah pencapaian atau pamer serunya acara liburan mereka, kamu merasa iri. Kamu lantas membandingkan kehidupanmu dengan kehidupan yang mereka jalani.

Kamu pun merasa selalu kurang. Selalu merasa hidup orang lain lebih baik dari yang kamu jalani saat ini. Jika sudah merasa seperti ini, sebaiknya kamu rehat sejenak dari hiruk pikuk media sosial.

Baca Juga: 5 Hal yang Gak Perlu Kamu Umbar di Medsos, Termasuk Amal Baik!

3. Merasa minder dan gak percaya diri

Udah Dulu, Guys! Ini 5 Tanda Kamu Perlu Rehat Main MedsosIlustrasi seorang wanita (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu pasti pernah, dong merasa minder dan gak percaya diri? Tapi kalau rasa minder dan percaya diri tersebut kamu dapatkan setelah melihat suatu konten di media sosial, ada baiknya evaluasi lagi bagaimana cara kamu menghabiskan waktu di sana.

Atau kamu bisa secara khusus memilah untuk tidak melihat konten-konten yang bisa bikin kamu merasa minder dan tidak percaya diri. Mulai lah semakin bijak bermedia sosial, dengan memilih konten yang memberi pengaruh positif untukmu.

4. Melakukan segala cara agar tetap eksis

Udah Dulu, Guys! Ini 5 Tanda Kamu Perlu Rehat Main MedsosIlustrasi selfie (Pexels.com/Pressmaster)

Sudah gak asing lagi, dong, dengan perilaku-perilaku orang di media sosial yang kontroversial dan nyeleneh demi mendapatkan perhatian warganet. Apa yang mereka lakukan semata-mata agar eksis di media sosial.

Tapi, sadar gak? Banyak juga dari kita yang berlebihan untuk selalu eksis di media sosial, lho. Misalnya terlalu asyik memilih foto makanan yang ingin diunggah, sampai kehilangan momen makan bersama keluarga. Atau memaksakan diri menampilkan sesuatu di luar kemampuanmu, karena hanya ingin mendapatkan atensi dari netizen.

Kalau sudah begini, sebaiknya lepas diri sejenak dari media sosial. Nikmati waktu yang lebih banyak di dunia nyata.

5. Suasana hati jadi gak beraturan

Udah Dulu, Guys! Ini 5 Tanda Kamu Perlu Rehat Main MedsosIlustrasi seorang wanita (Pexels.com/Liza Summer)

Kita mungkin sering gak sadar bahwa emosi kita bisa dipengaruhi oleh apa yang kita lihat di media sosial. Namun, kita sering abai. Media sosial menyuguhkan banyak hal yang bisa menstimulus emosi kita.

Kalau kamu sadar sering marah sampai berkata kasar, bercanda berlebihan, atau suasana hati gampang murung, bisa jadi itu terpengaruh dari hal-hal yang kamu 'konsumsi' di media sosial. Coba, deh, kurangi waktu bermedia sosial beberapa hari dan lihat hasilnya.

5 tanda di atas bisa dirasakan oleh siapa saja. Apalagi, saat ini siapa, sih, yang tidak menggunakan media sosial? Kamu hanya perlu lebih bijak untuk mengatur porsinya. Supaya, kehidupan kamu di dunia nyata juga tetap bisa kamu nikmati. Setuju?

Baca Juga: 10 Orang Ini Minta Saran di Medsos, Nyebelin Tapi Bikin Ngakak

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya