Comscore Tracker

6 Kebutuhan Setelah Menikah yang Besarnya Melebihi Dana Resepsimu 

Banyak yang lebih penting dari sekadar resepsi

Selain harus memikirkan biaya resepsi, kamu juga harus mempertimbangkan biaya setelah menikah yang bersifat jangka menengah dan jangka panjang. Karena pernikahan tidak berjangka 5 atau 10 tahun, tetapi seumur hidup. Maka dari itu, 6 biaya pengeluaran pasca menikah di bawah ini perlu untuk kamu tahu ya.

1. Biaya untuk membeli rumah

6 Kebutuhan Setelah Menikah yang Besarnya Melebihi Dana Resepsimu unsplash/Scott Webb

Setelah menikah, tentunya kamu dan pasangan tidak mungkin jika harus satu rumah terus dengan orangtua. Ketika kamu memutuskan menikah, maka kamu harus bisa hidup mandiri. Sedangkan, biaya untuk membeli rumah cukup mahal, lho! Maka dari itu, perlu persiapan budget yang besar untuk membeli rumah baru untuk keluarga kecilmu. 

2. Mengisi seluruh perabotan rumah

6 Kebutuhan Setelah Menikah yang Besarnya Melebihi Dana Resepsimu unsplash/Outsite Co

Setelah membeli rumah baru, tidak mungkin jika kamu membiarkannya kosongan tanpa furniture apa pun. Hal ini membuat kamu mengeluarkan budget lagi untuk membeli seluruh perabotan rumah, mulai dari kitchen set, sofa, kasur, sampai cat rumah. Sudah berani hitung kira-kira habis budget berapa? 

3. Biaya persalinan

6 Kebutuhan Setelah Menikah yang Besarnya Melebihi Dana Resepsimu unsplash/Kelly Sikkema

Setelah menjadi pasangan suami istri, tentu kamu mengharapkan kehadiran buah hati. Tunggu dulu, biaya persalinan saat ini tidak lagi murah, lho! Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan biaya lebih untuk membeli pakaian si kecil. 

Baca Juga: 5 Tips Melahirkan Tanpa Cemas Jelang Persalinan

4. Menambah dana darurat

6 Kebutuhan Setelah Menikah yang Besarnya Melebihi Dana Resepsimu unsplash/Sharon McCuthcheon

Kebutuhan tidak terduga pasca menikah memang banyak terjadi. Kamu tidak akan pernah menduga, jadi perlu dipersiapkan mulai sekarang ya. Bicarakan juga dengan pasangan kamu mengenai dana darurat dalam rumah tangga kamu.

5. Asuransi keluarga

6 Kebutuhan Setelah Menikah yang Besarnya Melebihi Dana Resepsimu unsplash/Natasha Spencer

Hal-hal buruk bisa saja datang tanpa diundang. Walaupun kita bersikeras untuk menghindari, tapi hal ini bisa saja terjadi. Asuransi keluarga adalah jawaban untuk meminimalisir resiko keterpurukan di keluargamu. Jadi, penting ya untuk menyisihkan budget untuk hal ini. 

6. Menabung untuk dana pensiun

6 Kebutuhan Setelah Menikah yang Besarnya Melebihi Dana Resepsimu unsplash/Aliv Takil

Untuk kamu yang sudah bekerja dan pekerjaanmu tidak menjamin dana pensiun, kamu dan pasangan perlu menyisihkan budget dari gaji untuk dana pensiun. Tentunya, ketika semakin tua, kamu juga ingin tercukupi, bukan? 

Yuk, jangan lagi terlalu fokus pada kebutuhan resepsi tapi mulai pertimbangkan 6 hal di atas ya.

Baca Juga: Berlaku Mulai 2020, Berikut 5 Fakta Sertifikasi Pernikahan

Topic:

  • Arlinda Nidia Corinna
  • Pinka Wima

Just For You