Comscore Tracker

Yuk, Kenali Warna 2020 dan Aplikasinya pada Hunian!

Warna biru bisa buat suasana rumah lebih tenang!

Artikel ini merupakan kerjasama dengan Dekoruma

Baru-baru ini, perusahaan sistem penyelaras warna Pantone telah mengumumkan warna 2020 atau yang mereka sebut Color of the Year 2020, yakni classic blue. Gelar dari Pantone ini bisa dikatakan merupakan kiblat utama untuk berbagai bidang kreatif, termasuk desain interior.

Dalam kaitannya dengan Pantone Color of the Year 2020, mari kita intip pembahasan dari Dekoruma mengenai seperti apa kalau tren warna 2020 ini diaplikasikan ke dalam beragam elemen desain interior.

1. Mengenal classic blue

Yuk, Kenali Warna 2020 dan Aplikasinya pada Hunian!arturogoga.com

Dengan kode PANTONE 19-4052, warna ini dibilang sebagai biru yang simpel, elegan, dan tak lekang oleh waktu. Pantone juga menyediakan kartu warna berupa turunan warna dari classic blue ini yang menjadi salah satu komoditas utama dari Pantone sebagai perusahaan pencari keuntungan.

Dalam dunia interior desain, warna biru sendiri juga merupakan warna yang populer sejak dahulu. Konotasinya yang positif dengan psikologi warna yang mengatakan biru melambangkan kecerdasan, kepercayaan diri, dan tanggung jawab makin membuatnya diminati oleh banyak orang. 

2. Dinding classic blue

Yuk, Kenali Warna 2020 dan Aplikasinya pada Hunian!architecturaldigest.com

Warna classic blue pada dasarnya bisa menjadi aksen yang apik apabila dikombinasikan dengan warna-warna netral seperti putih atau abu-abu muda. Walaupun begitu, saat ruangan diberi warna classic blue semuanya, ruangan itu juga bisa tampil elegan dan mewah.

Kamu bisa mulai dengan menggunakan cat tembok biasanya atau menggunakan panel dinding seperti yang ada di gambar. Hasilnya akan tetap cantik. 

3. Furnitur classic blue

Yuk, Kenali Warna 2020 dan Aplikasinya pada Hunian!myhomedecorguide.com

Furnitur-furnitur dengan warna classic blue dan turunannya pun juga bisa membuat ruangan tampil lebih mewah dan manis di saat yang bersamaan. Banyak aspek furnitur yang bisa menggunakan classic blue sebagai warna utama.

Sarung pembungkus sofa, meja nakas, bingkai tempat tidur, ottoman, dudukan kursi meja makan, penutup lampu, dan hampir semua furnitur. Hal yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa mix and match dan selaras mencocokkannya dengan warna-warna lain. 

Baca Juga: 10 Trik Dekorasi yang Ampuh Membuat Rumah Tampak Lebih Menarik!

4. Keramik classic blue

Yuk, Kenali Warna 2020 dan Aplikasinya pada Hunian!trendir.com

Elemen desain interior lainnya yang cocok menggunakan sentuhan warna classic blue adalah keramik polos atau tegel bermotif yang bisa dipasang di berbagai area di hunianmu, seperti pada backsplash dapur, lantai dan tembok kamar mandi, atau juga lantai dan tembok ruangan lain sebagai aksen dekorasi yang mempercantik ruangan. Dengan motif tegel yang berwarna biru berdasar warna netral, keindahan warna biru yang semakin menonjol.

5. Pintu dan daun jendela classic blue

Yuk, Kenali Warna 2020 dan Aplikasinya pada Hunian!unsplash.com/@emilegt

Salah satu inspirasi desain yang menarik untuk dipraktikkan adalah menggunakan warna classic blue pada pintu dan jendela di hunianmu. Untuk pintu dan jendela, warna biru bisa dibilang bukan warna yang umum dan dianggap berani apabila digunakan.

Kalau kamu suka dengan warna-warna yang mencolok, gak ada salahnya buat mencoba ide yang satu ini. Pintu dan jendela bakal jadi aksen menarik yang Instagrammable. 

6. Dekorasi classic blue

Yuk, Kenali Warna 2020 dan Aplikasinya pada Hunian!decoist.com

Setelah elemen-elemen desain utama sudah disesuaikan, saatnya berbicara soal dekorasi berwarna classic blue. Jenis-jenisnya pun beragam seperti tirai, sarung bantal sofa, guci, vas bunga, seprai tempat tidur, dan pernak-pernik yang berukuran kecil dan sedang lainnya. Pernak-pernik inilah yang kemudian akan lebih menghidupkan ruangan yang warna utamanya netral atau earthy. 

Buat kamu penggemar warna biru yang lagi dalam proses mendesain rumah, inspirasi-inspirasi di atas bisa menjadi pegangan kamu dalam menentukan berbagai elemen desain di tempat tinggalmu. Tentunya dengan menggunakan warna classic blue, kamu gak akan ketinggalan tren di tahun 2020.

Baca Juga: 10 Cara Dekorasi Rumah Kekinian ala Millennials, Jadi Keren Loh!

Topic:

  • Arlinda Nidia Corinna
  • Pinka Wima

Just For You