Comscore Tracker

Gak Muluk, 5 Perbuatan yang Bisa Bikin Ibu Tersenyum Bangga Padamu 

Bikin ibu bahagia bisa dengan cara yang sederhana, kok  

Setiap anak pasti ingin membuat orangtuanya bangga dan merasa senang. Mungkin terbesit dalam pikiranmu kalau bikin Ibu senang yakni melimpahinya dengan materi yang tak terikira. Ya, itu memang gak sepenuhnya salah tapi gak sepenuhnya juga benar. 

Ada banyak cara yang lebih sederhana untuk bikin Ibu bahagia. Bahkan sebenarnya lekat dengan kegiatan sehari-hari. Tenang aja, materi bukan tolak ukur mutlak standar kebahagiaan, kok. Supaya gak bingung, lima cara sederhana ini nyatanya bisa bikin Ibumu bangga sekaligus senang. 

1. Sekesal apa pun kamu, jangan berteriak atau membentak ibu dengan suara yang keras dan tinggi, ya

Gak Muluk, 5 Perbuatan yang Bisa Bikin Ibu Tersenyum Bangga Padamu unsplash.com/Artem Maltsev

Kadang, perdebatan dengan orangtua memang gak bisa dihindarkan. Kamu seringkali beda pendapat. Saat kamu menginginkan ini, pendapat Ibu adalah kebalikannya. Hal-hal sepele kayak gitu memang lumrah terjadi antara orangtua dan anak. 

Hm, tapi sekesal apa pun kamu dengan Ibu, jangan melewati batas, ya. Hati-hati, jangan sampai suaramu terlampau tinggi sehingga membentak Ibu. Itu akan menyakiti perasaannya. Mungkin dia gak menunjukkannya secara langsung, namun hatinya gak akan bohong kalau terluka. Baiknya jika dibicarakan dengan tenang supaya saling mengerti perasaan satu sama lain. 

2. Ketika selesai makan, ucapkan terima kasih atas makanan yang sudah disiapkan dan dimasak ibu

Gak Muluk, 5 Perbuatan yang Bisa Bikin Ibu Tersenyum Bangga Padamu pexels.com/Clem Onojeghuo

Sepele sih, tapi kalau dipikir-pikir lagi, sering gak kamu mengucapkan terima kasih atas makanan yang sudah Ibu masak? Kalau jarang atau bahkan belum pernah, mulai sekarang ayo ucapkan terima kasih karena Ibu selalu memasak untukmu. 

Sebagai info nih, memasak cukup melelahkan, lho. Seorang Ibu harus berpikir keras untuk menyiapkan menu makanan yang bergizi untuk anak-anaknya. Bahkan ketika sakit, Ia harus tetap memasak dan memastikan perut anaknya gak akan kelaparan. Gak terbayangkan betapa besar pengorbanan Ibu supaya anaknya selalu sehat.

Dan untuk membalas kebaikannya yang bahkan sering menahan lapar supaya kamu kenyang, jangan lupa ucapkan terima kasih karena selalu memasakan makanan yang lezat, ya.

Baca Juga: 7 Cara Membahagiakan Ibu Meski Sampai Sekarang Kamu Belum Mapan

3. Berikan Ibu pujian, walau gak menunjukkan rasa senang secara langsung, tapi dalam hatinya pasti gembira, kok

Gak Muluk, 5 Perbuatan yang Bisa Bikin Ibu Tersenyum Bangga Padamu countryliving.com

Setiap wanita selalu suka dipuji sama halnya dengan Ibu kamu. Bukan bermaksud menyenangkannya dengan berbasa-basi, tapi Ibu pasti senang jika anak-anaknya memberikan pujian. Walau usianya sudah tak lagi muda, tapi sosok Ibu tetap cantik dan menawan dengan caranya sendiri.

Fisiknya mungkin berubah, tapi kebaikan dan rasa pedulinya padamu sama sekali tidak. Jadi, jangan lupa untuk memuji Ibu, ya. Meski rasa senangnya gak ditunjukkan secara langsung, tapi dalam hatinya pasti bahagia sekali. 

4. Kalau ibu sedang sibuk, tunjukan perhatianmu dan tanyakan apa ada yang bisa kamu bantu

Gak Muluk, 5 Perbuatan yang Bisa Bikin Ibu Tersenyum Bangga Padamu fnp.ae

Kamu gak harus pakai cara berlebihan untuk bikin Ibu senang. Hal sepele saja sudah bermakna untuknya. Misalnya aja ketika kamu melihat Ibu sedang sibuk, tanyakan apakah ada yang bisa kamu bantu untuk meringankan bebannya.

Atau kalau mau lebih keren lagi jika kamu langsung berinisiatif membantunya tanpa diminta. Beliau mungkin menggodamu karena merasa gak biasa kamu turut membantu, tapi gak bisa dimungkiri kalau diam-diam pasti tersenyum.

5. Menjaga nama baik keluarga dengan berperilaku baik di luar sana 

Gak Muluk, 5 Perbuatan yang Bisa Bikin Ibu Tersenyum Bangga Padamu proflowers.com

Ibu sering memberikan nasihat untuk menjaga dirimu sendiri dan juga nama baik keluarga. Di mana pun kamu berada, ada nama keluarga yang harus dijaga reputasinya. Jika kamu melakukan hal tercela di luar sana, tak ayal orang lain akan langsung memberikan kesan buruk untuk keluarga besarmu. 

Ingat baik-baik pesan Ibu yang diberikan padamu. Walau pada dasarnya yang bertanggung jawab dengan diri sendiri adalah kamu seorang, tetap saja orangtua memiliki andil untuk menjagamu. Dengan tidak melakukan hal yang buruk di luar sana, Ibu pasti bangga karena kamu dapat dipercaya untuk tidak melakukan hal-hal yang gak pantas. 

Hargai ibu dan orangtuamu, ya. Bukan karena apa, tapi dalam rangka menghargai kerja kerasnya selama ini untukmu. Jika orang lain berbuat baik aja kamu mengucapkan terima kasih, masa ke ibu aja enggak?

Baca Juga: 7 Quotes Penulis Jodi Picoult yang Akan Membuatmu Semakin Sayang Ibu

Cappucinotea * Photo Verified Writer Cappucinotea *

Tohoshinki Enthusiast, Instagram: astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya